10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 3



SEJARAH IX RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk Pendudukan     
Jepang) serta Pengaruhnya terhadap Keadaan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan pendudukan 
                                                        Jepang di Indonesia 
3.      Mendeskripsikan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan pendudukan Jepang di Indonesia 
·         Mendeskripsikan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan

B.     Materi Pembelajaran
  • Latar belakang dan tujuan pendudukan Jepang di Indonesia 
  • Kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan

C.    Metode Pembelajaran
Pembelajaran melalui ICT, ceramah, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·           Apersepsi guru menerangkan secara garis besar mengenai Restorasi Meiji dan semangat semboyan Hakko Ichiu.
·           Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik ditugaskan mencari artikel pada www.gimonca.com mengenai Indonesia pada masa pendudukan Jepang dan membaca artikel tersebut.
·         Guru menjelaskan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Skala Sikap (hal 24).
·         Peserta didik ditugaskan membuat makalah (4-5 halaman) bertema “Indonesia pada masa pendudukan Jepang” (Portofolio hal 23). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 13 - 24)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.       Penilaian
·    Skala Sikap (hal 24).
·    Makalah (4-5 halaman) bertema “Indonesia pada masa pendudukan Jepang” (Portofolio hal 23). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang masa pendudukan Jepang di Indonesia





Pemahaman tentang konsep masa pendudukan Jepang





Kemampuan membuat makalah





Sistematika makalah





Kualitas bahasa dalam makalah





Kemampuan menjelaskan masalah dalam makalah





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55









Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: