SEJARAH IX RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk Pendudukan
Jepang) serta Pengaruhnya terhadap Keadaan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan pendudukan
Jepang di Indonesia
3. Mendeskripsikan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan pendudukan Jepang di Indonesia
· Mendeskripsikan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan
B. Materi Pembelajaran
- Latar belakang dan tujuan pendudukan Jepang di Indonesia
- Kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan
C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran melalui ICT, ceramah, dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menerangkan secara garis besar mengenai Restorasi Meiji dan semangat semboyan Hakko Ichiu.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik ditugaskan mencari artikel pada www.gimonca.com mengenai Indonesia pada masa pendudukan Jepang dan membaca artikel tersebut.
· Guru menjelaskan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Skala Sikap (hal 24).
· Peserta didik ditugaskan membuat makalah (4-5 halaman) bertema “Indonesia pada masa pendudukan Jepang” (Portofolio hal 23). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 13 - 24)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Skala Sikap (hal 24).
· Makalah (4-5 halaman) bertema “Indonesia pada masa pendudukan Jepang” (Portofolio hal 23). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengetahuan tentang masa pendudukan Jepang di Indonesia | | | | |
| Pemahaman tentang konsep masa pendudukan Jepang | | | | |
| Kemampuan membuat makalah | | | | |
| Sistematika makalah | | | | |
| Kualitas bahasa dalam makalah | | | | |
| Kemampuan menjelaskan masalah dalam makalah | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment