Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 22



SEJARAH IX RPP 22
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama
                                                      Internasional
Kompetensi Dasar                   : 4.1. Menjelaskan Berakhirnya Masa Orde Baru dan Lahirnya
                                                         Reformasi
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan proses runtuhnya Orde Baru
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan proses runtuhnya Orde Baru

B. Materi Pembelajaran
  • Runtuhnya Orde Baru

C. Metode Pembelajaran
·           Inquiri dan pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan kondisi bangsa Indonesia sebelum kejatuhan Orde Baru.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Peserta didik ditugaskan membuat daftar pertanyaan mengenai proses runtuhnya Orde Baru. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
·         Peserta didik ditugaskan membuat portofolio berbentuk makalah (3-5 halaman) bertema “Reformasi tahun 1998” (Portofolio hal 114). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 - 114)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet


F. Penilaian
·         Portofolio berbentuk makalah (3-5 halaman) bertema “Reformasi tahun 1998” (Portofolio hal 114). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengantar tentang Reformasi tahun 1998





Pemahaman tentang konsep Reformasi tahun 1998





Kemampuan membuat makalah





Kualitas bahasa dalam makalah





Kemampuan menjelaskan makalah





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................


No comments: