SEJARAH IX RPP 22
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama
Internasional
Kompetensi Dasar : 4.1. Menjelaskan Berakhirnya Masa Orde Baru dan Lahirnya
Reformasi
Indikator : - Mendeskripsikan proses runtuhnya Orde Baru
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan proses runtuhnya Orde Baru
B. Materi Pembelajaran
- Runtuhnya Orde Baru
C. Metode Pembelajaran
· Inquiri dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menjelaskan kondisi bangsa Indonesia sebelum kejatuhan Orde Baru.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik ditugaskan membuat daftar pertanyaan mengenai proses runtuhnya Orde Baru. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
· Peserta didik ditugaskan membuat portofolio berbentuk makalah (3-5 halaman) bertema “Reformasi tahun 1998” (Portofolio hal 114). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 - 114)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Portofolio berbentuk makalah (3-5 halaman) bertema “Reformasi tahun 1998” (Portofolio hal 114). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengantar tentang Reformasi tahun 1998 | | | | |
| Pemahaman tentang konsep Reformasi tahun 1998 | | | | |
| Kemampuan membuat makalah | | | | |
| Kualitas bahasa dalam makalah | | | | |
| Kemampuan menjelaskan makalah | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment