Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 May 2011

Sejarah SMP IX Silabus 2



SEJARAH IX SIALBUS 2


Nama Sekolah         : SMP                                                                                                                      SILABUS
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : IX/2
Standar Kompetensi : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1. Mendeskripsikan Perjuangan Bangsa Indonesia Merebut Irian Barat
Perjuangan Membebaskan Irian Barat
·          Latar Belakang Perjuangan Mengembalikan Irian Barat

·          Perjuangan Diplomasi 



·          Mencari artikel di internet pada situs //www.papuaweb.org/dlib/sejarah.#html#un mengenai sejarah Papua
·          Tanya jawab mengenai perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat



·          Mengidentifikasi latar belakang perjuangan mengembalikan Irian Barat
·          Mendeskripsikan perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat



·          Skala Sikap




·          Tes Lisan




·          Skala Sikap




·          Soal Perjuang-an Diplomasi




·          Sikap Belanda yang mengulur waktu penyelesaian Irian Barat menggambarkan Belanda masih ingin menjajah Indonesia. (Skala Sikap hal 88)

·          Konferensi yang mendukung pembebasan Irian Barat adalah?




1x45 menit



·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 – 88)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Perjuangan Bersenjata
·          Mendeskripsikan dan bermain tentang perjuangan bersenjata dalam upaya mengembalikan Irian Barat

·          Mendeskripsikan perjuangan bersenjata dalam upaya mengembalikan Irian Barat

·          Tes Tertulis




·          Pilihan Ganda





·          Isian




·          Pada 15 Februari 1952, Belanda mengumumkan tentang ...
·          Irian Barat diserahkan ke Indonesia
·          Irian Barat melaksanakan PEPERA
·          Irian Barat menjadi provinsi Indonesia
·          Irian Barat menjadi bagian dari Belanda (Uji Kompetensi hal 86)
·          Kepanjangan dari Trikora adalah ... (Uji Kompetensi hal 86)


1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 – 88)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA)
·          Mengidentifikasi arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA)
·          Mengidentifikasi arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA)
·          Portofolio
·          Kliping
·          Buatlah sebuah kliping dari surat kabar, buku, majalah, atau internet yang berisi tentang pelaksanaan PEPERA di Irian Barat! (Portofolio hal 88)
1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 – 88)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
Nama Sekolah         : SMP                                                                                                                      SILABUS
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : IX/2
Standar Kompetensi : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Sumber Belajar/Bahan/
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Alat

Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.2. Mendeskripsikan Strategi Nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI, dan konflik-konflik internal lainnya
Pemberontakan PKI Madiun/1948, Pemberontakan DI/TII, dan G 30 S/PKI
·          Pemberontakan PKI Madiun/1948







·          Mencari artikel di internet mengenai pemberontakan PKI Madiun/1948





·          Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan PKI Madiun/1948






·          Portofolio










·          Rangkuman









·          Buatlah rangkuman berdasarkan informasi dari internet!






1x45 menit





·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 89 – 100)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Pemberontakan DI/TII
·          Diskusi Jigsaw mengenai peristiwa pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan, dan Aceh


·          Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan, dan Aceh

·          Produk




·          Peta




·          Buatlah peta tentang pemberontakan DI/TII yang ada di Indonesia! (Produk hal 99)


1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 89 – 100)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Gerakan Tiga Puluh September/PKI
·          Pembelajaran inquiri mengenai Gerakan Tiga Puluh September/PKI
·          Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan Gerakan Tiga Puluh September/PKI
·          Tes Tertulis
·          Pilihan Ganda




·          Isian




·          PKI mengusulkan terbentuknya Angkatan Kelima yang terdiri dari ...
a.        BSI dan BTI
b.        Buruh dan Tani
c.        Organisasi PKI
d.        Rakyat Sipil (Uji Kompetensi hal 98)
·          Tempat yang menjadi pusat G 30 S PKI terletak di ... (Uji Kompetensi hal 98)


1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 89 – 100)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

Nama Sekolah         : SMP                                                                                                                      SILABUS
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : IX/2
Standar Kompetensi : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama Internasional
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1. Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya reformasi
Orde Baru
·          Kelahiran Orde Baru



·          Tanya jawab mengenai kelahiran Orde Baru dan mencari artikel di internet mengenai Supersemar (Dunia Maya hal 104)


·          Mengidentifikasi tuntutan pembubaran PKI dan proses lahirnya Orde Baru


·          Portofolio






·          Karangan





·          Dengan menggunakan search engine seperti yahoo.com atau google.com, ketiklah kata supersemar. Kumpulkanlah hasil temuan kalian dalam bentuk tulisa mengenai supersemar beserta alamat situs yang kalian dapatkan! (Dunia Maya hal 104)



1x45 menit

·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 – 114)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Kehidupan Politik dan Ekonomi pada Masa Orde Baru
·          Diskusi Jigsaw mengenai kehidupan politik dan ekonomi pada masa Orde Baru

·          Mengidentifikasi kehidupan politik dan ekonomi pada masa Orde Baru



·          Unjuk Kerja




·          Diskusi Jigsaw




·          Diskusikanlah mengenai kehidupan politik dan ekonomi pada masa orde baru!



1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 – 114)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Perkembangan Wilayah dan Hubungan Luar Negeri Indonesia
·          Mengidentifikasi perkembangan wilayah dan hubungan luar negeri Indonesia
·          Mengidentifikasi perkembangan wilayah dan hubungan luar negeri Indonesia
·          Tes Tertulis
·          Pilihan Ganda




·          Isian



·          Fusi NU, Parmusi, PSII, dan Perti membentuk partai ...
a.        PDI
b.        PKI
c.        Golkar
d.        PPP (Uji Kompetensi hal 112)
·          Jajak pendapat di Timor Timur pada 20 Agustus 1999 di bawah pengawasan ... (Uji Kompetensi hal 112)
1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 – 114)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Runtuhnya Orde Baru
·          Pembelajaran inquiri mengenai runtuhnya Orde Baru
·          Mendeskripsikan proses runtuhnya Orde Baru
·           Portofolio
·          Makalah

·          Buatlah sebuah makalah (3-5 halaman) bertema “Reformasi tahun 1998”! (Portofolio hal 114)
1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 – 114)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


Nama Sekolah         : SMP                                                                                                                      SILABUS
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : IX/2
Standar Kompetensi : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama Internasional
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.2. Menguraikan Perkembangan Lembaga Internasional dan Peran Indonesia dalam Kerjasama Internasional
Kerjasama Antarnegara dalam Dunia Internasional
·          Konferensi Asia Afrika




·          Gerakan Non Blok (Nonaligned Movement) 



·          Permainan Pembelajaran mengenai Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia dalam KAA


·          Tanya jawab mengenai Gerakan Non Blok



·          Mendeskripsikan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia di dalamnya
·          Mendeskripsikan secara kronologis Gerakan Non Blok dan peran Indonesia di dalamnya




·          Portofolio





·          Tes Lisan




·          Karangan Deskriptif




·          Soal Gerakan Non Blok




·          Tulislah karangan deskriptif tentang proses pembentukan KAA! (Karangan hal 124)




·          Sebutkan negara-negara yang memprakarsai Gerakan Non Blok!




1x45 menit



·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 115 – 128)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Kerjasama ASEAN (Association of South East Asian Nations)
·          Mendeskripsikan dan bermain tentang ASEAN dan peran Indonesia dalam kerjasama dengan ASEAN


·          Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia dalam kerjasama dengan ASEAN

·          Tes Tertulis




·          Pilihan Ganda





·          Isian




·          Wadah kerjasama di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara adalah ...
KAA
GNB
ASEAN
SEATO (Uji Kompetensi hal 124)
·          Kepanjangan dari ASEAN adalah ... (Uji Kompetensi hal 124)


1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 115 – 128)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
·          Mencari artikel di internet pada situs www.un.org mengenai PBB dan tanya jawab
·          Mendeskripsikan perkembangan PBB dan peran Indonesia dalam keanggotaan PBB

·          Tes Tertulis




·          Pilihan Ganda



·          Uraian




·          Markas besar PBB terletak di kota ...
a.        New York
b.        Moscow
c.        London
d.        Paris (Evaluasi Semester 2 hal 127 – 128)
·     Jelaskan perkembangan ASEAN ... (Evaluasi Semester 2 hal 128)
1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 115 – 128)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet


Mengetahui,                                                                                                                                                                Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                                                                                                            ........................................
NIP/NRK.......................                                                                                                                                             NIP/NRK.......................        
                                                                                    

No comments: