SEJARAH IX SIALBUS 2
Nama Sekolah : SMP SILABUS
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Mendeskripsikan Perjuangan Bangsa Indonesia Merebut Irian Barat | Perjuangan Membebaskan Irian Barat · Latar Belakang Perjuangan Mengembalikan Irian Barat · Perjuangan Diplomasi | · Mencari artikel di internet pada situs //www.papuaweb.org/dlib/sejarah.#html#un mengenai sejarah Papua · Tanya jawab mengenai perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat | · Mengidentifikasi latar belakang perjuangan mengembalikan Irian Barat · Mendeskripsikan perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat | · Skala Sikap · Tes Lisan | · Skala Sikap · Soal Perjuang-an Diplomasi | · Sikap Belanda yang mengulur waktu penyelesaian Irian Barat menggambarkan Belanda masih ingin menjajah Indonesia. (Skala Sikap hal 88) · Konferensi yang mendukung pembebasan Irian Barat adalah? | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 – 88) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Perjuangan Bersenjata | · Mendeskripsikan dan bermain tentang perjuangan bersenjata dalam upaya mengembalikan Irian Barat | · Mendeskripsikan perjuangan bersenjata dalam upaya mengembalikan Irian Barat | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Isian | · Pada 15 Februari 1952, Belanda mengumumkan tentang ... · Irian Barat diserahkan ke Indonesia · Irian Barat melaksanakan PEPERA · Irian Barat menjadi provinsi Indonesia · Irian Barat menjadi bagian dari Belanda (Uji Kompetensi hal 86) · Kepanjangan dari Trikora adalah ... (Uji Kompetensi hal 86) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 – 88) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) | · Mengidentifikasi arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) | · Mengidentifikasi arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) | · Portofolio | · Kliping | · Buatlah sebuah kliping dari surat kabar, buku, majalah, atau internet yang berisi tentang pelaksanaan PEPERA di Irian Barat! (Portofolio hal 88) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 – 88) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Nama Sekolah : SMP SILABUS
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Sumber Belajar/Bahan/
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu |
Alat
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.2. Mendeskripsikan Strategi Nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI, dan konflik-konflik internal lainnya | Pemberontakan PKI Madiun/1948, Pemberontakan DI/TII, dan G 30 S/PKI · Pemberontakan PKI Madiun/1948 | · Mencari artikel di internet mengenai pemberontakan PKI Madiun/1948 | · Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan PKI Madiun/1948 | · Portofolio | · Rangkuman | · Buatlah rangkuman berdasarkan informasi dari internet! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 89 – 100) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Pemberontakan DI/TII | · Diskusi Jigsaw mengenai peristiwa pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan, dan Aceh | · Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan, dan Aceh | · Produk | · Peta | · Buatlah peta tentang pemberontakan DI/TII yang ada di Indonesia! (Produk hal 99) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 89 – 100) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Gerakan Tiga Puluh September/PKI | · Pembelajaran inquiri mengenai Gerakan Tiga Puluh September/PKI | · Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan Gerakan Tiga Puluh September/PKI | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Isian | · PKI mengusulkan terbentuknya Angkatan Kelima yang terdiri dari ... a. BSI dan BTI b. Buruh dan Tani c. Organisasi PKI d. Rakyat Sipil (Uji Kompetensi hal 98) · Tempat yang menjadi pusat G 30 S PKI terletak di ... (Uji Kompetensi hal 98) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 89 – 100) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Nama Sekolah : SMP SILABUS
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama Internasional
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya reformasi | Orde Baru · Kelahiran Orde Baru | · Tanya jawab mengenai kelahiran Orde Baru dan mencari artikel di internet mengenai Supersemar (Dunia Maya hal 104) | · Mengidentifikasi tuntutan pembubaran PKI dan proses lahirnya Orde Baru | · Portofolio | · Karangan | · Dengan menggunakan search engine seperti yahoo.com atau google.com, ketiklah kata supersemar. Kumpulkanlah hasil temuan kalian dalam bentuk tulisa mengenai supersemar beserta alamat situs yang kalian dapatkan! (Dunia Maya hal 104) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 – 114) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Kehidupan Politik dan Ekonomi pada Masa Orde Baru | · Diskusi Jigsaw mengenai kehidupan politik dan ekonomi pada masa Orde Baru | · Mengidentifikasi kehidupan politik dan ekonomi pada masa Orde Baru | · Unjuk Kerja | · Diskusi Jigsaw | · Diskusikanlah mengenai kehidupan politik dan ekonomi pada masa orde baru! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 – 114) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Perkembangan Wilayah dan Hubungan Luar Negeri Indonesia | · Mengidentifikasi perkembangan wilayah dan hubungan luar negeri Indonesia | · Mengidentifikasi perkembangan wilayah dan hubungan luar negeri Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Isian | · Fusi NU, Parmusi, PSII, dan Perti membentuk partai ... a. PDI b. PKI c. Golkar d. PPP (Uji Kompetensi hal 112) · Jajak pendapat di Timor Timur pada 20 Agustus 1999 di bawah pengawasan ... (Uji Kompetensi hal 112) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 – 114) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Runtuhnya Orde Baru | · Pembelajaran inquiri mengenai runtuhnya Orde Baru | · Mendeskripsikan proses runtuhnya Orde Baru | · Portofolio | · Makalah | · Buatlah sebuah makalah (3-5 halaman) bertema “Reformasi tahun 1998”! (Portofolio hal 114) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 – 114) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Nama Sekolah : SMP SILABUS
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama Internasional
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.2. Menguraikan Perkembangan Lembaga Internasional dan Peran Indonesia dalam Kerjasama Internasional | Kerjasama Antarnegara dalam Dunia Internasional · Konferensi Asia Afrika · Gerakan Non Blok (Nonaligned Movement) | · Permainan Pembelajaran mengenai Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia dalam KAA · Tanya jawab mengenai Gerakan Non Blok | · Mendeskripsikan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia di dalamnya · Mendeskripsikan secara kronologis Gerakan Non Blok dan peran Indonesia di dalamnya | · Portofolio · Tes Lisan | · Karangan Deskriptif · Soal Gerakan Non Blok | · Tulislah karangan deskriptif tentang proses pembentukan KAA! (Karangan hal 124) · Sebutkan negara-negara yang memprakarsai Gerakan Non Blok! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 115 – 128) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Kerjasama ASEAN (Association of South East Asian Nations) | · Mendeskripsikan dan bermain tentang ASEAN dan peran Indonesia dalam kerjasama dengan ASEAN | · Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia dalam kerjasama dengan ASEAN | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Isian | · Wadah kerjasama di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara adalah ... KAA GNB ASEAN SEATO (Uji Kompetensi hal 124) · Kepanjangan dari ASEAN adalah ... (Uji Kompetensi hal 124) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 115 – 128) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) | · Mendeskripsikan perkembangan PBB dan peran Indonesia dalam keanggotaan PBB | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Markas besar PBB terletak di kota ... a. New York b. Moscow c. London d. Paris (Evaluasi Semester 2 hal 127 – 128) · Jelaskan perkembangan ASEAN ... (Evaluasi Semester 2 hal 128) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 115 – 128) · Peta konsep · Power point · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment