10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 11



SEJARAH IX RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan 
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Politik dan
Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi penyimpangan politik luar negeri
                                                        Indonesia bebas aktif
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasi penyimpangan politik luar negeri Indonesia bebas aktif

B. Materi Pembelajaran
·         Penyimpangan politik luar negeri Indonesia bebas aktif

A.    Metode Pembelajaran
Diskusi dan presentasi

B.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·           Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Pernahkah Indonesia keluar dari PBB?”.
·           Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Peserta didik mencari artikel ataupun tulisan dari buku, majalah, surat kabar, atau internet mengenai penyimpangan politik luar negeri bebas aktif. Kemudian peserta didik mendiskusikan hasil kerja tersebut dan mempresentasikan di depan kelas (Unjuk Kerja hal 63).
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

C.    Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·       Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·       Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 53 - 64)
·       Peta konsep
·       Power point
·       OHP
·       Buku-buku penunjang yang relevan
·       Internet

D.    Penilaian
·      Unjuk Kerja berbentuk diskusi dan presentasi mengenai penyimpangan politik luar negeri bebas aktif (Unjuk Kerja hal 63).
Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang penyimpangan politik luar negeri bebas aktif





Pemahaman tentang konsep politik luar negeri bebas aktif





Kemampuan mencari artikel atau pun tulisan tentang politik luar negeri bebas aktif





Partisipasi dalam diskusi (sharing)





Kemampuan presentasi





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55









Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................


No comments: