SEJARAH IX RPP 18
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar : 3.2. Mendeskripsikan Strategi Nasional Peristiwa Madiun/
PKI, DI/TII, G 30 S/PKI, dan Konflik-konflik Internal
Lainnya
Indikator : - Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan Gerakan Tiga
Puluh September/PKI
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan Gerakan Tiga Puluh September/PKI
B. Materi Pembelajaran
· Gerakan Tiga Puluh September/PKI
C. Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menjelaskan kedudukan PKI pada sekitar tahun 1960an.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai peristiwa pemberontakan Gerakan Tiga Puluh September/PKI dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 98).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 89 - 100)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 98).
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi
A.
1. c
2. a
3. c
4. b
5. c
B.
1. Front Demokrasi Rakyat
2. Kahar Muzakar
3. LEKRA
4. Letkol Untung
5. Bandara Halim Perdana Kusuma
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment