10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 6



SEJARAH IX RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mengidentifikasi Usaha Perjuangan Mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan diplomasi Indonesia di dunia                                                                             internasional
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
E.     Mendeskripsikan diplomasi Indonesia di dunia internasional     

B.     Materi Pembelajaran
F.      Diplomasi Indonesia di dunia internasional  
  
C.    Metode Pembelajaran
Diskusi, presentasi, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Perundingan apa yang pertama kali dilakukan Indonesia dan Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Pada pertemuan sebelumnya, guru menugaskan peserta didik mencari artikel dari buku, majalah, atau internet mengenai diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hasil temuan tersebut kemudian didiskusikan dan dipresentasikan di depan kelas (Unjuk Kerja hal 39).
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 25 - 40)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F. Penilaian
  • Unjuk kerja berbentuk diskusi dan presentasi mengenai diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia (Unjuk Kerja hal 39).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam usahanya mempertahankan kemerdekaan





Pemahaman tentang konsep diplomasi





Kemampuan mencari artikel atau pun tulisan tentang diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam usahanya mempertahankan kemerdekaan





Partisipasi dalam diskusi (sharing)





Kemampuan presentasi





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55










Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: