SEJARAH IX RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Politik dan
Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan
Indikator : - Mendeskripsikan kembalinya bentuk negara dari RIS
ke NKRI
3. Mengidentifikasi kehidupan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan kembalinya bentuk negara dari RIS ke NKRI
· Mengidentifikasi kehidupan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan
B. Materi Pembelajaran
· Kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia
· Kehidupan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menjelaskan secara garis besar mengenai hasil perundingan Konferensi Meja Bundar.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan secara klasikal mengenai kembalinya bentuk negara dari RIS ke NKRI.
· Pada pertemuan sebelumnya, guru menugaskan peserta didik mencari artikel dari buku, majalah, atau internet mengenai kehidupan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan. Hasil temuan tersebut kemudian didiskusikan di depan kelas (Unjuk Kerja hal 51).
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Skala Sikap (hal 52). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 41 - 52)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
- Skala Sikap (hal 52).
- Unjuk Kerja berbentuk diskusi mengenai kehidupan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan (Unjuk Kerja hal 51).
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pemahaman tentang kehidupan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan | | | | |
| Pemahaman tentang konsep kehidupan ekonomi | | | | |
| Kemampuan mencari artikel atau pun tulisan tentang kehidupan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan | | | | |
| Partisipasi dalam diskusi (sharing) | | | | |
| Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment