BAHASA INGGRIS XI RPP18
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 18
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek dan monolog bentuk narrative, report, dan analytical exposition |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna menyatakan, menanyakan pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan Menyatakan makna memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, pleasure feeling Menyatakan makna monolog dalam bentuk narrative, report, dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menyatakan pendapat tentang kesejahteraan dan pekerjaan di Indonesia berdasarkan daftar pertanyaan Mampu melakukan dialog dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request Mampu menyatakan pendapat dalam bentuk analytical exposition Mampu mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita dan menyatakannya Mampu mendiskusikan akhir cerita (narrative) Nina dengan bantuan beberapa ide |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan tentang kesejahteraan dan pekerjaan di Indonesia Dialog tertulis dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request Daftar pertanyaan analytical exposition tentang isu kesejahteraan di Asia Tenggara dan Indonesia Cerita / narrative tentang Nina Daftar ide tentang akhir cerita Nina |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya tentang pengalaman yang menyedihkan, menyakitkan dan menyenangkan Siswa berdiskusi tentang pemaksaan pernikahan terhadap anak oleh orang tuanya di Indonesia |
INTI | Siswa memberikan pendapat tentang kesejahteraan dan pekerjaan di Indonesia berdasarkan daftar pertanyaan Siswa mempraktekkan dialog dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request Siswa berdiskusi tentang pertanyaan analytical exposition tentang isu kesejahteraan di Asia Tenggara dan Indonesia Siswa mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita dan berlatih menyatakannya Siswa mendiskusikan akhir cerita (narrative) Nina dengan bantuan beberapa ide |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa diminta membuat dialog sendiri dan mempraktekkannya dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request Siswa diminta membuat dialog sendiri dan mempraktekkannya dengan menggunakan ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 81, 87, 89, 90, 91, 94, 95, 96, 98 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan tentang suatu isu untuk dibuat analytical exposition-nya Daftar situasi untuk dibuat dialog yang di dalamnya ada ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request Daftar gambar atau situasi untuk diidentifikasi ungkapan yang tepat untuk menggambarkannya apakah ungkapan pain, relief, atau pleasure feeling | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna menyatakan, menanyakan pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan, Menyatakan makna memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, pleasure feeling, Menyatakan makna monolog dalam bentuk narrative, report, dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tentang suatu isu untuk dibuat analytical exposition-nya | Analytical exposition sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Analytical exposition buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Daftar situasi untuk dibuat dialog yang di dalamnya ada ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Daftar gambar atau situasi untuk diidentifikasi ungkapan yang tepat untuk menggambarkannya apakah ungkapan pain, relief, atau pleasure feeling | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment