16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 18



BAHASA INGGRIS XI RPP18
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 18

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek dan monolog bentuk narrative, report, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna menyatakan, menanyakan pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan
Menyatakan makna memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, pleasure feeling
Menyatakan makna monolog dalam bentuk narrative, report, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menyatakan pendapat tentang kesejahteraan dan pekerjaan di Indonesia berdasarkan daftar pertanyaan
Mampu melakukan dialog dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
Mampu menyatakan pendapat dalam bentuk analytical exposition
Mampu mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita dan menyatakannya
Mampu mendiskusikan akhir cerita (narrative) Nina dengan bantuan beberapa ide
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan tentang kesejahteraan dan pekerjaan di Indonesia
Dialog tertulis dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
Daftar pertanyaan analytical exposition tentang isu kesejahteraan di Asia Tenggara dan Indonesia
Cerita / narrative tentang Nina
Daftar ide tentang akhir cerita Nina

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya tentang pengalaman yang menyedihkan, menyakitkan dan menyenangkan
Siswa berdiskusi tentang pemaksaan pernikahan terhadap anak oleh orang tuanya di Indonesia
INTI
Siswa memberikan pendapat tentang kesejahteraan dan pekerjaan di Indonesia berdasarkan daftar pertanyaan
Siswa mempraktekkan dialog dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
Siswa berdiskusi tentang pertanyaan analytical exposition tentang isu kesejahteraan di Asia Tenggara dan Indonesia
Siswa mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita dan berlatih menyatakannya
Siswa mendiskusikan akhir cerita (narrative) Nina dengan bantuan beberapa ide
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa diminta membuat dialog sendiri dan mempraktekkannya dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
Siswa diminta membuat dialog sendiri dan mempraktekkannya dengan menggunakan ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 81, 87, 89, 90, 91, 94, 95, 96, 98
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan

Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan tentang suatu isu untuk dibuat analytical exposition-nya
Daftar situasi untuk dibuat dialog yang di dalamnya ada ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
Daftar gambar atau situasi untuk diidentifikasi ungkapan yang tepat untuk menggambarkannya apakah ungkapan pain, relief, atau pleasure feeling
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Menyatakan makna menyatakan, menanyakan pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan, Menyatakan makna memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, pleasure feeling, Menyatakan makna monolog dalam bentuk narrative, report, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tentang suatu isu untuk dibuat analytical exposition-nya

Analytical exposition sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Analytical exposition buruk
8-10
6-7

4-5
Daftar situasi untuk dibuat dialog yang di dalamnya ada ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7

4-5
Daftar gambar atau situasi untuk diidentifikasi ungkapan yang tepat untuk menggambarkannya apakah ungkapan pain, relief, atau pleasure feeling
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0


Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,

-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: