Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 11



BAHASA INGGRIS XI RPP11
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 11


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu mengisi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang tari dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu menuliskan pola kalimat preference
Mampu melengkapi dan membuat kalimat untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu menggunakan adjectives
Mampu mengidentifikasi ungkapan pleasure feeling dan kepuasan (satisfaction) dan ketidakpuasan (dissatisfaction) dalam satu teks narrative
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang dan pilihan jawaban beserta daftar pertanyaan tentang tari
Teks dan gambar dan isian tentang pola kalimat preference
Dialog dan chart penjelasan beserta latihan tentang kalimat untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu menggunakan adjectives
Teks narrative dan penjelasan tentang narrative, ungkapan pleasure feeling dan kepuasan (satisfaction) dan ketidakpuasan (dissatisfaction)


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai mengenai preference masing-masing
Siswa diminta menggambarkan ciri-ciri fisik teman satu kelas
Siswa diminta menceritakan pengalaman terkait dengan seni tari
INTI
Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban dan menyelesaikan pertanyaan terkait
Siswa membaca dan melengkapi isian pola kalimat preference
Siswa membaca dialog dan chart penjelasan tentang kalimat untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu menggunakan adjectives dan mengerjakan latihan soal terkait
Siswa membaca teks narrative dan mengidentifikasi ungkapan pleasure feeling dan kepuasan (satisfaction) dan ketidakpuasan (dissatisfaction) dalam narrative
Siswa membaca penjelasan tentang narrative dan mengidentifikasi bagian-bagiannya
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan tentang pola kalimat preference dan bagaimana menggambarkan seseorang / sesuatu
Siswa membuat narrative sendiri


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 49, 50, 51, 53, 54, 55, 58, 59, 60
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Isian tentang kalimat preference (dengan atau tanpa gambar)
Berbagai macam teks untuk diidentifikasi apakah teks itu narrative atau bukan
Poster / gambar seseorang atau sesuatu untuk digambarkan (description) dengan beberapa kalimat
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Isian tentang kalimat preference (dengan atau tanpa gambar)
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Berbagai macam teks untuk diidentifikasi apakah teks itu narrative atau bukan dan perkaitan terkait teks narrative
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Poster / gambar seseorang atau sesuatu untuk digambarkan (description) dengan beberapa kalimat menggunakan adjectives
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: