16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 17



BAHASA INGGRIS XII RPP17
UNIT 5                  SOCIETY AND POPULATION                                                                         (halaman 86 s.d 107)
 
 


RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 17


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan  menyatakan berbagai sikap
Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait tentang imigrasi dan sejarahnya berdasarkan teks lisan
Mampu mengidentifikasi struktur teks discussion tentang Indonesian migrant workers
Mampu mengidentifikasi ungkapan dan menjawab pertanyaan terkait dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi
Mampu menjawab pertanyaan terkait dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dalam versi yang lebih sopan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, daftar pertanyaan terkait
Teks discussion tentang Indonesian migrant workers
Teks dialog tulis dan lisan antara Mr Wilson dan Adi, daftar pertanyaan
Teks dialog (yang lebih sopan) tulis dan lisan antara Mr Wilson dan Adi, daftar pertanyaan

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang imigrasi dan perpindahan manusia sejak zaman prasejarah
Siswa berdiskusi tentangsebab-sebab orang berimigrasi
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa mendengarkan pembacaan teks discussion tentang Indonesian migrant workers dan mengidentifikasi strukturnya
Siswa mendengarkan dialog lisan dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan dialog lisan dan menjawab pertanyaan terkait
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat dan mempraktekkan dialog sendiri yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order
Menyimpulkan materi pelajaran
               

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 87, 88, 89, 97, 100, 101, 103, 104
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis

Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Pertanyaan tentang ungkapan denial, complaining, giving order
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah, Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan  menyatakan berbagai sikap, Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Pertanyaan tentang ungkapan denial, complaining, giving order
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: