16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 28



BAHASA INGGRIS XI RPP28
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 28


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menuliskan berbagai cara orang berkomunikasi
Mampu mendesain sebuah poster bertemakan safe surfing
Mampu menuliskan SMS menyampaikan pesan tertentu dengan menggunakan singkatan
Mampu menulis kalimat undangan formal dan informal
Mampu menulis narrative lanjutan cerita Gemma dengan struktur narrative yang tepat dan menggunakan pernyataan embarrassment, fear, annoyance / or irritation, anger, shame, dan sadness
Mampu menuliskan kembali dialog dalam ungkapan yang lebih sopan terkait request, permission, dan offer
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Instruksi dan tabel (written and verbal communication)
Instruksi, gambar, teks panduan dari ‘safekids.com’ dan ‘Internet Watch Foundation’ dan contoh
Tabel singkatan dan instruksi tentang isi pesan SMS
Instruksi dan isi undangan
Teks narrative dan instruksi melanjutkan narrative
Instruksi dan dialog

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang cara-cara berkomunikasi
Siswa berdiskusi tentang isi undangan formal dan tidak formal
INTI
Siswa menuliskan berbagai cara orang berkomunikasi ke dalam tabel written dan verbal communication
Siswa mendesain sebuah poster bertemakan safe surfing
Siswa menuliskan SMS dengan pesan tertentu menggunakan singkatan dalam bahasa Inggris
Siswa menulis kalimat undangan formal dan informal
Siswa menulis lanjutan cerita Gemma dengan struktur narrative yang tepat dan menggunakan pernyataan embarrassment, fear, annoyance / or irritation, anger, shame, dan sadness
Siswa menuliskan kembali dialog dalam ungkapan yang lebih sopan terkait request, permission, dan offer
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa saling berkirim SMS dengan teman menggunakan singkatan tertentu
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 121, 125, 131, 133, 136, 137,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Instruksi dan informasi untuk membuat poster terkait internet dan teknologi komunikasi
Outline narrative untuk dikembangkan menjadi sebuah narrative pendek
Instruksi dan informasi untuk membuat undangan
Daftar pesan untuk dibuat SMS dengan singkatannya
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Instruksi dan informasi untuk membuat poster terkait internet dan teknologi komunikasi
Poster sesuai dengan instruksi dan informasi
Poster kurang sesuai dengan instruksi dan informasi
Poster tidak sesuai dengan instruksi dan informasi
8-10
6-7
4-5
Outline narrative untuk dikembangkan menjadi sebuah narrative pendek
Narrative sempurna sesuai outline
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  narrative tidak begitu sesuai outline
Narrative menyimpang dari outline
8-10
6-7

4-5
Instruksi dan informasi untuk membuat undangan

Undangan sesuai dengan instruksi dan informasi
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap, kurang sesuai dengan instruksi dan informasi
Undangan tidak sesuai dengan instruksi dan informasi, bahasa buruk
8-10
6-7

4-5
Daftar pesan untuk dibuat SMS dengan singkatannya
Jawaban benar sempurna
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: