BAHASA INGGRIS XI RPP28
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 28
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menuliskan berbagai cara orang berkomunikasi Mampu mendesain sebuah poster bertemakan safe surfing Mampu menuliskan SMS menyampaikan pesan tertentu dengan menggunakan singkatan Mampu menulis kalimat undangan formal dan informal Mampu menulis narrative lanjutan cerita Gemma dengan struktur narrative yang tepat dan menggunakan pernyataan embarrassment, fear, annoyance / or irritation, anger, shame, dan sadness Mampu menuliskan kembali dialog dalam ungkapan yang lebih sopan terkait request, permission, dan offer |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi dan tabel (written and verbal communication) Instruksi, gambar, teks panduan dari ‘safekids.com’ dan ‘Internet Watch Foundation’ dan contoh Tabel singkatan dan instruksi tentang isi pesan SMS Instruksi dan isi undangan Teks narrative dan instruksi melanjutkan narrative Instruksi dan dialog |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang cara-cara berkomunikasi Siswa berdiskusi tentang isi undangan formal dan tidak formal |
INTI | Siswa menuliskan berbagai cara orang berkomunikasi ke dalam tabel written dan verbal communication Siswa mendesain sebuah poster bertemakan safe surfing Siswa menuliskan SMS dengan pesan tertentu menggunakan singkatan dalam bahasa Inggris Siswa menulis kalimat undangan formal dan informal Siswa menulis lanjutan cerita Gemma dengan struktur narrative yang tepat dan menggunakan pernyataan embarrassment, fear, annoyance / or irritation, anger, shame, dan sadness Siswa menuliskan kembali dialog dalam ungkapan yang lebih sopan terkait request, permission, dan offer |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa saling berkirim SMS dengan teman menggunakan singkatan tertentu Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 121, 125, 131, 133, 136, 137, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Instruksi dan informasi untuk membuat poster terkait internet dan teknologi komunikasi Outline narrative untuk dikembangkan menjadi sebuah narrative pendek Instruksi dan informasi untuk membuat undangan Daftar pesan untuk dibuat SMS dengan singkatannya | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Instruksi dan informasi untuk membuat poster terkait internet dan teknologi komunikasi | Poster sesuai dengan instruksi dan informasi Poster kurang sesuai dengan instruksi dan informasi Poster tidak sesuai dengan instruksi dan informasi | 8-10 6-7 4-5 |
Outline narrative untuk dikembangkan menjadi sebuah narrative pendek | Narrative sempurna sesuai outline Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, narrative tidak begitu sesuai outline Narrative menyimpang dari outline | 8-10 6-7 4-5 |
Instruksi dan informasi untuk membuat undangan | Undangan sesuai dengan instruksi dan informasi Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap, kurang sesuai dengan instruksi dan informasi Undangan tidak sesuai dengan instruksi dan informasi, bahasa buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Daftar pesan untuk dibuat SMS dengan singkatannya | Jawaban benar sempurna Jawaban kurang tepat Jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment