BAHASA INGGRIS XI RPP35
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 35
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang uang Mampu menjawab pertanyaan tentang peringatan dari bank pada para nasabahnya Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban yang tersedia dan menjawab pertanyaan tentang kredit Mampu menjawab pertanyaan terkait teks pendek tentang kartu kredit Mampu menjodohkan situasi dengan kalimat yang menggunakan ‘wish’ Mampu menjodohkan situasi dengan kalimat yang mengandung advice Mampu mengidentifikasi struktur spoof |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tertulis rumpang tentang uang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan terkait Teks peringatan dan daftar pertanyaan terkait Teks tertulis rumpang tentang kredit, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan terkait Teks tertulis pendek dan daftar pertanyaan tentang kartu kredit Daftar situasi dan kalimat yang menggunakan ‘wish’ Daftar situasi dan kalimat yang mengandung advice Cerita berbetuk spoof dan teks penjelasan tentang spoof |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang apa yang mereka ketahui tentang kartu kredit Siswa berdiskusi tentang saran bagi para pemegang kartu kredit |
INTI | Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang uang Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait peringatan dari bank pada para nasabahnya Siswa membaca teks, melengkapi teks rumpang, dan menjawab pertanyaan terkait tentang kredit Siswa membaca teks tentang kartu kredit dan menjawab pertanyaan terkait Siswa menjodohkan situasi dengan kalimat yang menggunakan ‘wish’ Siswa menjodohkan situasi dengan kalimat yang mengandung advice Siswa mengidentifikasi struktur spoof |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan tentang materi pelajaran Siswa mendiskusikan isi dan struktur spoof Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 160, 161, 162, 163, 164, 165, 166, 167, 172, 173, 174 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks pendek tentang uang, perbankan, dan kredit Daftar situasi untuk dibuat kalimat menggunakan ‘wish’ Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks spoof | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks pendek tentang uang, perbankan, dan kredit | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Daftar situasi untuk dibuat kalimat menggunakan ‘wish’ | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks spoof | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment