Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 35



BAHASA INGGRIS XI RPP35
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 35


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang uang
Mampu menjawab pertanyaan tentang peringatan dari bank pada para nasabahnya
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban yang tersedia dan menjawab pertanyaan tentang kredit
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks pendek tentang kartu kredit
Mampu menjodohkan situasi dengan kalimat yang menggunakan ‘wish’
Mampu menjodohkan situasi dengan kalimat yang mengandung advice
Mampu mengidentifikasi struktur spoof
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tertulis rumpang tentang uang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan terkait
Teks peringatan dan daftar pertanyaan terkait
Teks tertulis rumpang tentang kredit, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan terkait
Teks tertulis pendek dan daftar pertanyaan tentang kartu kredit
Daftar situasi dan kalimat yang menggunakan ‘wish’
Daftar situasi dan kalimat yang mengandung advice
Cerita berbetuk spoof dan teks penjelasan tentang spoof


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang apa yang mereka ketahui tentang kartu kredit
Siswa berdiskusi tentang saran bagi para pemegang kartu kredit
INTI
Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang uang
Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait peringatan dari bank pada para nasabahnya
Siswa membaca teks, melengkapi teks rumpang, dan menjawab pertanyaan terkait tentang kredit
Siswa membaca teks tentang kartu kredit dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa menjodohkan situasi dengan kalimat yang menggunakan ‘wish’
Siswa menjodohkan situasi dengan kalimat yang mengandung advice
Siswa mengidentifikasi struktur spoof
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan tentang materi pelajaran
Siswa mendiskusikan isi dan struktur spoof
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 160, 161, 162, 163, 164, 165, 166, 167, 172, 173, 174
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks pendek tentang uang, perbankan, dan kredit
Daftar situasi untuk dibuat kalimat menggunakan ‘wish’
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks spoof
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks pendek tentang uang, perbankan, dan kredit
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0
Daftar situasi untuk dibuat kalimat menggunakan ‘wish’
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks spoof
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: