BAHASA INGGRIS XI RPP9
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 9
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal (dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas Merespon makna teks lisan fungsional pendek |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu melengkapi teks rumpang berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan Mampu menjawab pertanyaan terkait teks Mampu melengkapi tabel sinonim dan melengkapi kalimat rumpang berdasarkan monolog pendek tentang adjective Mampu mengidentifikasi peryataan menyampaikan pendapat dalam teks narrative Mampu mengidentifikasi peryataan puas / tidak puas dalam teks narrative |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tulis (rumpang) dan lisan tentang budaya Teks tulis (rumpang) dan lisan tentang tari Adjective dan synonym Adjective dan antonym (opposite) Teks narrative tentang Tara berlibur di London yang mengandung ungkapan menyampaikan pendapat dan peryataan puas / tidak puas |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang pengertian mereka tentang budaya Siswa berdiskusi tentang apa saja yang termasuk budaya |
INTI | Siswa mendengarkan teks lisan dan melengkapi teks rumpang kemudian mengerjakan soal-soal terkait teks budaya dan tari Siswa mendengarkan berbagai kata sifat / adjective dan melengkapi tabel sinonim Siswa mendengarkan berbagai kata sifat / adjective dan melengkapi isian tentang antonim (opposite) Siswa membaca teks narrative dan mengidentifikasi ungkapan menyampaikan pendapat dan peryataan puas / tidak puas |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam melengkapi teks rumpang dan mengerjakan soal-soal terkait Siswa ditanyai mengenai kesulitan tentang adjective , synonym, dan opposite Siswa menyampaikan pendapat masing-masing tentang budaya |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 44-46, 49-51, 57, 58, 59, 60, 61 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
Media cetak dan elektronik | | ||
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
Teks tulis (rumpang) dan lisan dengan daftar pertanyaan bertemakan budaya Teks lisan monolog tentang kata sifat, sinonim, dan antonim Teks narrative yang mengandung ungkapan menyampaikan pendapat dan peryataan puas / tidak puas | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal (dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas, Merespon makna teks lisan fungsional pendek
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan bertemakan budaya (uraian) | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Identifikasi teks narrative yang mengandung ungkapan menyampaikan pendapat dan peryataan puas / tidak puas | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Isian singkat tentang kata sifat, sinonim, dan antonim terkait teks lisan yang baru diperdengarkan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment