16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 9



BAHASA INGGRIS XI RPP9
UNIT 3                  CULTURE                                                                                                             (halaman 42 s.d 54)
 


RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 9


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal (dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
Merespon makna teks lisan fungsional pendek
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks
Mampu melengkapi tabel sinonim dan melengkapi kalimat rumpang berdasarkan monolog pendek tentang adjective
Mampu mengidentifikasi peryataan menyampaikan pendapat dalam teks narrative
Mampu mengidentifikasi peryataan puas / tidak puas dalam teks narrative
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tulis (rumpang) dan lisan tentang budaya
Teks tulis (rumpang) dan lisan tentang tari
Adjective dan synonym
Adjective dan antonym (opposite)
Teks narrative tentang Tara berlibur di London yang mengandung ungkapan menyampaikan pendapat dan peryataan puas / tidak puas

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang pengertian mereka tentang budaya
Siswa berdiskusi tentang apa saja yang termasuk budaya
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan dan melengkapi teks rumpang kemudian mengerjakan soal-soal terkait teks budaya dan tari
Siswa mendengarkan berbagai kata sifat / adjective dan melengkapi tabel sinonim
Siswa mendengarkan berbagai kata sifat / adjective dan melengkapi isian tentang antonim (opposite)
Siswa membaca teks narrative dan mengidentifikasi ungkapan menyampaikan pendapat dan peryataan puas / tidak puas
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam melengkapi teks rumpang dan mengerjakan soal-soal terkait
Siswa ditanyai mengenai kesulitan tentang adjective , synonym, dan opposite
Siswa menyampaikan pendapat masing-masing tentang budaya


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 44-46, 49-51, 57, 58, 59, 60, 61
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks tulis (rumpang) dan lisan dengan daftar pertanyaan bertemakan budaya
Teks lisan monolog tentang kata sifat, sinonim, dan antonim
Teks narrative yang mengandung ungkapan menyampaikan pendapat dan peryataan puas / tidak puas
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal (dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas, Merespon makna teks lisan fungsional pendek
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan bertemakan budaya (uraian)

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Identifikasi teks narrative yang mengandung ungkapan menyampaikan pendapat dan peryataan puas / tidak puas
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½

0
Isian singkat tentang kata sifat, sinonim, dan antonim terkait teks lisan yang baru diperdengarkan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: