BAHASA INGGRIS XI RPP26
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 26
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menceritakan dan mendeskripsikan poster yang dibuat siswa tentang safe surfing Mampu mendiskusikan sisi positif dan negatif menggunakan telepon seluler Mampu menyatakan pendapat tentang undangan formal dan informal Mampu menyatakan, menerima dan menolak request, meminta, memberi dan menolak permission, memberi, menerima, dan menolak offer Mampu menyatakan ekspresi embarrassment, fear, annoyance / irritation, anger, shame, sadness yang terdapat dalam cerita Mampu menyusun dan mempraktekkan dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission dengan situasi tertentu dan juga menggunakan ide sendiri Mampu memberikan pernyataan embarrassment, fear, annoyance, anger, shame dalam teks narrative pesta mimpi buruk Gemma Mampu menceritakan kembali teks narrative pesta mimpi buruk Gemma dengan bahasa sendiri |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Poster buatan siswa tentang safe surfing Instruksi dan beberapa ide untuk berdiskusi Daftar pertanyaan tentang undangan formal dan informal Daftar tabel berisikan contoh ekspresi tersebut Teks narrative tentang pesta Gemma Instruksi dan daftar situasi untuk membuat dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang kebiasaannya menggunakan telepon seluler Siswa ditanyai pengalamannya yang memalukan, menjengkelkan, dan menyedihkan |
INTI | Siswa menceritakan dan mendeskripsikan poster yang dibuat siswa tentang safe surfing Siswa berdiskusi tentang sisi positif dan negatif menggunakan telepon seluler Siswa menyatakan pendapat tentang undangan formal dan informal Siswa membaca dan mempraktekkan berbagai ekspresi tersebut Siswa membuat dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission dan mempraktekkannya sesuai instruksi Siswa menyatakan ekspresi embarrassment, fear, annoyance, anger, shame dalam teks narrative pesta mimpi buruk Gemma Siswa menceritakan kembali teks narrative pesta mimpi buruk Gemma dengan bahasa sendiri |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan tentang materi pelajaran Siswa bekerja berpasangan / berkelompok untuk memperkuat / mengingatkan materi terkait |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 125, 131, 132, 135, 136, 137 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
√ | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Poster bertemakan internet untuk dideskripsikan secara lisan Peragaan dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission tanpa teks di depan kelas Monolog narrative menceritakan pengalaman siswa yang menyedihkan, menyenangkan, memalukan, menjengkelkan dsb | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness, Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed, Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan, Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Poster bertemakan internet untuk dideskripsikan secara lisan | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, deskripsi kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Peragaan dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission tanpa teks di depan kelas | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Monolog narrative menceritakan pengalaman siswa yang menyedihkan, menyenangkan, memalukan, menjengkelkan dsb | Monolog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap dan sistematis Monolog buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment