Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 26



BAHASA INGGRIS XI RPP26
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 26


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed
Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan
Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menceritakan dan mendeskripsikan poster yang dibuat siswa tentang safe surfing
Mampu mendiskusikan sisi positif dan negatif menggunakan telepon seluler
Mampu menyatakan pendapat tentang undangan formal dan informal
Mampu menyatakan, menerima dan menolak request, meminta, memberi dan menolak permission, memberi, menerima, dan menolak offer
Mampu menyatakan ekspresi embarrassment, fear, annoyance / irritation, anger, shame, sadness yang terdapat dalam cerita
Mampu menyusun dan mempraktekkan dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission dengan situasi tertentu dan juga menggunakan ide sendiri
Mampu memberikan pernyataan embarrassment, fear, annoyance, anger, shame dalam teks narrative pesta mimpi buruk Gemma
Mampu menceritakan kembali teks narrative pesta mimpi buruk Gemma dengan bahasa sendiri
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Poster buatan siswa tentang safe surfing
Instruksi dan beberapa ide untuk berdiskusi
Daftar pertanyaan tentang undangan formal dan informal
Daftar tabel berisikan contoh ekspresi tersebut
Teks narrative tentang pesta Gemma
Instruksi dan daftar situasi untuk membuat dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang kebiasaannya menggunakan telepon seluler
Siswa ditanyai pengalamannya yang memalukan, menjengkelkan, dan menyedihkan
INTI
Siswa menceritakan dan mendeskripsikan poster yang dibuat siswa tentang safe surfing
Siswa berdiskusi tentang sisi positif dan negatif menggunakan telepon seluler
Siswa menyatakan pendapat tentang undangan formal dan informal
Siswa membaca dan mempraktekkan berbagai ekspresi tersebut
Siswa membuat dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission dan mempraktekkannya sesuai instruksi
Siswa menyatakan ekspresi embarrassment, fear, annoyance, anger, shame dalam teks narrative pesta mimpi buruk Gemma
Siswa menceritakan kembali teks narrative pesta mimpi buruk Gemma dengan bahasa sendiri
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)

Siswa ditanyai kesulitan tentang materi pelajaran
Siswa bekerja berpasangan / berkelompok untuk memperkuat / mengingatkan materi terkait


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 125, 131, 132, 135, 136, 137
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan

Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Poster bertemakan internet untuk dideskripsikan secara lisan
Peragaan dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission tanpa teks di depan kelas
Monolog narrative menceritakan pengalaman siswa yang menyedihkan, menyenangkan, memalukan, menjengkelkan dsb
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness, Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed, Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan, Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Poster bertemakan internet untuk dideskripsikan secara lisan

Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, deskripsi kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5
Peragaan dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission tanpa teks di depan kelas

Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7
4-5
Monolog narrative menceritakan pengalaman siswa yang menyedihkan, menyenangkan, memalukan, menjengkelkan dsb
Monolog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap dan sistematis
Monolog buruk
8-10
6-7

4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: