BAHASA INGGRIS XI RPP16
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 16
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menulis paragraf pendek tentang tipe pertanian di Indonesia dengan bantuan gambar / poster Mampu menuliskan pendapat tentang perikanan berdasarkan pertanyaan panduan Mampu mendesain satu poster tentang bahaya penangkapan ikan secara berlebihan Mampu mengurutkan gambar acak dan mendeskripsikannya Mampu menulis dialog dengan berbagai ungkapan future berdasarkan situasi yang diberikan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Gambar / poster tentang pertanian di Indonesia Daftar pertanyaan tentang perikanan Instruksi dan contoh untuk membuat poster Instruksi dan gambar dalam urutan acak Instruksi dan situasi untuk membuat dialog dalam berbagai ungkapan future |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang penangkapan ikan di Indonesia Siswa berdiskusi tentang beberapa poster / gambar tentang pertanian / perikanan dari media cetak / internet yang disiapkan pengajar |
INTI | Siswa menulis paragraf pendek tentang tipe pertanian di Indonesia dengan bantuan gambar / poster Siswa menuliskan pendapat tentang perikanan berdasarkan pertanyaan panduan Siswa mendesain satu poster tentang bahaya penangkapan ikan secara berlebihan Siswa mengurutkan gambar acak dan mendeskripsikannya Siswa menulis dialog dengan berbagai ungkapan future berdasarkan situasi yang diberikan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa mendesain satu poster dengan tema bebas Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam mendesain dan mengambarkan gambar / poster Siswa mempraktekkan dialog mereka sendiri menggunakan berbagai ungkapan future |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 67, 71, 72, 75, 76, 78 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
Poster / gambar tentang pertanian / perikanan untuk dideskripsikan Gambar-gambar acak untuk diurutkan dan dideskripsikan Instruksi dan situasi sebagai bahan untuk membuat dialog menggunakan ungkapan future Teks pendek tentang pertanian / perikanan sebagai bahan untuk mendesain poster | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Poster / gambar tentang pertanian / perikanan untuk dideskripsikan | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, deskripsi kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Gambar-gambar acak untuk diurutkan dan dideskripsikan | Urutan benar, deskripsi sempurna Urutan salah, deskripsi sempurna Urutan benar, deskripsi kurang sempurna Urutan salah, deskripsi kurang sempurna Urutan salah, deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 3-4 1-2 |
Instruksi dan situasi sebagai bahan untuk membuat dialog menggunakan ungkapan future | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Dialog buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Teks pendek tentang pertanian / perikanan sebagai bahan untuk mendesain poster | Poster sesuai informasi dalam teks Poster kurang sesuai dengan informasi dalam teks Poster tidak sesuai dengan informasi dalam teks | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment