Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 16



BAHASA INGGRIS XI RPP16
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 16


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis paragraf pendek tentang tipe pertanian di Indonesia dengan bantuan gambar / poster
Mampu menuliskan pendapat tentang perikanan berdasarkan pertanyaan panduan
Mampu mendesain satu poster tentang bahaya penangkapan ikan secara berlebihan
Mampu mengurutkan gambar acak dan mendeskripsikannya
Mampu menulis dialog dengan berbagai ungkapan future berdasarkan situasi yang diberikan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Gambar / poster tentang pertanian di Indonesia
Daftar pertanyaan tentang perikanan
Instruksi dan contoh untuk membuat poster
Instruksi dan gambar dalam urutan acak
Instruksi dan situasi untuk membuat dialog dalam berbagai ungkapan future

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang penangkapan ikan di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang beberapa poster / gambar tentang pertanian / perikanan dari media cetak / internet yang disiapkan pengajar
INTI
Siswa menulis paragraf pendek tentang tipe pertanian di Indonesia dengan bantuan gambar / poster
Siswa menuliskan pendapat tentang perikanan berdasarkan pertanyaan panduan
Siswa mendesain satu poster tentang bahaya penangkapan ikan secara berlebihan
Siswa mengurutkan gambar acak dan mendeskripsikannya
Siswa menulis dialog dengan berbagai ungkapan future berdasarkan situasi yang diberikan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa mendesain satu poster dengan tema bebas
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam mendesain dan mengambarkan gambar / poster
Siswa mempraktekkan dialog mereka sendiri menggunakan berbagai ungkapan future

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 67, 71, 72, 75, 76, 78
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Poster / gambar tentang pertanian / perikanan untuk dideskripsikan
Gambar-gambar acak untuk diurutkan dan dideskripsikan
Instruksi dan situasi sebagai bahan untuk membuat dialog menggunakan ungkapan future
Teks pendek tentang pertanian / perikanan sebagai bahan untuk mendesain poster
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Poster / gambar tentang pertanian / perikanan untuk dideskripsikan
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, deskripsi kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5
Gambar-gambar acak untuk diurutkan dan dideskripsikan
Urutan benar, deskripsi sempurna
Urutan salah, deskripsi sempurna
Urutan benar, deskripsi kurang sempurna
Urutan salah, deskripsi kurang sempurna
Urutan salah, deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5
3-4
1-2
Instruksi dan situasi sebagai bahan untuk membuat dialog menggunakan ungkapan future
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7
4-5
Teks pendek tentang pertanian / perikanan sebagai bahan untuk mendesain poster
Poster sesuai informasi dalam teks
Poster kurang sesuai dengan informasi dalam teks
Poster tidak sesuai dengan informasi dalam teks
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: