BAHASA INGGRIS XI RPP38
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 38
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu memberikan pernyataan terkait hubungan internasional Mampu mendiskusikan pandangan tentang isu UNICEF dengan teman Mampu memberikan pernyataan tentang Asia Tenggara Mampu mendiskusikan pertanyaan tentang para pemimpin dunia Mampu mendiskusikan pertanyaan terkait report tentang Private Jessica Lynch Mampu mendiskusikan struktur dan isi teks hortatory exposition |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan tentang hubungan internasional Teks dan daftar pertanyaan tentang UNICEF Daftar pertanyaan tentang Asia Tenggara Instruksi dan daftar pertanyaan Teks report dan daftar pertanyaan tentang Private Jessica Lynch Teks contoh dan penjelasan hortatory exposition tentang sistem pendidikan di Inggris bagi anak perempuan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang badan-badan dalam organisasi PBB Siswa berdiskusi tentang satu masalah internasional dan menyampaikan pandangannya |
INTI | Siswa memberikan pertanyaan terkait hubungan internasional berdasarkan daftar pertanyaan Siswa mendiskusikan pandangannya tentang isu-isu UNICEF Siswa memberikan pernyataan berdasarkan pertanyaan tentang Asia Tenggara Siswa mendiskusikan pertanyaan tentang para pemimpin dunia Siswa membaca dan mendiskusikan pertanyaan tentang Private Jessica Lynch Siswa mendiskusikan struktur dan isi teks hortatory exposition tentang sistem pendidikan di Inggris bagi anak perempuan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Menyimpullkan materi pelajaran Siswa berdiskusi tentang masalah-masalah internasional, misal pemanasan global |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 177, 181, 182, 185, 194 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan menanyakan pendapat siswa tentang suatu masalah internasional Daftar pertanyaan lisan tentang isi dan struktur satu teks berbentuk hortatory exposition Peragaan dialog tanpa teks tentang masalah kelaparan di dunia dengan melibatkan ungkapan memberikan pernyataan, love, dan sadness | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness, Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan, Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan lisan menanyakan pendapat siswa tentang suatu masalah internasional | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Daftar pertanyaan lisan tentang isi dan struktur satu teks berbentuk hortatory exposition | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Peragaan dialog tanpa teks tentang masalah kelaparan di dunia dengan melibatkan ungkapan memberikan pernyataan, love, dan sadness | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment