Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 38



BAHASA INGGRIS XI RPP38
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 38

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness
Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan
Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu memberikan pernyataan terkait hubungan internasional
Mampu mendiskusikan pandangan tentang isu UNICEF dengan teman
Mampu memberikan pernyataan tentang Asia Tenggara
Mampu mendiskusikan pertanyaan tentang para pemimpin dunia
Mampu mendiskusikan pertanyaan terkait report tentang Private Jessica Lynch
Mampu mendiskusikan struktur dan isi teks hortatory exposition
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan tentang hubungan internasional
Teks dan daftar pertanyaan tentang UNICEF
Daftar pertanyaan tentang Asia Tenggara
Instruksi dan daftar pertanyaan
Teks report dan daftar pertanyaan tentang Private Jessica Lynch
Teks contoh dan penjelasan hortatory exposition tentang sistem pendidikan di Inggris bagi anak perempuan

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang badan-badan dalam organisasi PBB
Siswa berdiskusi tentang satu masalah internasional dan menyampaikan pandangannya
INTI
Siswa memberikan pertanyaan terkait hubungan internasional berdasarkan daftar pertanyaan
Siswa mendiskusikan pandangannya tentang isu-isu UNICEF
Siswa memberikan pernyataan berdasarkan pertanyaan tentang Asia Tenggara
Siswa mendiskusikan pertanyaan tentang para pemimpin dunia
Siswa membaca dan mendiskusikan pertanyaan tentang Private Jessica Lynch
Siswa mendiskusikan struktur dan isi teks hortatory exposition tentang sistem pendidikan di Inggris bagi anak perempuan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Menyimpullkan materi pelajaran
Siswa berdiskusi tentang masalah-masalah internasional, misal pemanasan global

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 177, 181, 182, 185, 194
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan lisan menanyakan pendapat siswa tentang suatu masalah internasional
Daftar pertanyaan lisan tentang isi dan struktur satu teks berbentuk hortatory exposition
Peragaan dialog tanpa teks tentang masalah kelaparan di dunia dengan melibatkan ungkapan memberikan pernyataan, love, dan sadness
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness, Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan, Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan lisan menanyakan pendapat siswa tentang suatu masalah internasional
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Daftar pertanyaan lisan tentang isi dan struktur satu teks berbentuk hortatory exposition
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Peragaan dialog tanpa teks tentang masalah kelaparan di dunia dengan melibatkan ungkapan memberikan pernyataan, love, dan sadness
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: