BAHASA INGGRIS XII RPP10
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 10
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan siapa yang membuat undang-undang di Indonesia Mampu mendiskusikan pertanyaan tentang pemerintahan Inggris Mampu menjawab pertanyaan tentang pemilu di Indonesia Mampu menyatakan ungkapan agreement dan disagreement dari satu pidato para pemimpin dunia Mampu mempraktekkan dialog yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement Mampu menyatakan agreement dan disagreement tentang suatu pernyataan Mampu menyatakan pendapat, persetujuan dan ketidaksetujuan terkait teks explanation tentang Hansard reporters |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan tentang siapa yang membuat undang-undang di Indonesia Teks tertulis tentang sistem pemerintahan Inggris dan daftar pertanyaan terkait Daftar pertanyaan tentang pemilu di Indonesia Teks pidato, daftar ungkapan agreement dan disagreement Teks dialog yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement Daftar pernyataan Teks explanation tentang Hansard reporters dan daftar pertanyaan terkait |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa mendiskusikan suatu isu tertentu dan menyatakan persetujuan/ ketidaksetujuannya Siswa ditanyai tentang sistem pemerintahan Indonesia |
INTI | Siswa menjawab pertanyaan tentang siapa yang membuat undang-undang di Indonesia Siswa membaca teks dan mendiskusikan pertanyaan terkait sistem pemerintahan Inggris Siswa menjawab pertanyaan tentang pemilu di Indonesia Siswa membaca teks penjelasan tentang ungkapan agreement dan disagreement, memilih satu teks pidato dan menyatakan agreement dan disagreement tentang gagasan dalam pidato tsb Siswa secara berkelompok / berpasangan mempraktekkan dialog yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement Siswa membaca daftar pernyataan dan menyatakan ungkapan agreement dan disagreement Siswa menyatakan pendapat, persetujuan dan ketidaksetujuan mereka berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks explanation tentang Hansard reporters |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa menyatakan persetujuan / ketidaksetujuannya terhadap suatu isu di depan kelas Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 45, 49, 50, 51, 57, 58, 59, 60, 62, 63, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
Observasi Kinerja / Demonstrasi | ||
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang pendapat, persetujuan / ketidaksetujuan siswa terhadap suatu isu Daftar pertanyaan lisan tentang satu teks explanation Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan agreement dan disagreement | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang pendapat, persetujuan / ketidaksetujuan siswa terhadap suatu isu | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Banyak kesalahan | 2 1 ½ |
Daftar pertanyaan lisan tentang satu teks explanation | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan agreement dan disagreement | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog tidak lengkap / buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment