16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 10



BAHASA INGGRIS XII RPP10
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 10


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan siapa yang membuat undang-undang di Indonesia
Mampu mendiskusikan pertanyaan tentang pemerintahan Inggris
Mampu menjawab pertanyaan tentang pemilu di Indonesia
Mampu menyatakan ungkapan agreement dan disagreement dari satu pidato para pemimpin dunia
Mampu mempraktekkan dialog yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement
Mampu menyatakan agreement dan disagreement tentang suatu pernyataan
Mampu menyatakan pendapat, persetujuan dan ketidaksetujuan terkait teks explanation tentang Hansard reporters
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan tentang siapa yang membuat undang-undang di Indonesia
Teks tertulis tentang sistem pemerintahan Inggris dan daftar pertanyaan terkait
Daftar pertanyaan tentang pemilu di Indonesia
Teks pidato, daftar ungkapan agreement dan disagreement
Teks dialog yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement
Daftar pernyataan
Teks explanation tentang Hansard reporters dan daftar pertanyaan terkait


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa mendiskusikan suatu isu tertentu dan menyatakan persetujuan/ ketidaksetujuannya
Siswa ditanyai tentang sistem pemerintahan Indonesia
INTI
Siswa menjawab pertanyaan tentang siapa yang membuat undang-undang di Indonesia
Siswa membaca teks dan mendiskusikan pertanyaan terkait sistem pemerintahan Inggris
Siswa menjawab pertanyaan tentang pemilu di Indonesia
Siswa membaca teks penjelasan tentang ungkapan agreement dan disagreement, memilih satu teks pidato dan menyatakan agreement dan disagreement tentang gagasan dalam pidato tsb
Siswa secara berkelompok / berpasangan mempraktekkan dialog yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement
Siswa membaca daftar pernyataan dan menyatakan ungkapan agreement dan disagreement
Siswa menyatakan pendapat, persetujuan dan ketidaksetujuan mereka berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks explanation tentang Hansard reporters
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa menyatakan persetujuan / ketidaksetujuannya terhadap suatu isu di depan kelas
Menyimpulkan materi pelajaran

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 45, 49, 50, 51, 57, 58, 59, 60, 62, 63,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan

Tes Tertulis

Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang pendapat, persetujuan / ketidaksetujuan siswa terhadap suatu isu
Daftar pertanyaan lisan tentang satu teks explanation
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan agreement dan disagreement
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :



Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pendapat, persetujuan / ketidaksetujuan siswa terhadap suatu isu  
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Banyak kesalahan
2
1

½
Daftar pertanyaan lisan tentang satu teks explanation

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan agreement dan disagreement
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap / buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: