16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 13



BAHASA INGGRIS XII RPP13
UNIT 4                  ARTS AND CULTURE                                                                                        (halaman 64 s.d 85)
 
 



RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 13


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
6 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Memahami makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan  menyatakan berbagai sikap
Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu menyusun huruf-huruf acak menjadi jenis-jenis seni berdasarkan kata-kata yang diperdengarkan
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang Liverpool
Mampu membuat catatan dari teks lisan tentang jenis-jenis musik dan menentukan apakah musik itu ‘classical’, ‘popular’, atau ‘world music’
Mampu menjawab pertanyaan terkait dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
Mampu melengkapi dialog rumpang dengan pilihan ekspresi satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar kata-kata lisan dan daftar kata-kata dalam susunan huruf acak
Teks  rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, dan daftar pertanyaan tentang Liverpool
Teks lisan tentang jenis-jenis musik, tabel berisi beberapa gagasan
Teks lisan dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure dan daftar pertanyaan terkait
Teks dialog rumpang dan pilihan ekspresi satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang jenis-jenis musik
Siswa menyampaikan kepuasan / ketidakpuasan, kesenangan / ketidaksenangan saat liburan sekolah yang lalu
INTI
Siswa mendengarkan kata-kata dan menyusun huruf acak menjadi suatu nama jenis seni
Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa mendengarkan sepuluh ekstrak pendek tentang jenis-jenis musik dan membuat catatan, kemudian menentukan apakah musik itu ‘classical’, ‘popular’, atau ‘world music’
Siswa mendengarkan teks dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan dan melengkapi dialog rumpang dengan pilihan ekspresi satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa berdiskusi tentang ciri-ciri classical, popular, dan world music
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 65, 66, 67, 75, 76, 77, 78, 79, 80,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Pertanyaan tentang ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan  menyatakan berbagai sikap, Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Pertanyaan tentang ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: