BAHASA INGGRIS XII RPP13
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 13
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 6 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu menyusun huruf-huruf acak menjadi jenis-jenis seni berdasarkan kata-kata yang diperdengarkan Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang Liverpool Mampu membuat catatan dari teks lisan tentang jenis-jenis musik dan menentukan apakah musik itu ‘classical’, ‘popular’, atau ‘world music’ Mampu menjawab pertanyaan terkait dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure Mampu melengkapi dialog rumpang dengan pilihan ekspresi satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar kata-kata lisan dan daftar kata-kata dalam susunan huruf acak Teks rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, dan daftar pertanyaan tentang Liverpool Teks lisan tentang jenis-jenis musik, tabel berisi beberapa gagasan Teks lisan dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure dan daftar pertanyaan terkait Teks dialog rumpang dan pilihan ekspresi satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang jenis-jenis musik Siswa menyampaikan kepuasan / ketidakpuasan, kesenangan / ketidaksenangan saat liburan sekolah yang lalu |
INTI | Siswa mendengarkan kata-kata dan menyusun huruf acak menjadi suatu nama jenis seni Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait teks Siswa mendengarkan sepuluh ekstrak pendek tentang jenis-jenis musik dan membuat catatan, kemudian menentukan apakah musik itu ‘classical’, ‘popular’, atau ‘world music’ Siswa mendengarkan teks dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure dan menjawab pertanyaan terkait Siswa mendengarkan dan melengkapi dialog rumpang dengan pilihan ekspresi satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa berdiskusi tentang ciri-ciri classical, popular, dan world music Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 65, 66, 67, 75, 76, 77, 78, 79, 80, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan Pertanyaan tentang ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap, Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Pertanyaan tentang ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment