BAHASA INGGRIS XI RPP23
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 23
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu mengidentifikasi tokoh dunia yang dimaksud dengan teks profil Mampu menjawab pertanyaan terkait profil tokoh-tokoh dunia berdasarkan teks Mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan Past Simple dan Past Perfect Mampu menjawab pertanyaan terkait profil tokoh berdasarkan teks Mampu membahas teks pendek tentang genosida Mampu mengidentifikasi teks dan gambar yang bersesuaian tentang peristiwa sejarah Indonesia Mampu mengidentifikasi kalimat pasif dalam teks Mampu melengkapi teks rumpang tentang Tembok Berlin dengan pilihan jawaban tersedia |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks profil dan gambar tokoh-tokoh dunia Daftar pertanyaan terkait teks profil tokoh-tokoh dunia Teks penjelasan tentang Past Simple dan Past Perfect, teks profil tokoh dan daftar pertanyaan terkait Teks pendek dan gambar tentang genosida Teks pendek dan gambar tentang peristiwa sejarah Indonesia Teks tentang PD II dan teks penjelasan tentang kalimat aktif dan pasif Teks rumpang dan pilihan jawaban tentang Tembok Berlin |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa berdiskusi tentang tokoh-tokoh dunia Siswa ditanyai tentang genosida |
INTI | Siswa mengidentifikasi tokoh dunia yang dimaksud dengan teks profil Siswa menjawab pertanyaan terkait profil tokoh-tokoh dunia berdasarkan teks Siswa membaca teks penjelasan tentang Past Simple dan Past Perfect Siswa membaca teks profil dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca teks pendek tentang genosida dan membahasnya dengan teman Siswa membaca dan menjodohkan teks dan gambar Siswa membaca teks penjelasan tentang kalimat aktif dan pasif dan mengidentifikasi kalimat pasif dalam teks tentang PD II Siswa melengkapi teks rumpang tentang Tembok Berlin dengan pilihan jawaban tersedia |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi kalimat aktif dan pasif dan Past Simple dan Past Perfect Menyimpulkan materi pelajaran Kerja berpasangan atau berkelompok untuk memperkuat atau mengingatkan kembali materi terkait |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 105, 106, 107, 108, 113, 114, 115, 116, 117, 118, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | ||
√ | Media cetak dan elektronik | ||
√ | Website internet | ||
Narasumber | |||
Model peraga | |||
Lingkungan | |||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | ||
√ | Inquari |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan terkait teks / esai pendek bertemakan sejarah Isian terkait Past Simple dan Past Perfect Isian terkait kalimat aktif dan pasif Poster / gambar bertemakan sejarah untuk dideskripsikan | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek bertemakan sejarah | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Isian terkait Past Simple dan Past Perfect | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / Jawaban salah | 1 ½ 0 |
Isian terkait kalimat aktif dan pasif | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / Jawaban salah | 1 ½ 0 |
Poster / gambar bertemakan sejarah untuk Dideskripsikan | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment