16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 23



BAHASA INGGRIS XI RPP23
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 23


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu mengidentifikasi tokoh dunia yang dimaksud dengan teks profil
Mampu menjawab pertanyaan terkait profil tokoh-tokoh dunia berdasarkan teks
Mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan Past Simple dan Past Perfect
Mampu menjawab pertanyaan terkait profil tokoh berdasarkan teks
Mampu membahas teks pendek tentang genosida
Mampu mengidentifikasi teks dan gambar yang bersesuaian tentang peristiwa sejarah Indonesia
Mampu mengidentifikasi kalimat pasif dalam teks
Mampu melengkapi teks rumpang tentang Tembok Berlin dengan pilihan jawaban tersedia
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks profil  dan gambar tokoh-tokoh dunia
Daftar pertanyaan terkait teks profil tokoh-tokoh dunia
Teks penjelasan tentang Past Simple dan Past Perfect, teks profil tokoh dan daftar pertanyaan terkait
Teks pendek dan gambar tentang genosida
Teks pendek dan gambar tentang peristiwa sejarah Indonesia
Teks tentang PD II dan teks penjelasan tentang kalimat aktif dan pasif
Teks rumpang dan pilihan jawaban tentang Tembok Berlin


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa berdiskusi tentang tokoh-tokoh dunia
Siswa ditanyai tentang genosida
INTI
Siswa mengidentifikasi tokoh dunia yang dimaksud dengan teks profil
Siswa menjawab pertanyaan terkait profil tokoh-tokoh dunia berdasarkan teks
Siswa membaca teks penjelasan tentang Past Simple dan Past Perfect
Siswa membaca teks profil dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca teks pendek tentang genosida dan membahasnya dengan teman
Siswa membaca dan menjodohkan teks dan gambar
Siswa membaca teks penjelasan tentang kalimat aktif dan pasif dan mengidentifikasi kalimat pasif dalam teks tentang PD II
Siswa melengkapi teks rumpang tentang Tembok Berlin dengan pilihan jawaban tersedia
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi kalimat aktif dan pasif dan Past Simple dan Past Perfect
Menyimpulkan materi pelajaran
Kerja berpasangan atau berkelompok untuk memperkuat atau mengingatkan kembali materi terkait


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 105, 106, 107, 108, 113, 114, 115, 116, 117, 118,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan terkait teks / esai pendek bertemakan sejarah
Isian terkait Past Simple dan Past Perfect
Isian terkait kalimat aktif dan pasif
Poster / gambar bertemakan sejarah untuk dideskripsikan
RUBRIK KRITERIA PENILAAN / BLANGKO OBSERVASI

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar              : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek bertemakan sejarah
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Isian terkait Past Simple dan Past Perfect

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / Jawaban salah
1
½

0
Isian terkait kalimat aktif dan pasif
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / Jawaban salah
1
½

0
Poster / gambar bertemakan sejarah untuk
Dideskripsikan
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: