BAHASA INGGRIS XII RPP6
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 6
| MATA   PELAJARAN | Bahasa   Inggris | 
| KELAS   /SEMESTER | XII   (dua belas) / 1 (satu) | 
| PROGRAM | Umum | 
| ALOKASI   WAKTU | 4 x 45   menit | 
| TEMA |  | 
| STANDAR   KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal   resmi dan berlanjut Mengungkapkan makna    dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion | 
| KOMPETENSI   DASAR | Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan   interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan,   memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau    untuk melakukan sesuatu, dan memerintah Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan   keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan   berbagai sikap Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi   dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan  Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan   menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion | 
| ASPEK   PEMBELAJARAN | Berbicara | 
| INDIKATOR | Mampu   menjawab pertanyaan terkait penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari Mampu   menjawab pertanyaan terkait sakit dan pengobatannya Mampu   melakukan tanya jawab berdasarkan informasi yang ada dalam teks explanation  Mampu   mempraktekkan dialog antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung   ungkapan certainty dan possibility Mampu   mempraktekkan dialog yang mengungkapkan certainty dan possibility Mampu   bertanya jawab tentang ungkapan certainty dan possibility Mampu   melafalkan berbagai kata-kata bahasa Inggris dengan tepat | 
| MATERI   POKOK PEMBELAJARAN | Daftar   pertanyaan terkait penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari Daftar   pertanyaan terkait sakit dan pengobatannya Teks   explanation tentang HIV/AIDS Teks   percakapan antara pewawancara dan Mr Edison Beberapa   teks dialog pendek Daftar   pertanyaan tentang ungkapan certainty dan possibility dan daftar ungkapan   certainty/uncertainty dan possibility/impossibility Daftar   kata-kata dan rekaman cara melafalkan kata | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN   PEMBELAJARAN | 
| PEMBUKA   (Apersepsi) | Siswa   ditanyai tentang teknologi apa yang dipakai sehari-hari Siswa   ditanyai tentang HIV/AIDS | 
| INTI | Siswa   menjawab pertanyaan terkait penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari Siswa   menjawab pertanyaan terkait sakit dan pengobatannya Siswa   melakukan tanya jawab dengan teman berdasarkan informasi yang ada dalam teks   explanation tentang HIV/AIDS Siswa   secara berpasangan mempraktekkan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison   yang mengandung ungkapan certainty dan possibility Siswa   mempraktekkan beberapa dialog yang mengandung ungkapan certainty dan   possibility Siswa   melakukan tanya jawab secara berpasangan berdasarkan pertanyaan tentang   ungkapan possibility dan certainty Siswa   mendengarkan cara pelafalan kata dan mempraktekkan melafalkannya | 
| PENUTUP   (Internalisasi dan persepsi) | Siswa   ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa   secara berpasangan menguji cara pelafalan kata-kata tertentu Menyimpulkan   materi pelajaran | 
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade   XII. Jakarta: Esis. Halaman 27, 33, 37, 39, 40, 41, 42, 43 | 
| √ | Material: VCD, kaset,   poster |  | |
| √ | Media cetak dan   elektronik |  | |
| √ | Website internet |  | |
| Narasumber |  | ||
| Model peraga |  | ||
| Lingkungan |  | ||
| Metode | √ | Presentasi |  | 
| √ | Diskusi kelompok |  | |
| √ | Inquari |  | 
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan | 
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja /   Demonstrasi | |
| Tagihan Hasil Karya /   Produk: tugas, projek, portofolio | ||
| √ | Pengukuran Sikap | |
| √ | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Pertanyaan   lisan tentang pengetahuan dan sikap siswa terhadap HIV/AIDS   Daftar   pertanyaan lisan tentang satu teks explanation Peragaan   dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan possibility dan   certainty | ||
| RUBRIK KRITERIA   PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah, Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
| Instrumen soal | Uraian | Skor | 
| Pertanyaan   lisan tentang pengetahuan dan sikap siswa terhadap HIV/AIDS   | Jawaban   sempurna Kesalahan   kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Banyak   kesalahan  | 2 1 ½  | 
| Daftar   pertanyaan lisan tentang satu teks explanation | Jawaban   sempurna Kesalahan   kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak   menjawab  | 2 1 0 | 
| Peragaan   dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan possibility dan   certainty | Dialog   sempurna Kesalahan   kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog   tidak lengkap | 8-10 6-7 4-5 | 
Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:
Post a Comment