16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 6



BAHASA INGGRIS XII RPP6
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 6


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan terkait penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
Mampu menjawab pertanyaan terkait sakit dan pengobatannya
Mampu melakukan tanya jawab berdasarkan informasi yang ada dalam teks explanation
Mampu mempraktekkan dialog antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan certainty dan possibility
Mampu mempraktekkan dialog yang mengungkapkan certainty dan possibility
Mampu bertanya jawab tentang ungkapan certainty dan possibility
Mampu melafalkan berbagai kata-kata bahasa Inggris dengan tepat
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan terkait penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
Daftar pertanyaan terkait sakit dan pengobatannya
Teks explanation tentang HIV/AIDS
Teks percakapan antara pewawancara dan Mr Edison
Beberapa teks dialog pendek
Daftar pertanyaan tentang ungkapan certainty dan possibility dan daftar ungkapan certainty/uncertainty dan possibility/impossibility
Daftar kata-kata dan rekaman cara melafalkan kata


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang teknologi apa yang dipakai sehari-hari
Siswa ditanyai tentang HIV/AIDS
INTI
Siswa menjawab pertanyaan terkait penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
Siswa menjawab pertanyaan terkait sakit dan pengobatannya
Siswa melakukan tanya jawab dengan teman berdasarkan informasi yang ada dalam teks explanation tentang HIV/AIDS
Siswa secara berpasangan mempraktekkan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan certainty dan possibility
Siswa mempraktekkan beberapa dialog yang mengandung ungkapan certainty dan possibility
Siswa melakukan tanya jawab secara berpasangan berdasarkan pertanyaan tentang ungkapan possibility dan certainty
Siswa mendengarkan cara pelafalan kata dan mempraktekkan melafalkannya
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa secara berpasangan menguji cara pelafalan kata-kata tertentu
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 27, 33, 37, 39, 40, 41, 42, 43
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang pengetahuan dan sikap siswa terhadap HIV/AIDS  
Daftar pertanyaan lisan tentang satu teks explanation
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan possibility dan certainty
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah, Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :



Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pengetahuan dan sikap siswa terhadap HIV/AIDS  
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Banyak kesalahan
2
1

½
Daftar pertanyaan lisan tentang satu teks explanation

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan possibility dan certainty
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: