BAHASA INGGRIS XII RPP6
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 6
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari Mampu menjawab pertanyaan terkait sakit dan pengobatannya Mampu melakukan tanya jawab berdasarkan informasi yang ada dalam teks explanation Mampu mempraktekkan dialog antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan certainty dan possibility Mampu mempraktekkan dialog yang mengungkapkan certainty dan possibility Mampu bertanya jawab tentang ungkapan certainty dan possibility Mampu melafalkan berbagai kata-kata bahasa Inggris dengan tepat |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan terkait penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari Daftar pertanyaan terkait sakit dan pengobatannya Teks explanation tentang HIV/AIDS Teks percakapan antara pewawancara dan Mr Edison Beberapa teks dialog pendek Daftar pertanyaan tentang ungkapan certainty dan possibility dan daftar ungkapan certainty/uncertainty dan possibility/impossibility Daftar kata-kata dan rekaman cara melafalkan kata |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang teknologi apa yang dipakai sehari-hari Siswa ditanyai tentang HIV/AIDS |
INTI | Siswa menjawab pertanyaan terkait penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari Siswa menjawab pertanyaan terkait sakit dan pengobatannya Siswa melakukan tanya jawab dengan teman berdasarkan informasi yang ada dalam teks explanation tentang HIV/AIDS Siswa secara berpasangan mempraktekkan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan certainty dan possibility Siswa mempraktekkan beberapa dialog yang mengandung ungkapan certainty dan possibility Siswa melakukan tanya jawab secara berpasangan berdasarkan pertanyaan tentang ungkapan possibility dan certainty Siswa mendengarkan cara pelafalan kata dan mempraktekkan melafalkannya |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa secara berpasangan menguji cara pelafalan kata-kata tertentu Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 27, 33, 37, 39, 40, 41, 42, 43 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang pengetahuan dan sikap siswa terhadap HIV/AIDS Daftar pertanyaan lisan tentang satu teks explanation Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan possibility dan certainty | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah, Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang pengetahuan dan sikap siswa terhadap HIV/AIDS | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Banyak kesalahan | 2 1 ½ |
Daftar pertanyaan lisan tentang satu teks explanation | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan possibility dan certainty | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog tidak lengkap | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment