BAHASA INGGRIS XII RPP19
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 19
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 6 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esei berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait dan ungkapan dari teks studi kasus penyebab orang Inggris beremigrasi Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang imigran yang masuk ke Inggris Mampu menjawab pertanyaan terkait teks pendek dan tabel tentang jumlah populasi negara-negara Asia Tenggara Mampu mengidentifikasi struktur dan isi dari teks discussion tentang Indonesian migrant workers Mampu menjawab pertanyaan terkait ungkapan-ungkapan dalam teks narrative tentang Adi Mampu menjawab pertanyaan terkait informasi dari pie chart tentang communication skills Mampu menemukan dan mengidentifikasi kesalahan dalam teks tertulis surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose Mampu menjodohkan pernyataan dengan ungkapan denial yang tepat |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks studi kasus dan daftar pertanyaan terkait Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait Teks pendek, tabel jumlah populasi negara-negara Asia Tenggara Teks discussion tentang Indonesian migrant workers dan penjelasan tentang struktur teks discussion Teks narrative tentang Adi, daftar pertanyaan terkait Pie chart tentang communication skills, daftar pertanyaan terkait Teks surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose yang mengandung kesalahan tulis Daftar pertanyaan dan ungkapan denial |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditunjukkan suatu grafik / tabel kemudian ditanyai terkait informasi di dalamnya Siswa berdiskusi tentang masalah kependudukan di Indonesia |
INTI | Siswa membaca teks studi kasus dan menjawab pertanyaan dan ungkapan dari teks Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca teks dan tabel dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca penjelasan tentang struktur teks discussion dan mengidentifikasi bagian-bagiannya dari satu contoh teks discussion Siswa membaca teks narrative tentang Adi dan menjawab pertanyaan terkait Siswa mengidentifikasi pie chart dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dalam chart tersebut Siswa membaca teks surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose dan mencari serta mengidentifikasi kesalahan tulisnya Siswa membaca pernyataan dan menjodohkan dengan ungkapan denial yang tepat |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membaca dan menyarikan informasi dari suatu tabel di depan kelas Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 90, 91, 92, 93, 94, 95, 96, 97, 98, 101, 102, 103, 104, 105, 106, 107 |
Material: VCD, kaset, poster | | ||
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan tertulis terkait isi dan struktur suatu teks discussion Teks rumpang Daftar pertanyaan terkait informasi dari suatu tabel, grafik, atau chart | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait isi dan struktur suatu teks discussion | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / Jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Daftar pertanyaan terkait informasi dari suatu tabel, grafik, atau chart | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment