Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 19



BAHASA INGGRIS XII RPP19
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 19


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
6 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan  teks tulis esei berbentuk   narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan terkait dan ungkapan dari teks studi kasus penyebab orang Inggris beremigrasi
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang imigran yang masuk ke Inggris
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks pendek dan tabel tentang jumlah populasi negara-negara Asia Tenggara
Mampu mengidentifikasi struktur dan isi dari teks discussion tentang Indonesian migrant workers
Mampu menjawab pertanyaan terkait ungkapan-ungkapan dalam teks narrative tentang Adi
Mampu menjawab pertanyaan terkait informasi dari pie chart tentang communication skills
Mampu menemukan dan mengidentifikasi kesalahan dalam teks tertulis surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose
Mampu menjodohkan pernyataan dengan ungkapan denial yang tepat
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks studi kasus dan daftar pertanyaan terkait
Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait
Teks pendek, tabel jumlah populasi negara-negara Asia Tenggara
Teks discussion tentang Indonesian migrant workers dan penjelasan tentang struktur teks discussion
Teks narrative tentang Adi, daftar pertanyaan terkait
Pie chart tentang communication skills, daftar pertanyaan terkait
Teks surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose yang mengandung kesalahan tulis
Daftar pertanyaan dan ungkapan denial

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditunjukkan suatu grafik / tabel kemudian ditanyai terkait informasi di dalamnya
Siswa berdiskusi tentang masalah kependudukan di Indonesia
INTI
Siswa membaca teks studi kasus dan menjawab pertanyaan dan ungkapan dari teks
Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca teks dan tabel dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca penjelasan tentang struktur teks discussion dan mengidentifikasi bagian-bagiannya dari satu contoh teks discussion
Siswa membaca teks narrative tentang Adi dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mengidentifikasi pie chart dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dalam chart tersebut
Siswa membaca teks surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose dan mencari serta mengidentifikasi kesalahan tulisnya
Siswa membaca pernyataan dan menjodohkan dengan ungkapan denial yang tepat
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membaca dan menyarikan informasi dari suatu tabel di depan kelas
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 90, 91, 92, 93, 94, 95, 96, 97, 98, 101, 102, 103, 104, 105, 106, 107

Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan tertulis terkait isi dan struktur suatu teks discussion
Teks rumpang
Daftar pertanyaan terkait informasi dari suatu tabel, grafik, atau chart
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait isi dan struktur suatu teks discussion
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / Jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang

Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Daftar pertanyaan terkait informasi dari suatu tabel, grafik, atau chart
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: