BAHASA INGGRIS XI RPP17
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 17
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna percakapan transaksional dan interpersonal Memahami makna teks fungsional lisan pendek dan monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna menyatakan, menanyakan dan menerima pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan Merespon makna memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, pleasure feeling Merespon teks fungsional lisan pendek Merespon makna teks monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu melengkapi teks rumpang tentang sistem kesejahteraan Inggris dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait Mampu mengidentifikasi ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request dari sebuah dialog Mampu mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita Mampu mengidentifikasi bagian-bagian dalam teks analytical exposition |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks rumpang tentang sistem kesejahteraan Inggris dengan pilihan jawaban tersedia dan teks lisan, serta daftar pertanyaan terkait Dialog antara penasehat dan pelamar di Jobcentre Cerita / narrative tentang Nina Teks penjelasan dan contoh teks analytical exposition |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa berdiskusi tentang sistem kesejahteraan di Indonesia Siswa diminta memberikan saran untuk kesejahteraan di Indonesia |
INTI | Siswa melengkapi teks rumpang tentang sistem kesejahteraan Inggris dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait Siswa mengidentifikasi ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request dari sebuah dialog Siswa mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam melengkapi teks rumpang dan kosakata yang sukar Siswa diminta membuat dan mempraktekkan dialognya sendiri dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 81, 82, 83, 90, 93, 94, 95, 96 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang materi teks report yang baru diperdengarkan Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan Dialog lisan untuk diidentifikasi ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna menyatakan, menanyakan dan menerima pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan, Merespon makna memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, pleasure feeling, Merespon teks fungsional lisan pendek, Merespon makna teks monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang materi teks report yang baru diperdengarkan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Dialog lisan untuk diidentifikasi ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment