Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 17



BAHASA INGGRIS XI RPP17
UNIT 5                  WELFARE                                                                                                             (halaman 80 s.d 95)
 
 


RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 17

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
 2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna percakapan transaksional dan interpersonal
Memahami makna teks fungsional lisan pendek dan monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna menyatakan, menanyakan dan menerima pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan
Merespon makna memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, pleasure feeling
Merespon teks fungsional lisan pendek
Merespon makna teks monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang tentang sistem kesejahteraan Inggris dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu mengidentifikasi ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request dari sebuah dialog
Mampu mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita
Mampu mengidentifikasi bagian-bagian dalam teks analytical exposition
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang tentang sistem kesejahteraan Inggris dengan pilihan jawaban tersedia dan teks lisan, serta daftar pertanyaan terkait
Dialog antara penasehat dan pelamar di Jobcentre
Cerita / narrative tentang Nina
Teks penjelasan dan contoh teks analytical exposition

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa berdiskusi tentang sistem kesejahteraan di Indonesia
Siswa diminta memberikan saran untuk kesejahteraan di Indonesia
INTI
Siswa melengkapi teks rumpang tentang sistem kesejahteraan Inggris dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mengidentifikasi ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request dari sebuah dialog
Siswa mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam melengkapi teks rumpang dan kosakata yang sukar
Siswa diminta membuat dan mempraktekkan dialognya sendiri dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 81, 82, 83, 90, 93, 94, 95, 96
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks report yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Dialog lisan untuk diidentifikasi ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna menyatakan, menanyakan dan menerima pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan, Merespon makna memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, pleasure feeling, Merespon teks fungsional lisan pendek, Merespon makna teks monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks report yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Dialog lisan untuk diidentifikasi ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: