BAHASA INGGRIS XI RPP8
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 8
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk report, narrative dan analytical exposition |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (contoh: banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menerjemahkan poster tindakan saat gempa bumi dalam bahasa tertulis Mampu menulis pengumuman tentang tindakan yang dilakukan pada saat terjadi gempa bumi Mampu membuat kata dan menuliskan kalimat baru dari anagram EARTHQUAKE Mampu menerjemahkan gambar tentang gempa bumi dalam bahasa tulis Mampu menuliskan report tentang kunjungan ke tempat gempa bumi terjadi |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Poster dan pertanyaan tentang tindakan saat gempa bumi terjadi Teks tentang tindakan saat gempa bumi sebagai dasar menuliskan pengumuman Foto/ gambar tentang gempa bumi |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya tentang apa yang akan mereka lakukan jika terjadi gempa bumi Siswa berdiskusi tentang poster dan gambar tentang gempa bumi |
INTI | Siswa menerangkan poster tindakan saat gempa bumi dengan bahasa tulis Siswa menuliskan pengumuman tindakan yang dilakukan pada saat terjadi gempa bumi Siswa menuliskan kata dan kalimat dari anagram EARTHQUAKE Siswa mencermati dan menuliskan apa yang mereka lihat dalam gambar/ foto tentang gempa bumi Siswa menuliskan report tentang kunjungan ke tempat gempa bumi terjadi |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam membaca dan menerjemahkan poster dan gambar ke dalam bahasa tulis Siswa ditanyai kesulitan dalam kosakata Siswa diminta menceritakan pengalaman berkunjung ke tempat terjadinya bencana alam |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 27, 28, 33, 34 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Poster tentang tindakan saat terjadi gempa bumi Gambar/ foto dari internet tentang tempat terjadinya bencana alam Report dan daftar pertanyaan tentang bencana alam yang terjadi dari media cetak / elektronik | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (contoh: banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Peta, gambar, poster tentang saat terjadi gempa bumi / bencana alam untuk dideskripsikan | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, deskripsi kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Daftar pertanyaan terkait gambar/ foto dari internet tentang tempat terjadinya bencana alam | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Report dan daftar pertanyaan tentang bencana alam yang terjadi dari media cetak / elektronik (uraian) | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment