16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 8



BAHASA INGGRIS XI RPP8
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 8


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk report, narrative dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (contoh: banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menerjemahkan poster tindakan saat gempa bumi dalam bahasa tertulis
Mampu menulis pengumuman tentang tindakan yang dilakukan pada saat terjadi gempa bumi
Mampu membuat kata dan menuliskan kalimat baru dari anagram EARTHQUAKE
Mampu menerjemahkan gambar tentang gempa bumi dalam bahasa tulis
Mampu menuliskan report tentang kunjungan ke tempat gempa bumi terjadi
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Poster dan pertanyaan tentang tindakan saat gempa bumi terjadi
Teks tentang tindakan saat gempa bumi sebagai dasar menuliskan pengumuman
Foto/ gambar tentang gempa bumi


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya tentang apa yang akan mereka lakukan jika terjadi gempa bumi
Siswa berdiskusi tentang poster dan gambar tentang gempa bumi
INTI
Siswa menerangkan poster tindakan saat gempa bumi dengan bahasa tulis
Siswa menuliskan pengumuman tindakan yang dilakukan pada saat terjadi gempa bumi
Siswa menuliskan kata dan kalimat dari anagram EARTHQUAKE
Siswa mencermati dan menuliskan apa yang mereka lihat dalam gambar/ foto tentang gempa bumi
Siswa menuliskan report tentang kunjungan ke tempat gempa bumi terjadi
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam membaca dan menerjemahkan poster dan gambar ke dalam bahasa tulis
Siswa ditanyai kesulitan dalam kosakata
Siswa diminta menceritakan pengalaman berkunjung ke tempat terjadinya bencana alam


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 27, 28, 33, 34
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Poster tentang tindakan saat terjadi gempa bumi
Gambar/ foto dari internet tentang tempat terjadinya bencana alam
Report dan daftar pertanyaan tentang bencana alam yang terjadi dari media cetak / elektronik
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Menyatakan makna teks fungsional pendek (contoh: banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :


Instrumen soal
Uraian
Skor
Peta, gambar, poster tentang saat terjadi gempa bumi / bencana alam untuk dideskripsikan
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, deskripsi kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5
Daftar pertanyaan terkait gambar/ foto dari internet tentang tempat terjadinya bencana alam
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0
Report dan daftar pertanyaan tentang bencana alam yang terjadi dari media cetak / elektronik (uraian)
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: