BAHASA INGGRIS XII RPP11
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 11
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esei berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait teks report Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks Mampu melengkapi teks rumpang dari pidato para pemimpin dunia dan mengidentifikasi pembicaranya Mampu menjawab pertanyaan terkait teks debat antara PM dan Mr Howard Mampu mengidentifikasi struktur dari teks explanation tentang Hansard reporters |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tertulis pendek report tentang sidang parlemen Inggris Teks tulis rumpang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan tentang pemilu di dunia Teks pidato rumpang, pilihan nama negara/kota dan gambar para pemimpin dunia Teks debat antara PM dan Mr Howard dan daftar pertanyaan terkait Teks explanation tentang Hansard reporters dan teks penjelasan tentang struktur teks explanation |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang sidang anggota DPR Indonesia Siswa berdiskusi tentang berbagai pemilu di dunia |
INTI | Siswa membaca teks tertulis pendek report tentang sidang parlemen Inggris dan menjawab pertanyaan terkait teks Siswa membaca, melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait pemilu di dunia Siswa membaca teks pidato, melengkapinya dan menuliskan siapa pembicaranya Siswa membaca teks debat dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca teks penjelasan tentang struktur teks explanation dan mengidentifikasi struktur teks Hansard reporters |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa mendiskusikan isi teks Hansard reporters Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 48, 51, 52, 53, 55, 56, 62, 63 |
Material: VCD, kaset, poster | | ||
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek Teks rumpang Daftar pertanyaan tertulis terkait isi dan struktur suatu teks explanation | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Teks rumpang | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Daftar pertanyaan tertulis terkait isi dan struktur suatu teks explanation | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment