16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 11



BAHASA INGGRIS XII RPP11
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 11


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan  teks tulis esei berbentuk   narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks report
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
Mampu melengkapi teks rumpang dari pidato para pemimpin dunia dan mengidentifikasi pembicaranya
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks debat antara PM dan Mr Howard
Mampu mengidentifikasi struktur dari teks explanation tentang Hansard reporters
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tertulis pendek report tentang sidang parlemen Inggris
Teks tulis rumpang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan tentang pemilu di dunia
Teks pidato rumpang, pilihan nama negara/kota dan gambar para pemimpin dunia
Teks debat antara PM dan Mr Howard dan daftar pertanyaan terkait
Teks explanation tentang Hansard reporters dan teks penjelasan tentang struktur teks explanation


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang sidang anggota DPR Indonesia
Siswa berdiskusi tentang berbagai pemilu di dunia
INTI
Siswa membaca teks tertulis pendek report tentang sidang parlemen Inggris dan menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa membaca, melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait pemilu di dunia
Siswa membaca teks pidato, melengkapinya dan menuliskan siapa pembicaranya
Siswa membaca teks debat dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca teks penjelasan tentang struktur teks explanation dan mengidentifikasi struktur teks Hansard reporters
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa mendiskusikan isi teks Hansard reporters
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 48, 51, 52, 53, 55, 56, 62, 63

Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Teks rumpang
Daftar pertanyaan tertulis terkait isi dan struktur suatu teks explanation
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Teks rumpang

Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Daftar pertanyaan tertulis terkait isi dan struktur suatu teks explanation
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: