16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 12



BAHASA INGGRIS XI RPP12
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 12


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
..... x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, pamphlet, poster) dengan bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu mendesain poster dan menggambarkannya secara tertulis
Mampu menuliskan deskripsi pendek tentang berbagai macam tari dalam gambar
Mampu menuliskan beberapa kata sifat dalam urutan yang tepat dalam sebuah kalimat
Mampu membuat kalimat sendiri menggunakan kata sifat dan juga sinonimnya
Mampu menulis cerita pendek (narrative) berdasarkan outline yang diberikan
Mampu menuliskan antonim dari kata sifat dan menerapkannya dalam kalimat
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Poster yang merepresentasikan suatu daerah di Indonesia
Gambar-gambar berbagai macam tari
Teks penjelasan dan soal latihan tentang penggunaan kata sifat dalam kalimat
Sinonim dari kata sifat
Teks penjelasan tentang narrative dan contohnya
Antonim dari kata sifat


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai komentar tentang beberapa poster yang pengajar sediakan dari internet/ media cetak
Siswa diminta bercerita tentang pengalamannya berlibur atau belajar tari atau sesuatu yang berkaitan dengan budaya
INTI
Siswa mendesain poster dan menggambarkannya secara tertulis
Siswa menuliskan deskripsi pendek tentang berbagai macam tari dalam gambar
Siswa menuliskan beberapa kata sifat dalam urutan yang tepat dalam sebuah kalimat
Siswa membuat kalimat sendiri menggunakan kata sifat dan juga sinonimnya
Siswa menulis cerita pendek (narrative) berdasarkan outline yang diberikan
Siswa menuliskan antonim dari kata sifat dan menerapkannya dalam kalimat
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan mendeskripsikan poster dan menulis narrative
Siswa diminta menuliskan narrative dengan tema bebas


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 48, 51, 52, 53, 54, 55, 58, 60, 61
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi


Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Poster dan gambar untuk dideskripsikan
Cerita pendek (narrative) untuk diidentifikasi bagian-bagiannya
Isian mengenai kata sifat dan sinonimny,  Isian mengenai kata sifat dan antonimnya
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, pamphlet, poster) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Poster dan gambar untuk dideskripsikan secara tertulis
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, deskripsi kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5
Daftar pertanyaan terkait cerita pendek (narrative) untuk diidentifikasi bagian-bagiannya
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0
Isian mengenai kata sifat dan sinonimnya serta kata sifat dan antonimnya
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: