BAHASA INGGRIS XI RPP12
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 12
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | ..... x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, pamphlet, poster) dengan bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu mendesain poster dan menggambarkannya secara tertulis Mampu menuliskan deskripsi pendek tentang berbagai macam tari dalam gambar Mampu menuliskan beberapa kata sifat dalam urutan yang tepat dalam sebuah kalimat Mampu membuat kalimat sendiri menggunakan kata sifat dan juga sinonimnya Mampu menulis cerita pendek (narrative) berdasarkan outline yang diberikan Mampu menuliskan antonim dari kata sifat dan menerapkannya dalam kalimat |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Poster yang merepresentasikan suatu daerah di Indonesia Gambar-gambar berbagai macam tari Teks penjelasan dan soal latihan tentang penggunaan kata sifat dalam kalimat Sinonim dari kata sifat Teks penjelasan tentang narrative dan contohnya Antonim dari kata sifat |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai komentar tentang beberapa poster yang pengajar sediakan dari internet/ media cetak Siswa diminta bercerita tentang pengalamannya berlibur atau belajar tari atau sesuatu yang berkaitan dengan budaya |
INTI | Siswa mendesain poster dan menggambarkannya secara tertulis Siswa menuliskan deskripsi pendek tentang berbagai macam tari dalam gambar Siswa menuliskan beberapa kata sifat dalam urutan yang tepat dalam sebuah kalimat Siswa membuat kalimat sendiri menggunakan kata sifat dan juga sinonimnya Siswa menulis cerita pendek (narrative) berdasarkan outline yang diberikan Siswa menuliskan antonim dari kata sifat dan menerapkannya dalam kalimat |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan mendeskripsikan poster dan menulis narrative Siswa diminta menuliskan narrative dengan tema bebas |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 48, 51, 52, 53, 54, 55, 58, 60, 61 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | ||
√ | Media cetak dan elektronik | ||
√ | Website internet | ||
Narasumber | |||
Model peraga | |||
Lingkungan | |||
Metode | √ | Presentasi | |
Diskusi kelompok | |||
Inquari |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
Poster dan gambar untuk dideskripsikan Cerita pendek (narrative) untuk diidentifikasi bagian-bagiannya Isian mengenai kata sifat dan sinonimny, Isian mengenai kata sifat dan antonimnya | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, pamphlet, poster) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Poster dan gambar untuk dideskripsikan secara tertulis | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, deskripsi kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Daftar pertanyaan terkait cerita pendek (narrative) untuk diidentifikasi bagian-bagiannya | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Isian mengenai kata sifat dan sinonimnya serta kata sifat dan antonimnya | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment