BAHASA INGGRIS XI RPP3
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 3
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
| KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: report, narrative, dan analytical exposition |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
| INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan informasi pada peta, gambar, poster tentang geografi dan cuaca Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan informasi pada teks tertulis / esai pendek tentang geografi dan cuaca |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Peta, gambar dan poster tentang geografi dan cuaca Teks report dari National Geographic Society Penjelasan materi tentang report Teks/ esai pendek tentang geografi dan cuaca |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai negara-negara dalam peta Siswa ditanya mengenai report dan contoh-contohnya Siswa ditanya mengenai penyakit yang berhubungan dengan cuaca |
| INTI | Siswa mencermati peta, gambar, dan poster, dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang diberikan Siswa membaca teks report dan penjelasan tentang report dan menjawab pertanyaan yang terkait Siswa membaca teks/ esai pendek tentang geografi dan cuaca dan menjawab pertanyaan terkait |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam menjawab pertanyaan berdasarkan peta, gambar, dan poster Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam menjawab pertanyaan tentang report dan esai pendek Siswa ditanya mengenai kosakata yang sukar |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| √ | Media cetak dan elektronik | | |
| √ | Website internet | | |
| Narasumber | | ||
| Model peraga | | ||
| Lingkungan | | ||
| Metode | √ | Presentasi | |
| √ | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| | Pengukuran Sikap | |
| | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Daftar pertanyaan terkait teks / esai pendek Report yang diambil dari media cetak / elektronik sebagai bahan kajian akan pertanyaan tentang struktur report Poster atau pamphlet yang terkait dengan geografi dan cuaca yang dicari oleh siswa sendiri di internet atau media cetak/ elektronik sebagai bahan kajian | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
| Report yang diambil dari media cetak / elektronik sebagai bahan kajian akan pertanyaan tentang struktur report | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 8-10 5-7 0 |
| Poster atau pamphlet yang terkait dengan geografi dan cuaca yang dicari oleh siswa sendiri di internet atau media cetak/ elektronik sebagai bahan kajian untuk dideskripsikan | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:


No comments:
Post a Comment