16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 3



BAHASA INGGRIS XI RPP3

RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 3


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan informasi pada peta, gambar, poster tentang geografi dan cuaca
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan informasi pada teks tertulis / esai pendek tentang geografi dan cuaca
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Peta, gambar dan poster tentang geografi dan cuaca
Teks report dari National Geographic Society
Penjelasan materi tentang report
Teks/ esai pendek tentang geografi dan cuaca

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai negara-negara dalam peta
Siswa ditanya mengenai report dan contoh-contohnya
Siswa ditanya mengenai penyakit yang berhubungan dengan cuaca
INTI
Siswa mencermati peta, gambar, dan poster, dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang diberikan
Siswa membaca teks report dan penjelasan tentang report dan menjawab pertanyaan yang terkait
Siswa membaca teks/ esai pendek tentang geografi dan cuaca dan menjawab pertanyaan terkait
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam menjawab pertanyaan berdasarkan peta, gambar, dan poster
Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam menjawab pertanyaan tentang report dan esai pendek
Siswa ditanya mengenai kosakata yang sukar

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan terkait teks / esai pendek
Report yang diambil dari media cetak / elektronik sebagai bahan kajian akan pertanyaan tentang struktur report
Poster atau pamphlet yang terkait dengan geografi dan cuaca yang dicari oleh siswa sendiri di internet atau media cetak/ elektronik sebagai bahan kajian
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Report yang diambil dari media cetak / elektronik sebagai bahan kajian akan pertanyaan tentang struktur report
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
8-10
5-7
0
Poster atau pamphlet yang terkait dengan geografi dan cuaca yang dicari oleh siswa sendiri di internet atau media cetak/ elektronik sebagai bahan kajian untuk dideskripsikan
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: