16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 7



BAHASA INGGRIS XI RPP7
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 7


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk report, narrative dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks tulis fungsional pendek (contoh: banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis; bentuk teks report, narrative dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tulis fungsional pendek
Mampu menyelesaikan pertanyaan terkait kosakata
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan poster
Mampu melengkapi teks rumpang bentuk report dengan pilihan jawaban
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar kosakata dan sinonimnya
Daftar pertanyaan tentang penunjukan (reference) dalam teks
Teks, poster dan pertanyaan terkait peringatan gempa bumi
Teks rumpang dan pilihan jawaban terkait bencana alam
Teks rumpang dari BBC news report dan pilihan jawaban serta pertanyaan terkait
Penjelasan tentang beberapa tenses dan teks beserta pertanyaan terkait
Teks tentang peringatan akan tsunami


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya tentang tsunami dan tanda-tandanya
Siswa berdiskusi tentang gambar pada halaman 22
INTI
Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan dan pelatihan terkait
Siswa membaca teks dan poster tentang gempa bumi dan menjawab pertanyaan
Siswa membaca teks report dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca penjelasan tentang tenses dan menyelesaikan pelatihan terkait
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai mengenai kesulitan melengkapi teks rumpang dan membaca poster
Siswa ditanyai mengenai kosakata sukar
Siswa diminta menguraikan peringatan tsunami dengan bahasa sendiri
Siswa diminta memperagakan saat terjadi gempa bumi seperti dalam poster


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 22, 23, 24, 25, 27, 29, 31, 35, 36, 37, 38, 39
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks tulis pendek (rumpang) dan daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan tentang struktur dan isi teks report yang diambil dari media cetak / elektronik
Poster tentang tindakan yang dilakukan saat gempa bumi
Teks tulis pendek yang menggunakan beberapa tenses dan daftar pertanyaan terkait tenses
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna teks tulis fungsional pendek (contoh: banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis; bentuk teks report, narrative dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Report yang diambil dari media cetak / elektronik sebagai bahan kajian akan pertanyaan tentang struktur report
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Poster atau pamphlet yang terkait dengan bencana alam yang dicari oleh siswa sendiri di internet atau media cetak/ elektronik sebagai bahan kajian untuk dideskripsikan
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
8-10
6-7
0
Teks tulis pendek yang menggunakan beberapa tenses dan daftar pertanyaan terkait tenses
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: