BAHASA INGGRIS XI RPP7
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 7
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk report, narrative dan analytical exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks tulis fungsional pendek (contoh: banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis; bentuk teks report, narrative dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tulis fungsional pendek Mampu menyelesaikan pertanyaan terkait kosakata Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan poster Mampu melengkapi teks rumpang bentuk report dengan pilihan jawaban |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar kosakata dan sinonimnya Daftar pertanyaan tentang penunjukan (reference) dalam teks Teks, poster dan pertanyaan terkait peringatan gempa bumi Teks rumpang dan pilihan jawaban terkait bencana alam Teks rumpang dari BBC news report dan pilihan jawaban serta pertanyaan terkait Penjelasan tentang beberapa tenses dan teks beserta pertanyaan terkait Teks tentang peringatan akan tsunami |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya tentang tsunami dan tanda-tandanya Siswa berdiskusi tentang gambar pada halaman 22 |
INTI | Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan dan pelatihan terkait Siswa membaca teks dan poster tentang gempa bumi dan menjawab pertanyaan Siswa membaca teks report dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca penjelasan tentang tenses dan menyelesaikan pelatihan terkait |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai mengenai kesulitan melengkapi teks rumpang dan membaca poster Siswa ditanyai mengenai kosakata sukar Siswa diminta menguraikan peringatan tsunami dengan bahasa sendiri Siswa diminta memperagakan saat terjadi gempa bumi seperti dalam poster |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 22, 23, 24, 25, 27, 29, 31, 35, 36, 37, 38, 39 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
√ | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Teks tulis pendek (rumpang) dan daftar pertanyaan Daftar pertanyaan tentang struktur dan isi teks report yang diambil dari media cetak / elektronik Poster tentang tindakan yang dilakukan saat gempa bumi Teks tulis pendek yang menggunakan beberapa tenses dan daftar pertanyaan terkait tenses | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks tulis fungsional pendek (contoh: banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis; bentuk teks report, narrative dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Report yang diambil dari media cetak / elektronik sebagai bahan kajian akan pertanyaan tentang struktur report | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Poster atau pamphlet yang terkait dengan bencana alam yang dicari oleh siswa sendiri di internet atau media cetak/ elektronik sebagai bahan kajian untuk dideskripsikan | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 8-10 6-7 0 |
Teks tulis pendek yang menggunakan beberapa tenses dan daftar pertanyaan terkait tenses | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment