BAHASA INGGRIS XII RPP12
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 12
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menuliskan nama pemimpin-pemimpin dunia dan jabatannya berdasarkan gambar Mampu mengidentifikasi ungkapan agreement dan disagreement dari teks dialog Mampu menulis teks explanation tentang parlemen Indonesia |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi dan gambar para pemimpin dunia Teks dialog Teks penjelasan tentang struktur teks explanation dan instruksi soal |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa menyebutkan nama-nama pemimpin dunia Siswa berdiskusi tentang peran dan jasa para pemimpin dunia tersebut |
INTI | Siswa menuliskan nama-nama pemimpin dunia dan jabatannya di bawah gambar yang tepat Siswa mengidentifikasi ungkapan agreement dan disagreement dari teks dialog dan menuliskannya ke dalam tabel Siswa membaca penjelasan tentang teks explanation dan menulis teks explanation sendiri tentang parlemen Indonesia |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membacakan teks explanation yang ditulisnya di depan kelas Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 54, 58, 59, 60, 62, 63 |
Material: VCD, kaset, poster | | ||
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pernyataan untuk dibuat kalimat agreement dan disagreement Instruksi dan outline untuk menulis satu teks explanation | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pernyataan untuk dibuat kalimat agreement dan disagreement | Kalimat sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, tanda baca Kalimat buruk Tidak menjawab | 2 1 ½ 0 |
Instruksi dan outline untuk menulis satu teks explanation | Teks explanation sesuai outline dan sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, tanda, baca, kurang lengkap Teks explanation tidak sesuai outline | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment