BAHASA INGGRIS XII RPP15
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 15
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esei berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjodohkan nama tempat dengan gambar dan deskripsinya Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait Mampu mengidentifikasi ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure dari sebuah email Mampu menjawab pertanyaan terkait prospektus LIPA Mampu melengkapi teks lagu rumpang dengan pilihan jawaban tersedia |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Gambar, nama tempat, dan deskripsi enam warisan dunia di Indonesia Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait teks tentang musik Email dari Admission Manager LIPA untuk Sheira Prospektus LIPA dan daftar pertanyaan Teks lagu rumpang ‘Can’t buy me love’ dan pilihan jawaban |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang tujuh keajaiban dunia Siswa berdiskusi tentang musisi-musisi berpengaruh dunia |
INTI | Siswa menjodohkan nama tempat dengan gambar dan deskripsinya Siswa membaca teks dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia kemudian menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca email dari Admission Manager LIPA untuk Sheira dan menggarisbawahi ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure Siswa membaca prospektus LIPA dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca teks lagu dan melengkapinya dengan pilihan jawaban tersedia kemudian mendengarkan lagu tersebut untuk mengecek jawabannya |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa menyatakan ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure tentang musik Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 68, 69, 70, 72, 73, 74, 75, 81, 82, 83, 85 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / prospektus suatu lembaga pendidikan Teks rumpang Menjodohkan nama tempat, gambar, dan deskripsinya | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / prospektus suatu lembaga pendidikan | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / Jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Menjodohkan nama tempat, gambar, dan deskripsinya | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment