16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 15



BAHASA INGGRIS XII RPP15
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 15


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan  teks tulis esei berbentuk   narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjodohkan nama tempat dengan gambar dan deskripsinya
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu mengidentifikasi ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure dari sebuah email
Mampu menjawab pertanyaan terkait prospektus LIPA
Mampu melengkapi teks lagu rumpang dengan pilihan jawaban tersedia
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Gambar, nama tempat, dan deskripsi enam warisan dunia di Indonesia
Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait teks tentang musik
Email dari Admission Manager LIPA untuk Sheira
Prospektus LIPA dan daftar pertanyaan
Teks lagu rumpang ‘Can’t buy me love’ dan pilihan jawaban


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang tujuh keajaiban dunia
Siswa berdiskusi tentang musisi-musisi berpengaruh dunia
INTI
Siswa menjodohkan nama tempat dengan gambar dan deskripsinya
Siswa membaca teks dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia kemudian menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca email dari Admission Manager LIPA untuk Sheira dan menggarisbawahi ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
Siswa membaca prospektus LIPA dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca teks lagu dan melengkapinya dengan pilihan jawaban tersedia kemudian mendengarkan lagu tersebut untuk mengecek jawabannya
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa menyatakan ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure tentang musik
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 68, 69, 70, 72, 73, 74, 75, 81, 82, 83, 85
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / prospektus suatu lembaga pendidikan
Teks rumpang
Menjodohkan nama tempat, gambar, dan deskripsinya
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / prospektus suatu lembaga pendidikan
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / Jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang

Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Menjodohkan nama tempat, gambar, dan deskripsinya
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: