BAHASA INGGRIS XII RPP7
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 7
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esei berbentuk narrative, explanation dan discussion |
| KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
| INDIKATOR | Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait Mampu menjawab pertanyaan terkait teks explanation tentang HIV/AIDS Mampu menjawab pertanyaan terkait teks pendek tentang prediksi Thomas Edison |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait teks tentang penelitian medis Teks explanation tentang HIV/AIDS dan daftar pertanyaan Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang prediksi Thomas Edison |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang penelitian medis di Indonesia Siswa berdiskusi tentang pengaruh perkembangan teknologi terhadap kehidupan manusia |
| INTI | Siswa membaca teks dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia kemudian menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca informasi dalam teks explanation dan menjawab pertanyaan terkait HIV/AIDS Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait prediksi Thomas Edison |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa menceritakan kembali dengan bahasa sendiri tentang isi suatu tels explanation Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 33, 34, 35, 42, |
| Material: VCD, kaset, poster | | ||
| √ | Media cetak dan elektronik | | |
| √ | Website internet | | |
| Narasumber | | ||
| Model peraga | | ||
| Lingkungan | | ||
| Metode | √ | Presentasi | |
| √ | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | ||
| | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek Teks rumpang Daftar pertanyaan tertulis terkait teks explanation | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
| Teks rumpang | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
| Daftar pertanyaan tertulis terkait teks explanation | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:


No comments:
Post a Comment