16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 7



BAHASA INGGRIS XII RPP7
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 7


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan  teks tulis esei berbentuk   narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks explanation tentang HIV/AIDS
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks pendek tentang prediksi Thomas Edison
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait teks tentang penelitian medis
Teks explanation tentang HIV/AIDS dan daftar pertanyaan
Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang prediksi Thomas Edison

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang penelitian medis di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang pengaruh perkembangan teknologi terhadap kehidupan manusia
INTI
Siswa membaca teks dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia kemudian menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca informasi dalam teks explanation dan menjawab pertanyaan terkait HIV/AIDS
Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait prediksi Thomas Edison
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa menceritakan kembali dengan bahasa sendiri tentang isi suatu tels explanation
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 33, 34, 35, 42,

Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Teks rumpang
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks explanation
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Teks rumpang

Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks explanation
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: