Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 16



BAHASA INGGRIS XII RPP16
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 16


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis deskripsi dengan bantuan gambar dan informasi dalam teks
Mampu menuliskan ciri-ciri khusus yang dimiliki daerah masing-masing
Mampu menuliskan deskripsi pendek wilayah masing-masing sebagai Asian Capital of Culture dengan menggunakan informasi dari tabel tersebut
Mampu menulis email balasan untuk Admission Manager LIPA
Mampu melengkapi formulir pendaftaran LIPA untuk Sheira
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Gambar, informasi dari teks tentang Liverpool, contoh
Instruksi dan tabel tentang ciri-ciri khusus terkait budaya
Instruksi dan tabel
Instruksi dan format email balasan
Instruksi dan isian formulir pendaftaran LIPA


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang satu kota yang kental dengan budaya di Indonesia, contoh Bali, Jogjakarta, dsb
Siswa berdiskusi tentang ciri-ciri khusus kota-kota tsb
INTI
Siswa menuliskan deskripsi tentang gambar yang ada dengan menggunakan informasi dari teks tentang Liverpool
Siswa menuliskan ke dalam tabel ciri-ciri khusus terkait budaya wilayahnya seperti bahasa, agama, bangunan bersejarah, teater, galeri seni, museum, jenis musik, jenis tarian, seni lain, dll
Siswa menuliskan deskripsi pendek wilayah masing-masing sebagai Asian Capital of Culture dengan menggunakan informasi dari tabel tersebut
Siswa menuliskan balasan dari Sheira untuk Admission Manager LIPA
Siswa melengkapi formulir pendaftaran LIPA untuk Sheira berdasarkan informasi dalam task three
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membacakan deskripsi pendek yang ditulisnya di depan kelas
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman, 65, 66, 67, 68, 71, 82, 84,

Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Formulir pendaftaran suatu lembaga pendidikan untuk diisi berdasarkan teks informasi yang disediakan
Gambar dan teks sebagai bahan informasi untuk mendeskripsikan tempat yang berkaitan dengan budaya dan seni
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Formulir pendaftaran suatu lembaga pendidikan untuk diisi berdasarkan teks informasi yang disediakan
Jawaban benar
Tidak menjawab / Jawaban salah
1
0
Gambar dan teks sebagai bahan informasi untuk mendeskripsikan tempat yang berkaitan dengan budaya dan seni
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, tanda, baca, kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7

4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: