BAHASA INGGRIS XII RPP16
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 16
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menulis deskripsi dengan bantuan gambar dan informasi dalam teks Mampu menuliskan ciri-ciri khusus yang dimiliki daerah masing-masing Mampu menuliskan deskripsi pendek wilayah masing-masing sebagai Asian Capital of Culture dengan menggunakan informasi dari tabel tersebut Mampu menulis email balasan untuk Admission Manager LIPA Mampu melengkapi formulir pendaftaran LIPA untuk Sheira |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Gambar, informasi dari teks tentang Liverpool, contoh Instruksi dan tabel tentang ciri-ciri khusus terkait budaya Instruksi dan tabel Instruksi dan format email balasan Instruksi dan isian formulir pendaftaran LIPA |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang satu kota yang kental dengan budaya di Indonesia, contoh Bali, Jogjakarta, dsb Siswa berdiskusi tentang ciri-ciri khusus kota-kota tsb |
INTI | Siswa menuliskan deskripsi tentang gambar yang ada dengan menggunakan informasi dari teks tentang Liverpool Siswa menuliskan ke dalam tabel ciri-ciri khusus terkait budaya wilayahnya seperti bahasa, agama, bangunan bersejarah, teater, galeri seni, museum, jenis musik, jenis tarian, seni lain, dll Siswa menuliskan deskripsi pendek wilayah masing-masing sebagai Asian Capital of Culture dengan menggunakan informasi dari tabel tersebut Siswa menuliskan balasan dari Sheira untuk Admission Manager LIPA Siswa melengkapi formulir pendaftaran LIPA untuk Sheira berdasarkan informasi dalam task three |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membacakan deskripsi pendek yang ditulisnya di depan kelas Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman, 65, 66, 67, 68, 71, 82, 84, |
Material: VCD, kaset, poster | | ||
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Formulir pendaftaran suatu lembaga pendidikan untuk diisi berdasarkan teks informasi yang disediakan Gambar dan teks sebagai bahan informasi untuk mendeskripsikan tempat yang berkaitan dengan budaya dan seni | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Formulir pendaftaran suatu lembaga pendidikan untuk diisi berdasarkan teks informasi yang disediakan | Jawaban benar Tidak menjawab / Jawaban salah | 1 0 |
Gambar dan teks sebagai bahan informasi untuk mendeskripsikan tempat yang berkaitan dengan budaya dan seni | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, tanda, baca, kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment