BAHASA INGGRIS XI RPP31
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 31
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu mengidentifikasi jenis profesi berdasarkan teks profil Mampu menjawab pertanyaan terkait teks profil profesi Mampu mengidentifikasi dan menuliskan personal dan people skills dari teks profil ke dalam tabel Mampu mengidentifikasi CV dan memutuskan orang yang tepat untuk lowongan yang ada berdasarkan CV Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang lottery fever Mampu mengidentifikasi orang yang memberikan suatu pernyataan berdasarkan gambar |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks profil profesi dan daftar pertanyaan Instruksi dan tabel CV dua orang Teks dan daftar pertanyaan tentang lottery fever Gambar dan pernyataan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa berdiskusi mengenai sosok tertentu yang dianggap berhasil dalam profesi tertentu di Indonesia Siswa ditanyai tentang kualitas dan sifat yang bagaimana yang diperlukan dalam jenis profesi tertentu |
INTI | Siswa mengidentifikasi jenis profesi berdasarkan teks profil Siswa menjawab pertanyaan terkait teks profil profesi Siswa mengidentifikasi dan menuliskan personal dan people skills dari teks profil ke dalam tabel Siswa membaca CV dan mengidentifikasi orang yang tepat untuk lowongan yang ada berdasarkan CV Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait lottery fever Siswa mengidentifikasi orang yang memberikan suatu pernyataan berdasarkan gambar |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membaca beberapa CV dan memutuskan jenis profesi yang tepat bagi orang-orang tersebut |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 146, 147, 148, 149, 150, 151, 152, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Gambar dan daftar jenis profesi untuk dijodohkan Identifikasi people dan personal skills dalam suatu teks Teks tentang profil beberapa profesi untuk diidentifikasi nama / jenis profesinya Daftar pertanyaan terkait teks tentang profesi | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Gambar dan daftar jenis profesi untuk dijodohkan | Jawaban benar Jawaban salah / Tidak menjawab | 1 0 |
Identifikasi people dan personal skills dalam suatu teks | Jawaban benar dan lengkap Jawaban benar dan kurang lengkap Jawaban salah | 8-10 6-7 4-5 |
Teks tentang profil beberapa profesi untuk diidentifikasi nama / jenis profesinya | Jawaban benar Jawaban salah / tidak menjawab | 1 0 |
Daftar pertanyaan terkait teks tentang profesi | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment