Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 31



BAHASA INGGRIS XI RPP31
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 31


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu mengidentifikasi jenis profesi berdasarkan teks profil
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks profil profesi
Mampu mengidentifikasi dan menuliskan personal dan people skills dari teks profil ke dalam tabel
Mampu mengidentifikasi CV dan memutuskan orang yang tepat untuk lowongan yang ada berdasarkan CV
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang lottery fever
Mampu mengidentifikasi orang yang memberikan suatu pernyataan berdasarkan gambar
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks profil profesi dan daftar pertanyaan
Instruksi dan tabel
CV dua orang
Teks dan daftar pertanyaan tentang lottery fever
Gambar dan pernyataan


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa berdiskusi mengenai sosok tertentu yang dianggap berhasil dalam profesi tertentu di Indonesia
Siswa ditanyai tentang kualitas dan sifat yang bagaimana yang diperlukan dalam jenis profesi tertentu
INTI
Siswa mengidentifikasi jenis profesi berdasarkan teks profil
Siswa menjawab pertanyaan terkait teks profil profesi
Siswa mengidentifikasi dan menuliskan personal dan people skills dari teks profil ke dalam tabel
Siswa membaca CV dan mengidentifikasi orang yang tepat untuk lowongan yang ada berdasarkan CV
Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait lottery fever
Siswa mengidentifikasi orang yang memberikan suatu pernyataan berdasarkan gambar
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membaca beberapa CV dan memutuskan jenis profesi yang tepat bagi orang-orang tersebut


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 146, 147, 148, 149, 150, 151, 152,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Gambar dan daftar jenis profesi untuk dijodohkan
Identifikasi people dan personal skills dalam suatu teks
Teks tentang profil beberapa profesi untuk diidentifikasi nama / jenis profesinya
Daftar pertanyaan terkait teks tentang profesi
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar              : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Gambar dan daftar jenis profesi untuk dijodohkan
Jawaban benar
Jawaban salah / Tidak menjawab
1
0
Identifikasi people dan personal skills dalam suatu teks

Jawaban benar dan lengkap
Jawaban benar dan kurang lengkap
 Jawaban salah
8-10
6-7
4-5
Teks tentang profil beberapa profesi untuk diidentifikasi nama / jenis profesinya
Jawaban benar
Jawaban salah / tidak menjawab
1
0
Daftar pertanyaan terkait teks tentang profesi
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: