16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 4



BAHASA INGGRIS XII RPP4
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 4


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu mendesain satu brosur suatu produk
Mampu menuliskan ability masing-masing
Mampu mengubah kalimat rumit yang menyatakan ability dan disability ke dalam kalimat sederhana
Mampu mengidentifikasi dan menuliskan ekspresi asking for something, curiosity, complaint, command, admit mistakes, blame, accusing, promises dalam sebuah narrative
Mampu menulis sebuah narrative berdasarkan struktur yang benar dan mengandung ekspresi asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Instruksi dan contoh brosur
Instruksi, tabel tentang ability
Instruksi, contoh, dan daftar kalimat
Teks narrative dan daftar pertanyaan tentang ekspresi-ekspresi tersebut
Teks penjelasan tentang struktur narrative, instruksi, dan pokok-pokok yang harus ada dalam narrative tersebut


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa bertanya jawab tentang ability masing-masing
Siswa menceritakan pengalamannya waktu kecil pada teman
INTI
Siswa mencermati contoh brosur dan membuat sendiri satu brosur tentang suatu produk tertentu
Siswa menuliskan kalimat-kalimat berisi ungkapan ability ke dalam tabel yang sesuai
Siswa mengubah kalimat rumit yang menyatakan ability dan disability ke dalam kalimat sederhana dengan berdiskusi bersama teman
Siswa membaca teks narrative, mengidentifikasi dan kemudian menuliskan eskpresi asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising
Siswa menulis narrative-nya sendiri berdasarkan garis besar dan instruksi yang ditentukan soal
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membacakan narrative yang ditulisnya sendiri di depan kelas
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 15, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25

Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Isian tentang ungkapan ability dan disability
Daftar pertanyaan tertulis tentang isi dan struktur teks narrative (uraian)
Instruksi dan outline untuk menulis narrative
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Isian tentang ungkapan ability dan disability

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1
0
Daftar pertanyaan tertulis tentang isi dan struktur teks narrative (uraian)

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0
Instruksi dan outline untuk menulis narrative
Narrative sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Narrative tidak sesuai outline
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: