BAHASA INGGRIS XII RPP4
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 4
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu mendesain satu brosur suatu produk Mampu menuliskan ability masing-masing Mampu mengubah kalimat rumit yang menyatakan ability dan disability ke dalam kalimat sederhana Mampu mengidentifikasi dan menuliskan ekspresi asking for something, curiosity, complaint, command, admit mistakes, blame, accusing, promises dalam sebuah narrative Mampu menulis sebuah narrative berdasarkan struktur yang benar dan mengandung ekspresi asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi dan contoh brosur Instruksi, tabel tentang ability Instruksi, contoh, dan daftar kalimat Teks narrative dan daftar pertanyaan tentang ekspresi-ekspresi tersebut Teks penjelasan tentang struktur narrative, instruksi, dan pokok-pokok yang harus ada dalam narrative tersebut |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa bertanya jawab tentang ability masing-masing Siswa menceritakan pengalamannya waktu kecil pada teman |
INTI | Siswa mencermati contoh brosur dan membuat sendiri satu brosur tentang suatu produk tertentu Siswa menuliskan kalimat-kalimat berisi ungkapan ability ke dalam tabel yang sesuai Siswa mengubah kalimat rumit yang menyatakan ability dan disability ke dalam kalimat sederhana dengan berdiskusi bersama teman Siswa membaca teks narrative, mengidentifikasi dan kemudian menuliskan eskpresi asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising Siswa menulis narrative-nya sendiri berdasarkan garis besar dan instruksi yang ditentukan soal |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membacakan narrative yang ditulisnya sendiri di depan kelas Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 15, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25 |
Material: VCD, kaset, poster | | ||
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Isian tentang ungkapan ability dan disability Daftar pertanyaan tertulis tentang isi dan struktur teks narrative (uraian) Instruksi dan outline untuk menulis narrative | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Isian tentang ungkapan ability dan disability | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Daftar pertanyaan tertulis tentang isi dan struktur teks narrative (uraian) | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Instruksi dan outline untuk menulis narrative | Narrative sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Narrative tidak sesuai outline | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment