16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI Silabus 2



BAHASA INGGRIS XI SILABUS 2

                    Silabus


Sekolah                       : SMA...........
Kelas                           : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Semester                     : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7.     Memahami makna dalam  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
7.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih

7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel

·         Teks narrative tentang pesta mimpi buruk Gemma
-       How could my party have turned into such a disaster?
·         Teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories
-       He really loved cat stories, so he decided to have a closer look
-       Well, you’ve wasted money again!
-       My wife is going to be really pleased with me.









·         Teks narrative tentang pesta mimpi buruk Gemma
-       We can’t have a party without proper food. What will people think? It will be so embarrasing.
-       Who invited you? I don’t know you.
-       Get out of my house!
-       I’m sorry, but I didn’t invite any of these people.
·         Teks lisan percakapan yang mengandung ekspresi regret, advice, anger, annoyed dan daftar pertanyaan
-       Oh, I wish I hadn’t done it, but she just sounded so lovely. I just did what she asked
-       OK, you’d better phone your bank straight away and get them to block your account.
-       You idiot! You should have more sense! Why were you so stupid?

·         Siswa mendengarkan pembacaan teks  dan mengidentifikasi pernyataan sadness dalam teks narrative pesta mimpi buruk Gemma
·         Siswa mendengarkan pembacaan teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories dan mengidentifikasi ekspresi love, sadness, hope










·         Siswa mendengarkan pembacaan teks  dan mengidentifikasi pernyataan embarrassment, fear, annoyance, anger, shame dalam teks narrative pesta mimpi buruk Gemma
·         Siswa mendengarkan percakapan yang mengandung ungkapan anger dan annoyed dan mengidentifikasi ekspresi regret dan advice




·         Mampu mengidentifikasi pernyataan sadness dalam teks narrative pesta mimpi buruk Gemma
·         Mampu mengidentifikasi ekspresi love, sadness, hope dari teks spoof
















·         Mampu mengidentifikasi pernyataan embarrassment, fear, annoyance, anger, shame dalam teks narrative

·         Mampu mengidentifikasi ekspresi regret dan advice dari teks percakapan yang mengandung ungkapan anger dan annoyed


Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Isian singkat
·         Identifikasi teks











Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Isian singkat
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks












6 x 45 menit





















6 x 45 menit

a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan







a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan














Standar Kompetensi : Mendengarkan
8.     Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
8.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

























8.2  Merespon makna dalam teks  monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition

·         Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan teks lisan dan pertanyaan terkait teks tentang sejarah dan penderitaan selama perang
·         Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan teks lisan dan pertanyaan terkait teks tentang internet
·         Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan teks lisan dan pertanyaan terkait teks tentang profesi yang paling dan kurang dihormati di Inggris
·         Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan teks lisan dan pertanyaan terkait teks tentang uang dan perbankan
·         Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan teks lisan dan pertanyaan terkait teks tentang PBB



















·         Teks narrative tentang pesta mimpi buruk Gemma
·         Teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories
·         Teks hortatory exposition tentang pendidikan di Inggris bagi anak perempuan

·         Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang sejarah dan penderitaan selama perang
·         Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang internet
·         Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang profesi yang paling dan kurang dihormati di Inggris
·         Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang uang dan perbankan
·         Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang PBB








·         Siswa mendengarkan pembacaan teks narrative pesta mimpi buruk Gemma dan menjawab pertanyaan terkait teks
·         Siswa mendengarkan pembacaan teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa mendengarkan pembacaan teks hortatory exposition tentang pendidikan di Inggris bagi anak perempuan dan menjawab pertanyaan terkait
·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang sejarah dan penderitaan selama perang
·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedian berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan tetang internet dan mampu menjawab pertanyaan terkait teks
·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan tentang profesi yang paling dan kurang dihormati di Inggris dan mampu menjawab pertanyaan terkait teks
·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan tentang uang dan perbankan dan menjawab pertanyaan terkait


·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang PBB
·         Mampu menjawab pertanyaan tentang teks narrative pesta mimpi buruk Gemma
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories
·         Mampu menjawab pertanyaan tentang teks hortatory exposition tentang pendidikan di Inggris bagi anak perempuan


Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Isian singkat
·         Pilihan ganda
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks
































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Isian singkat
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks
4 x 45 menit


































4 x 45 menit
a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan
































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan


Standar Kompetensi : Berbicara
9.     Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
9.1.  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih


















































9.2.  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel


·         Daftar pertanyaan tentang sejarah
-       How much do you know about the history of your family?
-       How much do you know about the history of your neighbourhood?
-       How much do you know about the history of Indonesian national history?
-       How much do you know about world history?
·         Gambar dan daftar pertanyaan tentang anak-anak dalam masa perang
Look at the faces of the children. Do you think they are feeling happy?
·         Poster buatan siswa tentang safe surfing
·         Instruksi dan beberapa ide untuk berdiskusi
Work in a small group and discuss the good and bad points of using mobile phones. Try to use some of the following ideas as well as ideas of your own.
·         Daftar pertanyaan tentang undangan formal dan informal
·         Daftar tabel berisikan contoh ekspresi  menerima dan menolak request, meminta, memberi dan menolak permission, memberi, menerima, dan menolak offers
-       Would you mind ...?
No, not at all
I’m sorry, but
-       Would you mind if I ...?
No, not at all
Yes, I do
-       Would you like me to ...?
Yes, please
No, thank you
·         Daftar pertanyaan tentang profesi pilihan siswa di masa depan
-       What type of career would you like to have in the future?
-       Do you need to have special qualifications for this career?
-       Etc.
·         Daftar pertanyaan terkait bank dan uang
-       How many people in your family have bank accounts?
-       How many different banks can you find in the area where you live?
-       Etc.
·         Daftar pertanyaan terkait kredit
-       What do you know about ‘credit’?
-       Do you know anyone who uses credit?
-       Etc.
·         Daftar pertanyaan tentang hubungan internasional
-       What type of problems are there in the world at the moment?
-       Who is responsible for sorting out these problems?
-       Etc.
·         Daftar pertanyaan tentang Asia Tenggara
-       How many countries are there in Southeast Asia?
-       What are the names of these countries?
-       Etc.


·         Teks narrative tentang pesta Gemma
-       We can’t have a party without proper food. What will people think? It will be so embarrasing.
-       Who invited you? I don’t know you.
-       Get out of my house!
-       I’m sorry, but I didn’t invite any of these people.

·         Teks percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice
-       Oh, I wish I hadn’t done it, but she just sounded so lovely. I just did what she asked
-       OK, you’d better phone your bank straight away and get them to block your account.
-       You idiot! You should have more sense! Why were you so stupid?


·         Siswa memberikan pernyataan tentang sejarah keluarga, nasional dan dunia
·         Siswa memberikan pernyataan tentang gambar tertentu dan menyatakan kesedihan
·         Siswa menceritakan dan mendeskripsikan poster yang dibuat siswa tentang safe surfing
·         Siswa berdiskusi tentang sisi positif dan negatif menggunakan telepon seluler
·         Siswa menyatakan pendapat tentang undangan formal dan informal
·         Siswa membaca dan mempraktekkan berbagai ekspresi  menerima dan menolak request, meminta, memberi dan menolak permission, memberi, menerima, dan menolak offers
·         Siswa memberi pernyataan tentang karir pilihan siswa di masa depan
·         Siswa memberi pernyataan tentang bank dan uang berdasarkan daftar pertanyaan
·         Siswa memberi pernyataan tentang kredit berdasarkan daftar pertanyaan
·         Siswa memberikan pertanyaan terkait hubungan internasional berdasarkan daftar pertanyaan
·         Siswa memberikan pernyataan berdasarkan pertanyaan tentang Asia Tenggara
















































·         Siswa menyatakan ekspresi embarrassment, fear, annoyance, anger, shame dalam teks narrative pesta mimpi buruk Gemma
·         Siswa mempraktekkan percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice bersama teman


·         Mampu memberikan pernyataan tentang sejarah keluarga, nasional dan dunia
·         Mampu memberikan pernyataan tentang gambar tertentu
·         Mampu menyatakan kesedihan berdasarkan gambar
·         Mampu menceritakan dan mendeskripsikan poster yang dibuat siswa tentang safe surfing
·         Mampu mendiskusikan sisi positif dan negatif menggunakan telepon seluler
·         Mampu menyatakan pendapat tentang undangan formal dan informal
·         Mampu menyatakan, menerima dan menolak request, meminta, memberi dan menolak permission, memberi, menerima, dan menolak offer
·         Mampu memberi pernyataan tentang karir pilihan siswa di masa depan
·         Mampu memberi pernyataan tentang bank dan uang
·         Mampu memberi pernyataan tentang kredit
·         Mampu memberikan pernyataan terkait hubungan internasional
·         Mampu memberikan pernyataan tentang Asia Tenggara






















































·         Mampu memberikan pernyataan embarrassment, fear, annoyance, anger, shame, dan sadness dalam teks narrative pesta mimpi buruk Gemma
·         Mampu mempraktekkan percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice










Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks























































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks




















6 x 45 menit
































































































4  x 45 menit
a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan


















































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan







































Standar Kompetensi : Berbicara
10.   Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
10.1    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari























































10.2    Mengungkapkan makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition

·         Instruksi dan daftar situasi untuk membuat dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission
Work with a partner and make up dialogues using the following ideas and examples of requests, offers, and permission.
-       You’re shopping with a friend and you haven’t got enough money to buy something you want
-       You are in a friend’s house and the room is very hot
-       Etc.
·         Instruksi dan perbandingan tabel antar siswa
Now work with a partner and compare the professions you have chosen for the last task. Give reasons for your choices.
·         Instruksi dan tabel
Work with a partner and discuss the skills and qualities that you have written in the table. Add any other skills that you can think of to this table. Then, decide which of these skills you think you possess.
·         Contoh pengumuman tentang lowongan pekerjaan
·         Daftar pertanyaan tentang orang kaya dan cara menjadi kaya di Indonesia
-       How many people in Indonesia are really rich?
-       How do people get really rich in Indonesia?
-       Etc.
·         Daftar pertanyaan dalam format second conditional
-       What would you do if you had no money?
-       If you saw an injured animal, what would you do?
-       Etc.
·         Instruksi, contoh kalimat second conditional dan gambar
Now, work in a small group and follow these instructions carefully.
Person number one has to say a second conditional sentence. Person number two then has to say a second conditional sentence using an idea from the first sentence. Then, person number three uses an idea from the previous sentence and so on. Confused? Look at the examples below.
·         Teks dan daftar pertanyaan tentang UNICEF
·         Instruksi dan daftar pertanyaan tentang para pemimpin dunia
Continue working with your partner and discuss these questions.
-       If today’s world leaders were to meet, who would they be?
-       If these world leaders were to sing each other, what songs do you think they should sing?
·         Teks report dan daftar pertanyaan tentang Private Jessica Lynch





·         Teks narrative tentang pesta Gemma dan penjelasan tentang teks narrative
·         Teks contoh spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories dan penjelasan tentang spoof
·         Teks contoh dan penjelasan hortatory exposition tentang sistem pendidikan di Inggris bagi anak perempuan

·         Siswa membuat dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission dan mempraktekkannya sesuai instruksi
·         Siswa membandingkan hasil poling dengan teman sekelas dan hasil poling di Inggris tentang profesi yang paling dan kurang dihormati
·         Siswa mendiskusikan personal dan people skills di dalam tabel, menambahkannya, dan mengidentifikasi skills yang dimiliki siswa
·         Siswa mendiskusikan satu lowongan pekerjaan dengan teman
·         Siswa menyatakan pendapat tentang orang kaya dan cara menjadi kaya di Indonesia
·         Siswa bertanya jawab menggunakan kalimat second conditional
·         Siswa secara berpasangan menyatakan kalimat second conditional sesuai instruksi dan contoh
·         Siswa mendiskusikan pandangannya tentang isu-isu UNICEF
·         Siswa mendiskusikan pertanyaan tentang para pemimpin dunia
·         Siswa membaca dan mendiskusikan pertanyaan tentang Private Jessica Lynch






















































·         Siswa menceritakan kembali teks narrative pesta mimpi buruk Gemma dengan bahasa sendiri
·         Siswa mendiskusikan struktur dan isi dalam spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories
·         Siswa mendiskusikan struktur dan isi teks hortatory exposition tentang sistem pendidikan di Inggris bagi anak perempuan

·         Mampu menyusun dan mempraktekkan dialog menggunakan ungkapan terkait request, offers, dan permission dengan situasi tertentu dan juga menggunakan ide sendiri
·         Mampu memberikan alasan tentang profesi yang menurut siswa paling dan kurang dihormati di Indonesia
·         Mampu membandingkan hasil poling dengan teman sekelas dan hasil poling di Inggris tentang profesi yang paling dan kurang dihormati
·         Mampu mendiskusikan personal dan people skills di dalam tabel, menambahkannya, dan mengidentifikasi skills yang dimiliki siswa
·         Mampu mendiskusikan satu lowongan pekerjaan dengan teman
·         Mampu menyatakan pendapat tentang orang kaya dan cara menjadi kaya di Indonesia
·         Mampu bertanya jawab menggunakan kalimat second conditional
·         Mampu menyatakan kalimat second conditional sesuai instruksi dengan bantuan gambar
·         Mampu mendiskusikan pandangan tentang isu UNICEF dengan teman
·         Mampu mendiskusikan pertanyaan tentang para pemimpin dunia
·         Mampu mendiskusikan pertanyaan terkait report tentang Private Jessica Lynch


















































·         Mampu menceritakan kembali teks narrative pesta mimpi buruk Gemma dengan bahasa sendiri
·         Mampu mendiskusikan struktur dan isi dalam spoof
·         Mampu mendiskusikan struktur dan isi teks hortatory exposition

Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks
·         Teks dialog
·         Daftar situasi untuk membuat dialog
















































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Teks narrative
·         Teks spoof
·         Teks hortatory exposition
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks

3  x 45 menit
































































































8 x 45 menit

a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan


















































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Teks narrative, spoof, hortatory exposition
c.     Gambar-gambar yang relevan


Standar Kompetensi : Membaca
11.           Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk   narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan




















































         
         
         
         
         
         
         
         
         
         
         
         
         
         
         





























              11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk   narrative, spoof, dan hortatory exposition







·         Teks profil  dan gambar tokoh-tokoh dunia
·         Daftar pertanyaan terkait teks profil tokoh-tokoh dunia
·         Teks penjelasan tentang Past Simple dan Past Perfect, teks profil tokoh dan daftar pertanyaan terkait
·         Teks pendek dan gambar tentang genosida
·         Teks pendek dan gambar tentang peristiwa sejarah Indonesia
·         Teks tentang PD II dan teks penjelasan tentang kalimat aktif dan pasif
·         Teks rumpang dan pilihan jawaban tentang Tembok Berlin














·         Teks panduan dari ‘safekids.com’ dan ‘Internet Watch Foundation’ dan daftar pertanyaan terkait
·         Tabel berisikan tahun dan peristiwa penting dalam sejarah telepon
·         Teks tulis, pilihan jawaban tentang telepon seluler dan daftar pertanyaan terkait
·         Teks pendek dan daftar pertanyaan tentang SMS
·         Tabel singkatan SMS
·         Teks penjelasan dan contoh tentang undangan formal dan informal, cara menerima dan menolak undangan













·         Teks profil profesi dan daftar pertanyaan
·         Instruksi dan tabel
·         CV dua orang
·         Teks dan daftar pertanyaan tentang lottery fever
·         Gambar dan pernyataan
-       .... said, ‘If I was a millionaire, I’d buy all the toys in the world.’
-       ... said, ‘If I were a millionaire, I would resign from my job and start my own business.’
-       Etc.














·         Teks tertulis rumpang tentang uang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan terkait
·         Teks peringatan dan daftar pertanyaan terkait
·         Teks tertulis rumpang tentang kredit, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan terkait
·         Teks tertulis pendek dan daftar pertanyaan tentang kartu kredit
·         Daftar situasi dan kalimat yang menggunakan ‘wish
-       You need some money.
I wish I had enough money.
-       Your driver crashed the car.
I wish he’d ben more careful.
·         Daftar situasi dan kalimat yang mengandung advice
-       I need some money!
You should get a job!
-       My driver crashed the car.
You should get a better driver.







·         Teks acak dan daftar pertanyaan tentang UNICEF
·         Teks rumpang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan tentang ASEAN
·         Newspaper report dengan kesalahan cetak
·         Teks pendek dan daftar pertanyaan terkait direct dan indirect speech
·         Dialog dan dan daftar pertanyaan terkait direct dan indirect speech
·         Teks report dari BBC tentang cerita Private Jessica Lynch















·         Teks narrative tentang pesta Gemma dan daftar pertanyaan terkait
-       We can’t have a party without proper food. What will people think? It will be so embarrasing.
-       Who invited you? I don’t know you.
-       Get out of my house!
-       I’m sorry, but I didn’t invite any of these people.

·         Cerita berbentuk spoof dan teks penjelasan tentang spoof



·         Teks penjelasan dan contoh hortatory exposition tentang sistem pendidikan di Inggris bagi anak perempuan

·         Siswa mengidentifikasi tokoh dunia yang dimaksud dengan teks profil
·         Siswa menjawab pertanyaan terkait profil tokoh-tokoh dunia berdasarkan teks
·         Siswa membaca teks penjelasan tentang Past Simple dan Past Perfect
·         Siswa membaca teks profil dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa membaca teks pendek tentang genosida dan membahasnya dengan teman
·         Siswa membaca dan menjodohkan teks dan gambar
·         Siswa membaca teks penjelasan tentang kalimat aktif dan pasif dan mengidentifikasi kalimat pasif dalam teks tentang PD II
·         Siswa melengkapi teks rumpang tentang Tembok Berlin dengan pilihan jawaban tersedia



·         Siswa membaca teks panduan dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa menjodohkan tahun dengan kejadian penting dalam sejarah telepon
·         Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang telepon seluler dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa membaca teks pendek dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa melengkapi tabel singkatan SMS dengan pilihan jawaban
·         Siswa membaca teks penjelasan dan contoh tentang undangan formal dan informal, cara menerima dan menolak undangan






·         Siswa mengidentifikasi jenis profesi berdasarkan teks profil
·         Siswa menjawab pertanyaan terkait teks profil profesi
·         Siswa mengidentifikasi dan menuliskan personal dan people skills dari teks profil ke dalam tabel
·         Siswa membaca CV dan mengidentifikasi orang yang tepat untuk lowongan yang ada berdasarkan CV
·         Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait lottery fever
·         Siswa mengidentifikasi orang yang memberikan suatu pernyataan berdasarkan gambar







·         Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang uang
·         Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait peringatan dari bank pada para nasabahnya
·         Siswa membaca teks, melengkapi teks rumpang, dan menjawab pertanyaan terkait tentang kredit
·         Siswa membaca teks tentang kartu kredit dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa menjodohkan situasi dengan kalimat yang menggunakan ‘wish’
·         Siswa menjodohkan situasi dengan kalimat yang mengandung advice















·         Siswa membaca paragraf dan menempatkannya dalam urutan yang kronologis dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
·         Siswa membaca, mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan cetak dalam newspaper report
·         Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait direct dan indirect speech
·         Siswa membaca dialog dan menjawab pertanyaan terkait direct dan indirect speech
·         Siswa membaca dan mengidentifikasi kalimat reported speech dalam teks report






·         Siswa mengidentifikasi struktur dalam cerita / narrative
·         Siswa mengidentifikasi bagian cerita yang menyatakan embarrassment, fear, annoyance / irritation, anger, shame, dan sadness





·         Siswa mengidentifikasi struktur spoof




·         Siswa membaca teks penjelasan dan contoh hortatory exposition dan mengidentifikasi strukturnya

·         Mampu mengidentifikasi tokoh dunia yang dimaksud dengan teks profil
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait profil tokoh-tokoh dunia berdasarkan teks
·         Mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan Past Simple dan Past Perfect
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait profil tokoh berdasarkan teks
·         Mampu membahas teks pendek tentang genosida
·         Mampu mengidentifikasi teks dan gambar yang bersesuaian tentang peristiwa sejarah Indonesia
·         Mampu mengidentifikasi kalimat pasif dalam teks
·         Mampu melengkapi teks rumpang tentang Tembok Berlin dengan pilihan jawaban tersedia








·         Mampu menjawab pertanyaan tentang pedoman ber-internet dengan aman berdasarkan teks
·         Mampu menjodohkan tahun dengan kejadian penting dalam sejarah telepon
·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang telepon seluler dan menjawab pertanyaan terkait
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait dari teks pendek tentang SMS
·         Mampu mengidentifikasi dan menggunakan singkatan dalam SMS dalam bahasa Inggris
·         Mampu membedakan antara undangan formal dan informal, cara menerima dan menolak undangan




·         Mampu mengidentifikasi jenis profesi berdasarkan teks profil
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks profil profesi
·         Mampu mengidentifikasi dan menuliskan personal dan people skills dari teks profil ke dalam tabel
·         Mampu mengidentifikasi CV dan memutuskan orang yang tepat untuk lowongan yang ada berdasarkan CV
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang lottery fever
·         Mampu mengidentifikasi orang yang memberikan suatu pernyataan berdasarkan gambar









·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang uang
·         Mampu menjawab pertanyaan tentang peringatan dari bank pada para nasabahnya
·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban yang tersedia dan menjawab pertanyaan tentang kredit
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks pendek tentang kartu kredit
·         Mampu menjodohkan situasi dengan kalimat yang menggunakan ‘wish’
·         Mampu menjodohkan situasi dengan kalimat yang mengandung advice
















·         Mampu menempatkan paragraf dalam urutan yang kronologis dan menjawab pertanyaan terkait
·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
·         Mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan cetak dalam sebuah newspaper report
·         Mampu mengidentifikasi direct dan indirect speech dari sebuah teks pendek
·         Mampu mengidentifikasi direct dan indirect speech dari sebuah dialog
·         Mampu mengidentifikasi kalimat reported speech dalam sebuah report











·         Mampu mengidentifikasi struktur dalam cerita / narrative
·         Mampu mengidentifikasi bagian cerita yang menyatakan embarrassment, fear, annoyance / irritation, anger, shame, dan sadness dalam narrative





·         Mampu mengidentifikasi struktur spoof




·         Mampu mengidentifikasi struktur hortatory exposition






Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Pilihan ganda
·         Jawaban singkat
























































































































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Teks narrative, spoof, hortatory exposition
·         Uraian bebas
·         Pilihan ganda
·         Jawaban singkat






6 x 45 menit




































































































































































8 x 45 menit


a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Teks pendek
c.     Poster, banner, pamphlet
d.     Gambar-gambar yang relevan
e.     Internet, media cetak





















































































































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Teks narrative, spoof, hortatory exposition
c.     Internet, media cetak















Standar Kompetensi : Menulis
12.   Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
   12.1  Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari



















































































































12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk:  narrative, spoof, dan hortatory exposition

·         Nama-nama tokoh dunia dan gambarnya
-       Saddam Hussein
-       George Walker Bush
-       Osama bin Laden
-       Etc.
·         Instruksi untuk menuliskan salah satu profil tokoh dunia
The profiles in task F do not give you complete information about the people. Choose one of these people and discuss any other information you know about the person. Write your extra informationn on the following lines.
·         Instruksi dan teks penjelasan tentang Past Perfect
·         Instruksi dan tabel sejarah baik dan buruk di Indonesia
What events in Indonesian History do you think people should remember? Try to think of events that you think were good, as well as any events you don’t think were good. List these events in the chart below.
·         Daftar isian tentang kalimat aktif dan pasif
-       They grow rice in Indonesia.
Rice ... in Indonesia.
-       They ... BMW cars in Germany.
BMW cars are made in Germany.
·         Instruksi dan tabel
Now write five sentences of your own using both active and passive forms.
·         Daftar jawaban dalam kalimat pasif
-       The Berlin Wall was built in 1961.
-       The Berlin Wall was demolished in 1989.
-       Etc.
·         Daftar kalimat yang ada kesalahan di dalamnya
-       Were was this car maid?
-       The bank was robed by for men.
-       Etc.





·         Instruksi dan tabel (written and verbal communication)
Think about all the different ways that people communicate with each other. Make a note of these different ways in the boxes below.
·         Instruksi, gambar, teks panduan dari ‘safekids.com’ dan ‘Internet Watch Foundation’ dan contoh
·         Tabel singkatan dan instruksi tentang isi pesan SMS
·         Instruksi dan isi undangan
Write the words that you would use to express the following invitations.
-       You want to invite a friend to go to a shopping mall tomorrow.
-       You want to invite someone to go to the cinema with you.
-       Etc.
·         Instruksi dan dialog
The following dialogues are incorrect and not very polite. Correct each dialogue using examples of polite expressions.
A: Dad. I want to go out tonight.
B: You can’t.
Etc.



·         Instruksi dan tabel kosong tentang profesi yang paling dan kurang dihormati di Indonesia
·         Tabel dan instruksi
Take a poll as many of your classmates as possible. Follow the instructions below very carefully.
Etc.
·         Tabel dan teks tentang profesi yang paling dihormati di Inggris
·         Gambar dan tabel isian
-       Profession ......
-       Skills and qualities .....
·         Pengumuman tentang lowongan pekerjaan dan tabel
·         Instruksi dan contoh
Write your own curriculum vitae using the same format as the examples in task I.
·         Teks penjelasan tentang kalimat second conditional dan tabel berisi bagian-bagian kalimat










·         Instruksi, format surat balasan
Imagine you have received a letter (or an email) from either Mel or Alex, the university students mentioned in task B. the letter you have received gives you all the information about the cost of studying for a degree in Britain or Australia. It asks you to send a reply giving details of the cost of studying for a degree at an Indonesian university. Write a reply in the box below. Write in an informal style, using the ideas given.
·         Teks penjelasan tentang ekspresi regret dan advice dan daftar isian
-       I wish I hadn’t ..... the SMS.
-       You shouldn’t have answered the SMS.





·         Teks penjelasan, contoh, dan soal terkait direct dan reported speech
·         Daftar kalimat reported speech yang salah
-       Jenny asked to her father how much does he earn.
-       The teacher told to the students to get their books out.
-       Etc.
·         Teks report dari BBC tentang cerita Private Jessica Lynch dan kolom ‘who said what’






·         Teks narrative dan instruksi melanjutkan narrative









·         Teks penjelasan, contoh, dan instruksi menulis spoof





·         Teks penjelasan, contoh, dan instruksi untuk menulis hortatory exposition

·         Siswa menuliskan nama tokoh di bawah gambar yang tepat
·         Siswa menuliskan informasi ekstra tentang satu profil tokoh dunia
·         Siswa menuliskan kembali profil dari salah satu tokoh dunia menggunakan kalimat Past Perfect
·         Siswa menuliskan peristiwa sejarah yang baik dan buruk di Indonesia ke dalam tabel
·         Siswa melengkapi kalimat menggunakan bentuk aktif atau pasif
·         Siswa menuliskan kalimatnya sendiri menggunakan bentuk aktif dan pasif
·         Siswa menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk pasif berdasarkan jawaban yang ada
·         Siswa mengidentifikasi kesalahan dalam kalimat dan menuliskan kalimat yang benar
































·         Siswa menuliskan berbagai cara orang berkomunikasi ke dalam tabel written dan verbal communication
·         Siswa mendesain sebuah poster bertemakan safe surfing
·         Siswa menuliskan SMS dengan pesan tertentu menggunakan singkatan dalam bahasa Inggris
·         Siswa menulis kalimat undangan formal dan informal
·         Siswa menuliskan kembali dialog dalam ungkapan yang lebih sopan terkait request, permission, dan offer




















·         Siswa menuliskan profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel
·         Siswa melakukan poling dalam kelas dan menuliskan hasilnya tentang profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel dan memberikan nilai tertentu bagi profesi tertentu dengan posisi tertentu
·         Siswa melengkapi tabel tentang profesi yang paling dihormati di Inggris berdasarkan teks
·         Siswa menuliskan jenis profesi dan keahlian yang diperlukan berdasarkan gambar
·         Siswa menuliskan skills dan qualities yang ada dalam lowongan pekerjaan
·         Siswa menuliskan CV dengan format sesuai contoh
·         Siswa membuat dan menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk second conditional




·         Siswa menulis surat balasan informal tentang biaya kuliah di Indonesia
·         Siswa melengkapi kalimat dan membuat kalimat yang menggunakan ekspresi regret dan advice























·         Siswa membaca penjelasan dan mengubah kalimat soal dalam bentuk direct speech menjadi reported speech
·         Siswa membaca dan mengidentifikasi kesalahan kemudian menuliskan bentuk reported speech yang benar
·         Siswa membaca report dan mengisi kolom ‘who said what’ dengan kalimat direct speech berdasarkan report






·         Siswa menulis lanjutan cerita Gemma dengan struktur narrative yang tepat dan menggunakan pernyataan embarrassment, fear, annoyance / or irritation, anger, shame, dan sadness


·         Siswa menulis spoof dengan ide sendiri berdasarkan struktur yang tepat



·         Siswa membaca penjelasan dan menulis hortatory exposition sesuai instruksi

·         Mampu menuliskan nama tokoh di bawah gambar yang tepat
·         Mampu menuliskan informasi ekstra tentang satu profil tokoh dunia
·         Mampu menuliskan kembali profil dari salah satu tokoh dunia menggunakan kalimat Past Perfect
·         Mampu menuliskan peristiwa sejarah yang baik dan buruk di Indonesia
·         Mampu melengkapi kalimat menggunakan bentuk aktif atau pasif dengan benar
·         Mampu menuliskan kalimat aktif dan pasif
·         Mampu menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk pasif berdasarkan jawaban yang ada
·         Mampu mengidentifikasi kesalahan dan membetulkannya dalam kalimat



































·         Mampu menuliskan berbagai cara orang berkomunikasi
·         Mampu mendesain sebuah poster bertemakan safe surfing
·         Mampu menuliskan SMS menyampaikan pesan tertentu dengan menggunakan singkatan
·         Mampu menulis kalimat undangan formal dan informal
·         Mampu menuliskan kembali dialog dalam ungkapan yang lebih sopan terkait request, permission, dan offer






















·         Mampu menuliskan profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel
·         Mampu melakukan poling dan menuliskan hasilnya tentang profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel dan memberikan nilai tertentu bagi profesi tertentu dengan posisi tertentu
·         Mampu melengkapi tabel tentang profesi yang paling dihormati di Inggris berdasarkan teks
·         Mampu menuliskan jenis profesi dan keahlian yang diperlukan berdasarkan gambar
·         Mampu mengidentifikasi dan menuliskan skills dan qualities yang ada dalam lowongan pekerjaan
·         Mampu menuliskan CV dengan format sesuai contoh
·         Mampu membuat kalimat second conditional yang benar dengan ide dari tabel
·         Mampu membuat dan menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk second conditional



·         Mampu menulis surat balasan informal tentang biaya kuliah di Indonesia
·         Mampu melengkapi kalimat dan membuat kalimat yang menggunakan ekspresi regret dan advice
























·         Mampu mengubah direct speech menjadi reported speech
·         Mampu mengidentifikasi dan membetulkan kesalahan dalam kalimat reported speech
·         Mampu menuliskan kalimat direct speech darikalimat reported speech dalam teks













·         Mampu menulis narrative lanjutan cerita Gemma dengan struktur narrative yang tepat dan menggunakan pernyataan embarrassment, fear, annoyance / or irritation, anger, shame, dan sadness



·         Mampu menulis spoof dengan ide sendiri berdasarkan struktur yang tepat



·         Mampu menulis hortatory exposition




Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Poster
·         Banner
·         Pamphlet
·         Uraian bebas
·         Pilihan ganda
·         Jawaban singkat
















































































































































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Teks narrative, spoof, hortatory exposition
·         Uraian bebas
·         Jawaban singkat








6 x 45 menit































































































































































































4 x 45 menit

a.   Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.   Gambar-gambar / foto, poster, banner, pamphlet yang relevan
c.    Internet, media cetak
















































































































































































a.   Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis, 2008
b.   Teks narrative, spoof, hortatory exposition
c.    Internet, media cetak / elektronik




Mengetahui:
Kepala ....................................................                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran,





NIP                                                                                                                                                                                         NIP


No comments: