BAHASA INGGRIS XI RPP30
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 30
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu memberi pernyataan tentang karir pilihan siswa di masa depan Mampu memberikan alasan tentang profesi yang menurut siswa paling dan kurang dihormati di Indonesia Mampu membandingkan hasil poling dengan teman sekelas dan hasil poling di Inggris tentang profesi yang paling dan kurang dihormati Mampu mendiskusikan personal dan people skills di dalam tabel, menambahkannya, dan mengidentifikasi skills yang dimiliki siswa Mampu mendiskusikan satu lowongan pekerjaan dengan teman Mampu menyatakan pendapat tentang orang kaya dan cara menjadi kaya di Indonesia Mampu bertanya jawab menggunakan kalimat second conditional Mampu menyatakan kalimat second conditional sesuai instruksi dengan bantuan gambar |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan tentang profesi pilihan siswa di masa depan Instruksi dan perbandingan tabel antar siswa Instruksi dan tabel Contoh lowongan pekerjaan Daftar pertanyaan tentang orang kaya dan cara menjadi kaya di Indonesia Daftar pertanyaan dalam format second conditional Instruksi, contoh kalimat second conditional dan gambar |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa berdiskusi tentang profesi yang menjanjikan di Indonesia Siswa berdialog dengan tema “seandainya saya jad iorang kaya” |
INTI | Siswa memberi pernyataan tentang karir pilihan siswa di masa depan Siswa memberi alasan tentang profesi yang menurut siswa paling dan kurang dihormati di Indonesia Siswa membandingkan hasil poling dengan teman sekelas dan hasil poling di Inggris tentang profesi yang paling dan kurang dihormati Siswa mendiskusikan personal dan people skills di dalam tabel, menambahkannya, dan mengidentifikasi skills yang dimiliki siswa Siswa mendiskusikan satu lowongan pekerjaan dengan teman Siswa menyatakan pendapat tentang orang kaya dan cara menjadi kaya di Indonesia Siswa bertanya jawab menggunakan kalimat second conditional Siswa secara berpasangan menyatakan kalimat second conditional sesuai instruksi dan contoh |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa menyatakan hasil poling yang dilakukannya di depan kelas Siswa bekerja berpasangan / berkelompok untuk memperkuat / mengingatkan materi terkait |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 139, 142, 143, 148, 150, 154, 155 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
| Lingkungan | | |
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan menanyakan pendapat siswa dengan tema profesi Dialog tanpa teks menggunakan kalimat second conditional | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan lisan menanyakan pendapat siswa dengan tema profesi | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Dialog tanpa teks menggunakan kalimat second conditional | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment