16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 30


BAHASA INGGRIS XI RPP30
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 30


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu
Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu memberi pernyataan tentang karir pilihan siswa di masa depan
Mampu memberikan alasan tentang profesi yang menurut siswa paling dan kurang dihormati di Indonesia
Mampu membandingkan hasil poling dengan teman sekelas dan hasil poling di Inggris tentang profesi yang paling dan kurang dihormati
Mampu mendiskusikan personal dan people skills di dalam tabel, menambahkannya, dan mengidentifikasi skills yang dimiliki siswa
Mampu mendiskusikan satu lowongan pekerjaan dengan teman
Mampu menyatakan pendapat tentang orang kaya dan cara menjadi kaya di Indonesia
Mampu bertanya jawab menggunakan kalimat second conditional
Mampu menyatakan kalimat second conditional sesuai instruksi dengan bantuan gambar
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan tentang profesi pilihan siswa di masa depan
Instruksi dan perbandingan tabel antar siswa
Instruksi dan tabel
Contoh lowongan pekerjaan
Daftar pertanyaan tentang orang kaya dan cara menjadi kaya di Indonesia
Daftar pertanyaan dalam format second conditional
Instruksi, contoh kalimat second conditional dan gambar

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa berdiskusi tentang profesi yang menjanjikan di Indonesia
Siswa berdialog dengan tema “seandainya saya jad iorang kaya”
INTI
Siswa memberi pernyataan tentang karir pilihan siswa di masa depan
Siswa memberi alasan tentang profesi yang menurut siswa paling dan kurang dihormati di Indonesia
Siswa membandingkan hasil poling dengan teman sekelas dan hasil poling di Inggris tentang profesi yang paling dan kurang dihormati
Siswa mendiskusikan personal dan people skills di dalam tabel, menambahkannya, dan mengidentifikasi skills yang dimiliki siswa
Siswa mendiskusikan satu lowongan pekerjaan dengan teman
Siswa menyatakan pendapat tentang orang kaya dan cara menjadi kaya di Indonesia
Siswa bertanya jawab menggunakan kalimat second conditional
Siswa secara berpasangan menyatakan kalimat second conditional sesuai instruksi dan contoh
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa menyatakan hasil poling yang dilakukannya di depan kelas
Siswa bekerja berpasangan / berkelompok untuk memperkuat / mengingatkan materi terkait

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 139, 142, 143, 148, 150, 154, 155
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan

Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan lisan menanyakan pendapat siswa dengan tema profesi
Dialog tanpa teks menggunakan kalimat second conditional
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan lisan menanyakan pendapat siswa dengan tema profesi
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Dialog tanpa teks menggunakan kalimat second conditional
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: