BAHASA INGGRIS XII RPP18
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 18
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan tentang tempat tinggal siswa dan lingkungannya Mampu menyampaikan pendapat tentang dreaming of a new life Mampu bertanya jawab tentang prediksi populasi negara-negara Asia Tenggara berdasarkan informasi dalam tabel Mampu bertanya jawab tentang prediksi populasi Indonesia berdasarkan grafik Mampu mendiskusikan pertanyaan dalam kelompok berdasarkan teks discussion tentang Indonesian migrant workers Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan Mampu mempraktekkan dialog pendek yang mengandung ungkapan denial |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan tentang tempat tinggal siswa dan lingkungannya Daftar pertanyaan terkait dreaming of a new life Daftar pertanyaan, tabel dan informasi tentang populasi negara-negara Asia Tenggara Daftar pertanyaan, grafik prediksi populasi Indonesia Teks discussion tentang Indonesian migrant workers dan daftar pertanyaan untuk didiskusikan Teks dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi Teks dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan Teks dialog pendek yang mengandung ungkapan denial |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang persebaran penduduk di Indonesia Siswa berdiskusi tentang potensi Indonesia mengalami baby booming |
INTI | Siswa menjawab pertanyaan tentang tempat tinggal siswa dan lingkungannya Siswa menyampaikan pendapat terkait pertanyaan yang diajukan Siswa bertanya jawab dengan teman terkait prediksi populasi negara-negara Asia Tenggara berdasarkan informasi dalam tabel Siswa bertanya jawab dengan teman terkait prediksi populasi Indonesia Siswa membaca teks discussion dan mendiskusikan pertanyaan dalam kelompok kecil Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan Siswa secara berpasangan mempraktekkan dialog pendek yang mengandung ungkapan denial |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membuat dan mempraktekkan dialog sendiri yang mengandung ungkapan denial Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 87, 92, 95, 96, 97, 98, 100, 103, 107 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang masalah kependudukan Daftar pertanyaan tertulis tentang isi suatu text discussion Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan denial, complaining, giving order | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang masalah kependudukan | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Banyak kesalahan | 2 1 ½ |
Daftar pertanyaan tertulis tentang isi suatu text discussion | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Jawaban salah / Tidak menjawab | 2 1 0 |
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan denial, complaining, giving order | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog tidak lengkap / buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment