16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 18



BAHASA INGGRIS XII RPP18
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 18


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan tentang tempat tinggal siswa dan lingkungannya
Mampu menyampaikan pendapat tentang dreaming of a new life
Mampu bertanya jawab tentang prediksi populasi negara-negara Asia Tenggara berdasarkan informasi dalam tabel
Mampu bertanya jawab tentang prediksi populasi Indonesia berdasarkan grafik
Mampu mendiskusikan pertanyaan dalam kelompok berdasarkan teks discussion tentang Indonesian migrant workers
Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi
Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan
Mampu mempraktekkan dialog pendek yang mengandung ungkapan denial
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan tentang tempat tinggal siswa dan lingkungannya
Daftar pertanyaan terkait dreaming of a new life
Daftar pertanyaan, tabel dan informasi tentang populasi negara-negara Asia Tenggara
Daftar pertanyaan, grafik prediksi populasi Indonesia
Teks discussion tentang Indonesian migrant workers dan daftar pertanyaan untuk didiskusikan
Teks dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi
Teks dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan
Teks dialog pendek yang mengandung ungkapan denial


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang persebaran penduduk di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang potensi Indonesia mengalami baby booming
INTI
Siswa menjawab pertanyaan tentang tempat tinggal siswa dan lingkungannya
Siswa menyampaikan pendapat terkait pertanyaan yang diajukan
Siswa bertanya jawab dengan teman terkait prediksi populasi negara-negara Asia Tenggara berdasarkan informasi dalam tabel
Siswa bertanya jawab dengan teman terkait prediksi populasi Indonesia
Siswa membaca teks discussion dan mendiskusikan pertanyaan dalam kelompok kecil
Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi
Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial, complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan
Siswa secara berpasangan mempraktekkan dialog pendek yang mengandung ungkapan denial
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat dan mempraktekkan dialog sendiri yang mengandung ungkapan denial
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 87, 92, 95, 96, 97, 98, 100, 103, 107
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang masalah kependudukan
Daftar pertanyaan tertulis tentang isi suatu text discussion
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan denial, complaining, giving order
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang masalah kependudukan  
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Banyak kesalahan
2
1

½
Daftar pertanyaan tertulis tentang isi suatu text discussion

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Jawaban salah / Tidak menjawab
2
1

0
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan denial, complaining, giving order
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap / buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: