Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 20



BAHASA INGGRIS XI RPP20
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 20


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menuliskan poin-poin penting dari satu poster
Mampu menjawab pertanyaan terkait kesejahteraan di Indonesia dan Inggris
Mampu mendesain satu poster tentang cara-cara agar tetap sehat di Indonesia
Mampu mengidentifikasi dan menuliskan ungkapan menawarkan bantuan, menerima request, memberi saran dan peringatan dalam sebuah dialog
Mampu mengisi formulir klaim tunjangan pengangguran
Mampu menulis sebuah analytical exposition tentang imigrasi di Indonesia
Mampu mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan dari sebuah narrative
Mampu menjawab pertanyaan terkait boleh/ tidak boleh seseorang melakukan sesuatu dan memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu (let, make)
Mampu menulis sebuah report pendek tentang Nina
Mampu mengidentifikasi kalimat yang benar dan salah terkait verb make dan do
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Poster tentang saran kesehatan di Inggris
Daftar pertanyaan tentang kesejahteraan di Indonesia dan Inggris
Instruksi untuk membuat poster
Dialog antara adviser dan applicant di Jobcentre
Instruksi dan isian formulir
Contoh dan penjelasan tentang analytical exposition
Teks narrative tentang Nina dan pertanyaan terkait
Penjelasan struktur diperbolehkan/ tidak seseorang melakukan sesuatu dan memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu (let, make)
Instruksi dan isian formulir report
Instruksi dan daftar kalimat menggunakan verb make dan do


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang apa yang diperbolehkan dan tidak oleh orang tuanya
Siswa ditanyai tentang cara-cara menjaga kesehatan
INTI









Siswa menuliskan poin-poin penting dari satu poster
Siswa menjawab pertanyaan terkait kesejahteraan di Indonesia dan Inggris
Siswa mendesain satu poster tentang cara-cara agar tetap sehat di Indonesia
Siswa mengidentifikasi dan menuliskan ungkapan menawarkan bantuan, menerima request, memberi saran dan peringatan dalam sebuah dialog
Siswa mengisi formulir klaim tunjangan pengangguran
Siswa menulis sebuah analytical exposition tentang imigrasi di Indonesia
Siswa mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan dari sebuah narrative
Siswa menjawab pertanyaan terkait diperbolehkannya/ tidak seseorang melakukan sesuatu dan memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu (let, make)
Siswa menulis sebuah report pendek tentang Nina
Siswa mengidentifikasi kalimat yang benar dan salah terkait verb make dan do
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan menulis analytical exposition dan report
Siswa menulis narrative sendiri dengan tema bebas sesuai struktur


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 84, 85, 90, 91, 92, 94, 95, 96, 97, 98, 99
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Poster yang berkaitan dengan kesehatan / kesejahteraan dari media cetak / internet yang dipersiapkan pengajar untuk dideskripsikan dan diidentifikasi poin-poin pentingnya
Teks narrative dan daftar pertanyaan terkait
Daftar instruksi untuk membuat report pendek dari narrative tersebut
Daftar kalimat isian tentang penggunaan let dan make
Pasangan kalimat yang menggunakan make dan do untuk diidentifikasi benar-salah
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Poster yang berkaitan dengan kesehatan / kesejahteraan dari media cetak / internet yang dipersiapkan pengajar untuk dideskripsikan dan diidentifikasi poin-poin pentingnya
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, deskripsi kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5
Teks narrative dan daftar pertanyaan terkait
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0
Daftar instruksi untuk membuat report pendek dari narrative tersebut

Report sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Report buruk
8-10
6-7
4-5
Daftar kalimat isian tentang penggunaan let dan make

Jawaban benar
Jawaban salah
1
0


Pasangan kalimat yang menggunakan make dan do untuk diidentifikasi benar-salah
Jawaban benar
Jawaban salah
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: