BAHASA INGGRIS XI RPP20
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 20
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menuliskan poin-poin penting dari satu poster Mampu menjawab pertanyaan terkait kesejahteraan di Indonesia dan Inggris Mampu mendesain satu poster tentang cara-cara agar tetap sehat di Indonesia Mampu mengidentifikasi dan menuliskan ungkapan menawarkan bantuan, menerima request, memberi saran dan peringatan dalam sebuah dialog Mampu mengisi formulir klaim tunjangan pengangguran Mampu menulis sebuah analytical exposition tentang imigrasi di Indonesia Mampu mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan dari sebuah narrative Mampu menjawab pertanyaan terkait boleh/ tidak boleh seseorang melakukan sesuatu dan memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu (let, make) Mampu menulis sebuah report pendek tentang Nina Mampu mengidentifikasi kalimat yang benar dan salah terkait verb make dan do |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Poster tentang saran kesehatan di Inggris Daftar pertanyaan tentang kesejahteraan di Indonesia dan Inggris Instruksi untuk membuat poster Dialog antara adviser dan applicant di Jobcentre Instruksi dan isian formulir Contoh dan penjelasan tentang analytical exposition Teks narrative tentang Nina dan pertanyaan terkait Penjelasan struktur diperbolehkan/ tidak seseorang melakukan sesuatu dan memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu (let, make) Instruksi dan isian formulir report Instruksi dan daftar kalimat menggunakan verb make dan do |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang apa yang diperbolehkan dan tidak oleh orang tuanya Siswa ditanyai tentang cara-cara menjaga kesehatan |
INTI | Siswa menuliskan poin-poin penting dari satu poster Siswa menjawab pertanyaan terkait kesejahteraan di Indonesia dan Inggris Siswa mendesain satu poster tentang cara-cara agar tetap sehat di Indonesia Siswa mengidentifikasi dan menuliskan ungkapan menawarkan bantuan, menerima request, memberi saran dan peringatan dalam sebuah dialog Siswa mengisi formulir klaim tunjangan pengangguran Siswa menulis sebuah analytical exposition tentang imigrasi di Indonesia Siswa mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan dari sebuah narrative Siswa menjawab pertanyaan terkait diperbolehkannya/ tidak seseorang melakukan sesuatu dan memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu (let, make) Siswa menulis sebuah report pendek tentang Nina Siswa mengidentifikasi kalimat yang benar dan salah terkait verb make dan do |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan menulis analytical exposition dan report Siswa menulis narrative sendiri dengan tema bebas sesuai struktur |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 84, 85, 90, 91, 92, 94, 95, 96, 97, 98, 99 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Poster yang berkaitan dengan kesehatan / kesejahteraan dari media cetak / internet yang dipersiapkan pengajar untuk dideskripsikan dan diidentifikasi poin-poin pentingnya Teks narrative dan daftar pertanyaan terkait Daftar instruksi untuk membuat report pendek dari narrative tersebut Daftar kalimat isian tentang penggunaan let dan make Pasangan kalimat yang menggunakan make dan do untuk diidentifikasi benar-salah | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Poster yang berkaitan dengan kesehatan / kesejahteraan dari media cetak / internet yang dipersiapkan pengajar untuk dideskripsikan dan diidentifikasi poin-poin pentingnya | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, deskripsi kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Teks narrative dan daftar pertanyaan terkait | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Daftar instruksi untuk membuat report pendek dari narrative tersebut | Report sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Report buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Daftar kalimat isian tentang penggunaan let dan make | Jawaban benar Jawaban salah | 1 0 |
Pasangan kalimat yang menggunakan make dan do untuk diidentifikasi benar-salah | Jawaban benar Jawaban salah | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment