16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 21



BAHASA INGGRIS XI RPP21

UNIT 6                  HISTORY                                                                                                               (halaman 100 s.d 116)



RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 21


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks lisan fungsional pendek
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan teks lisan dan pertanyaan terkait teks tentang sejarah dan penderitaan selama perang

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang peristiwa bersejarah Indonesia
Siswa ditanyai tentang sejarah Perang Dunia II
INTI

Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam melengkapi teks rumpang dan kosakata sulit
Menyimpulkan materi
Kerja berpasangan atau berkelompok untuk memperkuat atau mengingatkan kembali materi terkait

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 101, 102, 103, 104, 110, 111, 112, 113,
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar              : Merespon makna teks lisan fungsional pendek
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: