16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 37



BAHASA INGGRIS XI RPP37
UNIT 10                                INTERNATIONAL RELATIONS                                                                       (halaman 176 s.d 186)
 
 



RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 37


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks lisan fungsional pendek
Merespon makna monolog dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang PBB
Mampu mengidentifikasi struktur / bagian dari hortatory exposition tentang pendidikan di Inggris bagi anak perempuan
Mampu menjawab pertanyaan tentang teks hortatory exposition tentang pendidikan di Inggris bagi anak perempuan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tertulis rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, dan daftar pertanyaan tentang PBB
Teks hortatory exposition tentang pendidikan di Inggris bagi anak perempuan


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang apa manfaat dan kegiatan organisasi PBB
Siswa berdiskusi tentang pendidikan bagi anak perempuan di Indonesia
INTI
Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa mendengarkan pembacaan teks hortatory exposition tentang pendidikan di Inggris bagi anak perempuan dan mengidentifikasi struktur / bagian-bagiannya
Siswa mendengarkan pembacaan teks hortatory exposition tentang pendidikan di Inggris bagi anak perempuan dan menjawab pertanyaan terkait
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 177, 178, 179, 188
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan tentang hubungan internasional
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Daftar pertanyaan tentang satu teks lisan bentuk hortatory exposition
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna teks lisan fungsional pendek, Merespon makna monolog dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan tentang hubungan internasional

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Daftar pertanyaan tentang satu teks lisan bentuk hortatory exposition
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0


Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: