16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 8


BAHASA INGGRIS XII RPP 8
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 8


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks deskripsi berdasarkan gambar
Mampu menulis deskripsi tentang telepon dan telepon seluler berdasarkan gambar
Mampu menyusun huruf-huruf acak menjadi satu nama penemuan
Mampu menuliskan pendapat tentang penemuan terbaik dan terburuk bagi manusia
Mampu menuliskan upaya untuk menghentikan penyebaran HIV/AIDS di Indonesia dengan bantuan informasi dalam teks explanation
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Gambar, deskripsi rumpang, dan pilihan isian
Gambar, pokok-pokok ide untuk menulis deskripsi
Instruksi dan daftar soal
Instruksi, gambar, dan pertanyaan
Instruksi dan tabel


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang perkembangan alat transportasi
Siswa berdiskusi tentang perkembangan alat komunikasis
INTI
Siswa melengkapi deskripsi berdasarkan gambar dengan pilihan jawaban tersedia tentang alat-alat transportasi
Siswa menulis tentang telepon dan telepon seluler berdasarkan gambar dan pokok-pokok ide yang diberikan
Siswa menyusun huruf-huruf acak menjadi satu nama penemuan
Siswa bekerja dalam kelompok dan mendiskusikan penemuan terbaik dan terburuk bagi manusia kemudian menuliskan pendapat mereka
Siswa bekerja dalam kelompok dan mendiskusikan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan orang untuk menghentikan penyebaran HIV/AIDS di Indonesia dengan bantuan informasi dari teks explanation
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa menyampaikan di depan kelas tindakan apa yang harus dilakukan untuk menghentikan penyebaran HIV/AIDS
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 29, 30, 31, 32, 38
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks rumpang tentang perkembangan teknologi komunikasi / medis
Daftar pertanyaan tentang suatu teks explanation
Gambar dan instruksi untuk menulis deskripsi tentang sesuatu
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks rumpang tentang perkembangan teknologi komunikasi / medis
Jawaban benar
Jawaban salah / tidak menjawab
1
0
Daftar pertanyaan tentang suatu teks explanation (uraian)

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0
Gambar dan instruksi untuk menulis deskripsi tentang sesuatu
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: