Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 4


BAHASA INGGRIS XI RPP4
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 4


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dalam bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis report berdasarkan struktur report
Mampu menuliskan kalimat yang sesuai berdasarkan poster
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan peta dan teks
Mampu menulis weather report dengan bantuan gambar/ poster
Mampu menuliskan petunjuk arah berdasarkan peta
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks, gambar, dan poster tentang geografi dan cuaca
Teks tentang penjelasan struktur report
Peta kota dan keterangannya

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang cara menulis report
Siswa ditanyai tentang weather report yang mereka ketahui
Siswa ditanyai tentang cara membaca peta dan menuliskan petunjuk arah
INTI
Siswa mempelajari struktur report dan mencoba menulis satu report
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan peta, teks, dan poster
Siswa menulis weather report
Siswa menuliskan petunjuk arah berdasarkan peta
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai mengenai kesulitan dalam menulis report (weather report)
Siswa ditanyai mengenai kesulitan memberikan petunjuk arah berdasarkan peta
Siswa ditanyai mengenai kosakata sukar

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21
 √
Material: VCD, kaset, poster

 √
Media cetak dan elektronik

 √
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
 √
Presentasi


Diskusi kelompok

 √
Inquari


PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
 √
Tes Tertulis
 √
Observasi Kinerja / Demonstrasi
 √
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Peta, gambar, poster tentang geografi dan cuaca
Report tentang geografi dan cuaca / Daftar pertanyaan tentang teks yang berkaitan dengan geografi dan cuaca
Peta kota untuk bahan soal memberikan petunjuk arah secara tertulis
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan tentang peta, gambar, poster tentang geografi dan cuaca (uraian)
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Daftar pertanyaan terkait report tentang geografi dan cuaca (uraian) / Daftar pertanyaan tentang teks yang berkaitan dengan geografi dan cuaca
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0
Peta kota untuk bahan soal memberikan petunjuk arah secara tertulis
Petunjuk sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Petunjuk buruk
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: