BAHASA INGGRIS XI RPP4
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 4
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
| KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dalam bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
| INDIKATOR | Mampu menulis report berdasarkan struktur report Mampu menuliskan kalimat yang sesuai berdasarkan poster Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan peta dan teks Mampu menulis weather report dengan bantuan gambar/ poster Mampu menuliskan petunjuk arah berdasarkan peta |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks, gambar, dan poster tentang geografi dan cuaca Teks tentang penjelasan struktur report Peta kota dan keterangannya |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang cara menulis report Siswa ditanyai tentang weather report yang mereka ketahui Siswa ditanyai tentang cara membaca peta dan menuliskan petunjuk arah |
| INTI | Siswa mempelajari struktur report dan mencoba menulis satu report Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan peta, teks, dan poster Siswa menulis weather report Siswa menuliskan petunjuk arah berdasarkan peta |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai mengenai kesulitan dalam menulis report (weather report) Siswa ditanyai mengenai kesulitan memberikan petunjuk arah berdasarkan peta Siswa ditanyai mengenai kosakata sukar |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| √ | Media cetak dan elektronik | | |
| √ | Website internet | | |
| | Narasumber | | |
| | Model peraga | | |
| | Lingkungan | | |
| Metode | √ | Presentasi | |
| | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| | Pengukuran Sikap | |
| | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Peta, gambar, poster tentang geografi dan cuaca Report tentang geografi dan cuaca / Daftar pertanyaan tentang teks yang berkaitan dengan geografi dan cuaca Peta kota untuk bahan soal memberikan petunjuk arah secara tertulis | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Pertanyaan tentang peta, gambar, poster tentang geografi dan cuaca (uraian) | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
| Daftar pertanyaan terkait report tentang geografi dan cuaca (uraian) / Daftar pertanyaan tentang teks yang berkaitan dengan geografi dan cuaca | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
| Peta kota untuk bahan soal memberikan petunjuk arah secara tertulis | Petunjuk sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Petunjuk buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:


No comments:
Post a Comment