BAHASA INGGRIS XII RPP3
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 3
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esei berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek Mampu menjawab pertanyaan terkait tabel tentang nilai tukar mata uang dunia Mampu menjodohkan lambang dan angka mata uang dengan cara membacanya Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek Mampu menjawab pertanyaan terkait brosur tentang furniture Mampu melengkapi kalimat yang menyatakan ability dan disability Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks tulis pendek Mampu mengurutkan paragraf acak menjadi sebuah cerita (narrative) yang kronologis |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tertulis pendek tentang mata uang, daftar pertanyaan Tabel tentang nilai tukar mata uang dunia, daftar pertanyaan Tabel nilai, lambang dan cara membaca mata uang Teks tulis rumpang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang Indonesian furniture Brosur tentang furniture dan daftar pertanyaan Teks penjelasan dan daftar isian tentang ungkapan yang menyatakan ability dan disability Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang Plain English Campaign Paragraf-paragraf yang disusun secara acak dari sebuah narrative |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang berbagai jenis mata uang dan asal negaranya Siswa berdiskusi tentang kampanye pemilu di Indonesia |
INTI | Siswa membaca teks tertulis pendek tentang mata uang dan menjawab pertanyaan terkait teks Siswa membaca tabel tentang nilai tukar mata uang dunia dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca tabel dan menjodohkan nilai dan nama mata uang dengan cara membacanya Siswa membaca teks dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks Siswa membaca teks pendek dan menjawab pertanyaan tentang Indonesian furniture dengan mendiskusikannya bersama teman Siswa membaca brosur tentang furniture dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca teks penjelasan dan melengkapi kalimat tentang ungkapan yang menyatakan ability dan disability Siswa membaca teks Plain English Campaign dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca paragraf dan menyusunnya menjadi satu cerita yang kronologis |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa bertanya jawab tentang nama, lambang mata uang, cara membacanya dan asal negaranya Siswa mendiskusikan isi satu teks narrative Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 18, 19, 21, 22, 23, 24, |
Material: VCD, kaset, poster | | ||
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek (uraian) Isian tentang ungkapan yang menyatakan ability dan disability Paragraf-paragraf narrative acak untuk diurutkan Daftar pertanyaan tertulis terkait teks narrative (uraian) | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Isian tentang ungkapan yang menyatakan ability dan disability | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Paragraf-paragraf narrative acak untuk diurutkan | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks narrative | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment