16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RP3



BAHASA INGGRIS XII RPP3
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 3


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan  teks tulis esei berbentuk   narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek
Mampu menjawab pertanyaan terkait tabel tentang nilai tukar mata uang dunia
Mampu menjodohkan lambang dan angka mata uang dengan cara membacanya
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek
Mampu menjawab pertanyaan terkait brosur tentang furniture
Mampu melengkapi kalimat yang menyatakan ability dan disability
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks tulis pendek
Mampu mengurutkan paragraf acak menjadi sebuah cerita (narrative) yang kronologis
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tertulis pendek tentang mata uang, daftar pertanyaan
Tabel tentang nilai tukar mata uang dunia, daftar pertanyaan
Tabel nilai, lambang dan cara membaca mata uang
Teks tulis rumpang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan
Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang Indonesian furniture
Brosur tentang furniture dan daftar pertanyaan
Teks penjelasan dan daftar isian tentang ungkapan yang menyatakan ability dan disability
Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang Plain English Campaign
Paragraf-paragraf yang disusun secara acak dari sebuah narrative


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang berbagai jenis mata uang dan asal negaranya
Siswa berdiskusi tentang kampanye pemilu di Indonesia
INTI
Siswa membaca teks tertulis pendek tentang mata uang dan menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa membaca tabel tentang nilai tukar mata uang dunia dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca tabel dan menjodohkan nilai dan nama mata uang dengan cara membacanya
Siswa membaca teks dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa membaca teks pendek dan menjawab pertanyaan tentang Indonesian furniture dengan mendiskusikannya bersama teman
Siswa membaca brosur tentang furniture dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca teks penjelasan dan melengkapi kalimat tentang ungkapan yang menyatakan ability dan disability
Siswa membaca teks Plain English Campaign dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca paragraf dan menyusunnya menjadi satu cerita yang kronologis

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa bertanya jawab tentang nama, lambang mata uang, cara membacanya dan asal negaranya
Siswa mendiskusikan isi satu teks narrative
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 18, 19, 21, 22, 23, 24,

Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek (uraian)
Isian tentang ungkapan yang menyatakan ability dan disability
Paragraf-paragraf narrative acak untuk diurutkan
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks narrative (uraian)
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Isian tentang ungkapan yang menyatakan ability dan disability
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Paragraf-paragraf narrative acak untuk diurutkan
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks narrative
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: