Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 34



BAHASA INGGRIS XI RPP34
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 34


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed
Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan
Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu memberi pernyataan tentang bank dan uang
Mampu memberi pernyataan tentang kredit
Mampu mempraktekkan percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice
Mampu mendiskusikan struktur dan isi dalam spoof
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan terkait bank dan uang
Daftar pertanyaan terkait kredit
Teks percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice
Teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa berdiskusi tentang kebiasaannya menabung uang di bank
Siswa berdiskusi tentang manfaat kartu kredit
INTI
Siswa memberi pernyataan tentang bank dan uang berdasarkan daftar pertanyaan
Siswa memberi pernyataan tentang kredit berdasarkan daftar pertanyaan
Siswa mempraktekkan percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice bersama teman
Siswa mendiskusikan struktur dan isi dalam spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice bersama teman
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 157, 163,
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan

Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang pendapat siswa dengan tema uang dan perbankan
Teks spoof untuk diceritakan kembali secara lisan dengan bahasa sendiri
Peragaan dialog tanpa teks yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness, Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed, Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan, Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan lisan tentang pendapat siswa dengan tema uang dan perbankan
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Teks spoof untuk diceritakan kembali secara lisan dengan bahasa sendiri
Penceritaan lengkap, pengucapan dan ekspresi sempurna
Penceritaan kurang lengkap, pengucapan dan ekspresi kurang sempurna
Penceritaan buruk
8-10
6-7

4-5
Peragaan dialog tanpa teks yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: