BAHASA INGGRIS XI RPP34
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 34
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu memberi pernyataan tentang bank dan uang Mampu memberi pernyataan tentang kredit Mampu mempraktekkan percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice Mampu mendiskusikan struktur dan isi dalam spoof |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan terkait bank dan uang Daftar pertanyaan terkait kredit Teks percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice Teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa berdiskusi tentang kebiasaannya menabung uang di bank Siswa berdiskusi tentang manfaat kartu kredit |
INTI | Siswa memberi pernyataan tentang bank dan uang berdasarkan daftar pertanyaan Siswa memberi pernyataan tentang kredit berdasarkan daftar pertanyaan Siswa mempraktekkan percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice bersama teman Siswa mendiskusikan struktur dan isi dalam spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membuat percakapan yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice bersama teman Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 157, 163, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
Media cetak dan elektronik | | ||
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang pendapat siswa dengan tema uang dan perbankan Teks spoof untuk diceritakan kembali secara lisan dengan bahasa sendiri Peragaan dialog tanpa teks yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness, Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed, Menyatakan makna teks fungsional pendek dengan bahasa lisan, Menyatakan makna esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan lisan tentang pendapat siswa dengan tema uang dan perbankan | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Teks spoof untuk diceritakan kembali secara lisan dengan bahasa sendiri | Penceritaan lengkap, pengucapan dan ekspresi sempurna Penceritaan kurang lengkap, pengucapan dan ekspresi kurang sempurna Penceritaan buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Peragaan dialog tanpa teks yang mengandung ungkapan anger, annoyed, ekspresi regret dan advice | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment