Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI Silabus 1



BAHASA INGGRIS XI SILABUS 1

                                                                                      Silabus
Sekolah                       : SMA...........
Kelas                           : XI ( Sebelas )
Mata Pelajaran           : BAHASA INGGRIS
Semester                     : 1 (Satu)
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
·         Teks narrative tentang Tara berlibur di London yang mengandung ungkapan menyampaikan pendapat dan peryataan puas / tidak puas
-       Oooh, these are good! I’m really happy with the way they’ve turned out!
-       Oh, yuk! These photos are horrible.
-       I’m really annoyed.
-       Etc.





·         Dialog antara penasehat dan pelamar di Jobcentre
-       Can I help you?
-       Certainly. The first thing you need to do is have a short interview.
-       Etc.

·         Cerita / narrative tentang Nina
-       Ouch! That really hurts!
-       Oh, that’s a relief!
-       I’m so glad to hear that!
-       Etc.
·         Siswa mendengarkan pembacaan teks narrative dan mengidentifikasi ungkapan menyampaikan pendapat dan peryataan puas / tidak puas











·         Siswa mengidentifikasi ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request dari sebuah dialog



·         Siswa mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita

·         Mampu mengidentifikasi peryataan menyampaikan pendapat dalam teks narrative
·         Mampu mengidentifikasi peryataan puas / tidak puas dalam teks narrative









·         Mampu mengidentifikasi ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request dari sebuah dialog

·         Mampu mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita



Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks









Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks


6 x 45 menit


















6 X 45 menit











a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan









a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan



Standar Kompetensi  : Mendengarkan
2.     Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  reports, narrative, dan analytical  exposition dalam konteks  kehidupan sehari-hari.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek  resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.












2.2   Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
·         Teks tulis dan lisan tentang geografi dan daftar pertanyaan
·         Teks, rekaman tentang bumi dan pertanyaan terkait
·         Teks tulis (rumpang) dan lisan tentang budaya
·         Teks tulis (rumpang) dan lisan tentang tari
·         Teks lisan dan teks rumpang tentang agriculture beserta pertanyaan terkait
·         Teks lisan dan teks rumpang tentang perikanan
·         Dialog tulis dan lisan tentang peternakan
·         Teks rumpang tentang sistem kesejahteraan Inggris dengan pilihan jawaban tersedia dan teks lisan, serta daftar pertanyaan terkait


·         Monolog lisan tentang cuaca
·         Teks tulis dan lisan ABC Asia Pasific weather report dan daftar pertanyaan
·         Teks dan rekaman monolog narrative tentang peristiwa gempa bumi dan pertanyaan terkait
·         Teks, ilustrasi gambar, dan rekaman dari BBC news report
·         Teks penjelasan dan contoh teks analytical exposition
·         Siswa mendengarkan teks lisan tentang geografi untuk melengkapi teks dan menjawab pertanyaan
·         Siswa mendengarkan teks lisan tentang bumi untuk melengkapi teks dan menjawab pertanyaan
·         Siswa mendengarkan teks lisan tentang budaya untuk melengkapi teks dan menjawab pertanyaan
·         Siswa mendengarkan teks lisan tentang tari untuk melengkapi teks dan menjawab pertanyaan








·         Siswa mendengarkan monolog lisan tentang cuaca untuk melengkapi teks menjawab pertanyaan
·         Siswa mendengarkan teks lisan ABC Pasific weather report untuk melengkapi teks menjawab pertanyaan
·         Siswa mendengarkan monolog narrative dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa mendengarkan teks monolog report dan melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa membaca teks penjelasan dan contoh teks analytical exposition kemudian mengidentifikasi strukturnya
·         Mampu melengkapi teks rumpang dari teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait
·         Mampu mengecek jawaban dalam mengidentifikasi kesalahan dialog dengan dialog yang diperdengarkan
















·         Mampu melengkapi teks rumpang dari monolog report dan menjawab pertanyaan terkait
·         Mampu mengisi teks rumpang berdasarkan teks monolog narrative yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait
·         Mampu melengkapi teks rumpang dari monolog report dan menjawab pertanyaan terkait
·         Mampu mengidentifikasi bagian-bagian dalam teks analytical exposition



Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Isian teks rumpang
·         Pertanyaan terkait teks

















Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Isian teks rumpang
·         Pertanyaan terkait teks















4  x 45 menit

























6 x 45 menit



a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan













a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan




Standar Kompetensi  : Berbicara
3.     Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
         



































3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure



·         Teks dan gambar tentang geografi
·         Peta gempa bumi yang terjadi tahun 2005 dan daftar pertanyaan terkait untuk diskusi
-       In the first few months of 2005, which region of the world had the most number of earthquakes?
-       Why do you think there were so many earthquakes in this region?
·         Teks tertulis dan daftar pertanyaan untuk diskusi berkaitan tentang hal-hal yang dilakukan saat gempa bumi terjadi
·         Poster dan daftar pertanyaan untuk bahan diskusi tentang budaya
-       What do you think the word ‘culture’ means?
-       Some countries in the world are called ‘multicultural’. What do you think this means?
·         Teks penjelasan tentang cara menyampaikan kepuasan dan ketidakpuasan
-       I’m delighted with this.
-       I’m very pleased with it.
-       I’m not satisfied with these.
-       I’m unhappy with this.
-       Etc.
·         Teks penjelasan tentang cara menanyakan dan menyatakan pendapat
-        What do you think?
-       I think they look good
-       Etc.
·         Daftar pertanyaan tentang agriculture dan perikanan sebagai bahan diskusi
-       Are there any type of farms in the area where you live?
-       If so, what is grown on these farms?
-       Etc.
·         Daftar pertanyaan tentang kesejahteraan dan pekerjaan di Indonesia untuk diskusi
-       How many poor families do you think there are in Indonesia?
-       What do you think happens to these families?
-       Etc.


·         Teks dan gambar tentang cuaca
·         Gambar dari GlobalImage tentang tsunami Aceh untuk bahan diskusi dan pemberian saran
·         Teks percakapan tentang liburan di London yang di dalamnya terdapat verbs of perception dan pernyataan pleasure feeling
Syasi: So, how did you enjoy your holiday in London?
Tara: It was great. London is such a beautiful city.
Etc.
·         Dialog tertulis dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
-       Can I help you?
-       Certainly. The first thing you need to do is have a short interview.
-       Etc.

·         Cerita / narrative tentang Nina
-       Ouch! That really hurts!
-       Oh, that’s a relief!
-       I’m so glad to hear that!
-       Etc.

·         Siswa melakukan dialog / diskusi mengenai geografi dan menyatakan pendapat mereka
·         Siswa berdiskusi (saling  menanyakan dan menyatakan pendapat) tentang pertanyaan terkait peta gempa bumi dunia tahun 2005
·         Siswa membaca teks tentang hal-hal yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi dan mendiskusikan pertanyaan terkait
·         Siswa berdiskusi tentang penggolongan bencana
·         Siswa mencermati poster dan bertanya jawab menanyakan pendapat
·         Siswa mencermati penjelasan tentang cara menyampaikan kepuasan dan ketidakpuasan dan berlatih secara lisan
·         Siswa mencermati penjelasan tentang cara menanyakan dan menyatakan pendapat dan berlatih secara lisan
·         Siswa menanyakan dan menyatakan pendapat tentang agriculture dan perikanan











































·         Siswa memberikan saran pada teman yang akan mengunjungi negara di hemisfer utara pada saat musim dingin / panas
·         Siswa memberikan saran berdasarkan gambar dari GlobalImage
·         Siswa melakukan percakapan sesuai naskah dialog yang mengandung ungkapan pleasure feeling
·         Siswa mempraktekkan dialog dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
·         Siswa mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita dan berlatih menyatakannya
·         Mampu menyatakan dan menanyakan pendapat
·         Mampu menyatakan kepuasan / ketidakpuasan








































































·         Mampu memberikan saran
·         Mengidentifikasi dan menyatakan pleasure feeling
·         Mampu melakukan dialog dengan menggunakan ungkapan menawarkan bantuan, memberi saran, peringatan, menerima request
·         Mampu mengidentifikasi ungkapan pain, relief, dan pleasure feeling dalam sebuah cerita dan menyatakannya


Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Dialog untuk diperagakan
·         Instruksi membuat dan melakukan dialog tertentu


































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Dialog untuk diperagakan
·         Instruksi membuat dan melakukan dialog tertentu





1.     the birthdate

6 x 45 menit












































































6  x 45 menit




a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan



































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan


Standar Kompetensi  : Berbicara
4.     Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
4.1 . Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek  resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari













4.2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan  menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
·         Teks tertulis dan daftar pertanyaan untuk diskusi berkaitan tentang hal-hal yang dilakukan saat gempa bumi terjadi
·         Teks percakapan tentang liburan di London
Syasi: So, how did you enjoy your holiday in London?
Tara: It was great. London is such a beautiful city.
Etc.
·         Teks dialog tentang pertanian
John: Hello, Mr Marsh. Have you decided what you’ll do with the money you got from the ministry?
Mr Marsh: Yes, I have. I’ll use part of the money to buy some sheeps and I’ll buy some deers with the rest of the money.
Etc.


·         Cerita / narrative tentang Nina
·         Daftar ide tentang akhir cerita Nina
-       Mr Allen phoned a welfare organisation and told them about the problem.
-       The welfare organisation talked to Nina and her parents.
-       Etc.
·         Siswa membaca teks tentang hal-hal yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi dan mendiskusikan pertanyaan terkait
·         Siswa melakukan percakapan sesuai naskah dialog
·         Siswa melakukan percakapan sesuai naskah dialog tentang pertanian


















·         Siswa mendiskusikan akhir cerita (narrative) Nina dengan bantuan beberapa ide
·         Mampu melakukan percakapan / diskusi berdasarkan informasi tertulis yang diberikan tentang gempa bumi
·         Melakukan percakapan berdasarkan naskah dialog
·         Mampu mempraktekkan dialog tentang pertanian


















·         Mampu mendiskusikan akhir cerita (narrative) Nina dengan bantuan beberapa ide






Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Dialog untuk diperagakan
·         Instruksi membuat dan melakukan dialog tertentu



















Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Teks narrative sebagai bahan kajian



4  x 45  menit





























8 x 45 menit
a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis, 2008
b.     Script percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan
d.     Internet, media cetak


















a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script  / teks narrative
c.     Gambar-gambar yang relevan
d.     Internet, media cetak

Standar Kompetensi  : Membaca
5.  Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
5.1. Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari






5.2. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition















·         Peta, gambar dan poster tentang geografi dan cuaca
·         Teks, poster dan pertanyaan terkait peringatan gempa bumi
·         Potongan dialog dan poster / gambar yang melibatkan ungkapan future
Joe: Have you decided what you’re going to do after graduating from senior high school?
Ani: Yes, ................
Etc.
·         Poster tentang saran agar tetap sehat yang dikeluarkan pemerintah Inggris


·         Teks report dari National Geographic Society
·         Penjelasan materi tentang report
·         Teks/ esai pendek tentang geografi dan cuaca
·         Daftar kosakata dan sinonimnya
·         Daftar pertanyaan tentang penunjukan (reference) dalam teks
·         Teks rumpang dan pilihan jawaban terkait bencana alam
·         Teks rumpang dari BBC news report dan pilihan jawaban serta pertanyaan terkait
·         Penjelasan tentang beberapa tenses dan teks beserta pertanyaan terkait
-       Present Simple
-       Present Continuous
-       Present Perfect
-       Past Simple
-       Future
·         Teks tentang peringatan akan tsunami
·         Teks rumpang dan pilihan jawaban beserta daftar pertanyaan tentang tari
·         Teks dan gambar dan isian tentang pola kalimat preference
-       I prefer dancing rather than painting
-       My sister prefers painting to dancing
-       My parents would prefer to dance rather than sing
-        
·         Dialog dan chart penjelasan beserta latihan tentang kalimat untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu menggunakan adjectives
·         Teks narrative dan penjelasan tentang narrative, ungkapan pleasure feeling dan kepuasan (satisfaction) dan ketidakpuasan (dissatisfaction)
-       I’m delighted with this.
-       I’m very pleased with it.
-       I’m not satisfied with these.
-       I’m unhappy with this.
-       Etc.

·         Teks tertulis dan daftar pertanyaan tentang pertanian di Indonesia
·         Teks tertulis rumpang dan daftar pertanyaan tentang perikanan
·         Paragraf-paragraf yang urutannya belum kronologis
·         Teks penjelasan dan contoh tentang cara dalam mengungkapkan future (will, be going to, will + have + past participle)
-       I’m going to have to take some samples
-       I will come with you to look at them
-       It will have infected all your animals by the time we get the test results back
·         Dialog yang melibatkan ungkapan future
John: Hello, Mr Marsh. Have you decided what you’ll do with the money you got from the ministry?
Mr Marsh: Yes, I have. I’ll use part of the money to buy some sheeps and I’ll buy some deers with the rest of the money.
Etc.

·         Teks report dari sebuah surat kabar tentang imigran gelap ke Inggris
·         Teks rumpang, pilihan jawaban dan daftar pertanyaan terkait tentang santunan negara bagi pengangguran di Inggris
·         Dialog rumpang antara penasehat dan pelamar santunan pengangguran di Jobcentre
·         Contoh dan penjelasan tentang analytical exposition
·         Teks cerita (narrative) tentang Nina dan daftar pertanyaan
·         Siswa mencermati peta, gambar, dan poster, dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang diberikan
·         Siswa membaca teks dan poster tentang gempa bumi dan menjawab pertanyaan
·         Siswa melengkapi dialog penggunaan ungkapan future dengan bantuan poster / gambar
·         Siswa mendeskripsikan isi poster tentang saran agar tetap sehat






·         Siswa membaca teks report dan penjelasan tentang report dan menjawab pertanyaan yang terkait
·         Siswa membaca teks/ esai pendek tentang geografi dan cuaca dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan dan pelatihan terkait
·         Siswa membaca teks report dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa membaca penjelasan tentang tenses dan menyelesaikan pelatihan terkait
·         Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban dan menyelesaikan pertanyaan terkait
·         Siswa membaca dan melengkapi isian pola kalimat preference
·         Siswa membaca dialog dan chart penjelasan tentang kalimat untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu menggunakan adjectives dan mengerjakan latihan soal terkait
·         Siswa membaca teks narrative dan mengidentifikasi ungkapan pleasure feeling dan kepuasan (satisfaction) dan ketidakpuasan (dissatisfaction) dalam narrative
·         Siswa membaca penjelasan tentang narrative dan mengidentifikasi bagian-bagiannya
·         Siswa membaca teks tertulis pendek dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa membaca dan mengurutkan paragraf dalam urutan yang kronologis
·         Siswa membaca teks penjelasan dan contoh tentang cara dalam mengungkapkan future (will, be going to, will + have + past participle)
·         Siswa mengidentifikasi kesalahan penggunaan ungkapan future dalam dialog tertulis
·         Siswa membaca dan menjawab pertanyaan terkait report dari sebuah surat kabar tentang imigran gelap ke Inggris
·         Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait
·         Siswa melengkapi dialog antara penasehat dan pelamar santunan pengangguran di Jobcentre
·         Siswa membaca contoh dan penjelasan tentang analytical exposition dan mengidentifikasi unsur-unsurnya (struktur) dalam contoh
·         Siswa membaca teks narrative dan menjawab pertanyaan terkait
·         Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan informasi pada peta, gambar, poster tentang geografi dan cuaca
·         Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan poster
·         Mampu melengkapi dialog penggunaan ungkapan future dengan bantuan poster / gambar
·         Mampu mendeskripsikan isi poster tentang saran agar tetap sehat




·         Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan informasi pada teks tertulis / esai pendek tentang geografi dan cuaca
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tulis fungsional pendek
·         Mampu menyelesaikan pertanyaan terkait kosakata
·         Mampu melengkapi teks rumpang bentuk report dengan pilihan jawaban
·         Mampu mengisi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang tari dan menjawab pertanyaan terkait
·         Mampu menuliskan pola kalimat preference
·         Mampu melengkapi dan membuat kalimat untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu menggunakan adjectives
·         Mampu mengidentifikasi ungkapan pleasure feeling dan kepuasan (satisfaction) dan ketidakpuasan (dissatisfaction) dalam satu teks narrative
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek
·         Mampu melengkapi teks tulis rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
·         Mampu mengatur paragraf-paragraf report dalam urutan yang benar
·         Mampu membaca dialog dan menjawab pertanyaan terkait dialog
·         Mampu menggunakan berbagai cara dalam mengungkapkan future (will, be going to, will + have + past participle)
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks report
·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait
·         Mampu melengkapi dialog
·         Mampu mengidentifikasi unsur-unsur (struktur) dalam analytical exposition
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait sebuah cerita (teks narrative)














Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Poster, banner, pamphlet untuk dikaji











Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Teks narrative
·         Teks analytical exposition
·         Teks report
·         Uraian bebas
·         Pilihan ganda
·         Jawaban singkat


















































 6 x 45
menit




















4 x 45 menit




































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Poster, banner, pamphlet  yang relevan
c.     Internet, media cetak











a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Script  / teks narrative, chart grammar
c.     Gambar-gambar yang relevan

















Standar Kompetensi  : Menulis
6.  Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk  report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
6.1.  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-har






































6.2.  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam  esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition


·         Teks, gambar, dan poster tentang geografi dan cuaca
  • Peta kota dan keterangannya
  • Poster dan pertanyaan tentang tindakan saat gempa bumi terjadi
  • Foto/ gambar tentang gempa bumi
  • Poster yang merepresentasikan suatu daerah di Indonesia
  • Gambar-gambar berbagai macam tari
  • Gambar / poster tentang pertanian di Indonesia
  • Instruksi dan contoh untuk membuat poster
Design a poster which gives people the main facts about the danger of over fishing. Suggest that they eat fish imported from Indonesia. Use some ideas below.
  • Gambar acak bertemakan pertanian
  • Poster tentang saran kesehatan di Inggris
  • Instruksi untuk membuat poster
Design a small poster about how to stay healthy in Indonesia.






























·         Teks tentang penjelasan struktur report
·         Teks tentang tindakan saat gempa bumi sebagai dasar menuliskan pengumuman
·         Anagram EARTHQUAKE
·         Teks penjelasan dan soal latihan tentang penggunaan kata sifat dalam kalimat
·         Sinonim dari kata sifat
·         Teks penjelasan tentang narrative dan contohnya
·         Antonim dari kata sifat
·         Daftar pertanyaan tentang perikanan
-       Are there any areas of water near to where you live?
-       If so, are they sea water or fresh water areas?
-       Etc.
·         Instruksi dan situasi untuk membuat dialog dalam berbagai ungkapan future
-       Imagine that you’ve received a letter a few minutes ago with acheque for Rp300.000.000. Tell a friend about the letter and the money. Make up a dialogue using ‘will.’
-       Etc.  
·         Daftar pertanyaan tentang kesejahteraan di Indonesia dan Inggris
-       How much does it cost for children to be educated in Indonesia?
-       How do poor families manage to pay for this?
-       Etc.
·         Dialog antara adviser dan applicant di Jobcentre
·         Instruksi dan isian formulir
Imagine that you have gone to a Jobcentre in Britain. You want to apply for a Jobseeker’s Allowance. First, complete the following claim form for the allowance.
·         Contoh dan penjelasan tentang analytical exposition
·         Teks narrative tentang Nina dan pertanyaan terkait
·         Penjelasan struktur diperbolehkan/ tidak seseorang melakukan sesuatu dan memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu (let, make)
-       They let her go shopping
-       They made her go shopping
·         Instruksi dan isian formulir report
Imagine that you are Mr Allen, Nina’s head of year at school. You have to write a short report about what Nina told you and about what you did. Write this short report. Include in your report what you think will happen to Nina in the future.
·         Instruksi dan daftar kalimat menggunakan verb make dan do
Look at the following pairs of sentences. Put a tick at the end of the correct sentence and a cross at the end of the incorrect sentence.

·         Siswa menuliskan kalimat yang sesuai berdasarkan poster
·         Siswa menuliskan petunjuk arah berdasarkan peta
·         Siswa menerangkan poster tindakan saat gempa bumi dengan bahasa tulis
·         Siswa mencermati dan menuliskan apa yang mereka lihat dalam gambar/ foto tentang gempa bumi
·         Siswa mendesain poster dan menggambarkannya secara tertulis
·         Siswa menuliskan deskripsi pendek tentang berbagai macam tari dalam gambar
·         Siswa menulis paragraf pendek tentang tipe pertanian di Indonesia dengan bantuan gambar / poster
·         Siswa mendesain satu poster tentang bahaya penangkapan ikan secara berlebihan
·         Siswa mengurutkan gambar acak dan mendeskripsikannya
·         Siswa menuliskan poin-poin penting dari satu poster
·         Siswa mendesain satu poster tentang cara-cara agar tetap sehat di Indonesia

























·         Siswa mempelajari struktur report dan mencoba menulis satu report
·         Siswa menuliskan pengumuman tindakan yang dilakukan pada saat terjadi gempa bumi
·         Siswa menuliskan kata dan kalimat dari anagram EARTHQUAKE
·         Siswa menuliskan report tentang kunjungan ke tempat gempa bumi terjadi
·         Siswa menuliskan beberapa kata sifat dalam urutan yang tepat dalam sebuah kalimat
·         Siswa membuat kalimat sendiri menggunakan kata sifat dan juga sinonimnya
·         Siswa menulis cerita pendek (narrative) berdasarkan outline yang diberikan
·         Siswa menuliskan antonim dari kata sifat dan menerapkannya dalam kalimat
·         Siswa menuliskan pendapat tentang perikanan berdasarkan pertanyaan panduan
·         Siswa menulis dialog dengan berbagai ungkapan future berdasarkan situasi yang diberikan
·         Siswa menjawab pertanyaan terkait kesejahteraan di Indonesia dan Inggris
·         Siswa mengidentifikasi dan menuliskan ungkapan menawarkan bantuan, menerima request, memberi saran dan peringatan dalam sebuah dialog
·         Siswa mengisi formulir klaim tunjangan pengangguran
·         Siswa menulis sebuah analytical exposition tentang imigrasi di Indonesia
·         Siswa mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan dari sebuah narrative
·         Siswa menjawab pertanyaan terkait diperbolehkannya/ tidak seseorang melakukan sesuatu dan memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu (let, make)
·         Siswa menulis sebuah report pendek tentang Nina
·         Siswa mengidentifikasi kalimat yang benar dan salah terkait verb make dan do
·         Mampu menuliskan kalimat yang sesuai berdasarkan poster
·         Mampu menulis weather report dengan bantuan gambar/ poster
·         Mampu menuliskan petunjuk arah berdasarkan peta
·         Mampu menerjemahkan poster tindakan saat gempa bumi dalam bahasa tertulis
·         Mampu menerjemahkan gambar tentang gempa bumi dalam bahasa tulis
·         Mampu mendesain poster dan menggambarkannya secara tertulis
·         Mampu menuliskan deskripsi pendek tentang berbagai macam tari dalam gambar
·         Mampu menulis paragraf pendek tentang tipe pertanian di Indonesia dengan bantuan gambar / poster
·         Mampu mendesain satu poster tentang bahaya penangkapan ikan secara berlebihan
·         Mampu mengurutkan gambar acak dan mendeskripsikannya
·         Mampu menuliskan poin-poin penting dari satu poster
·         Mampu mendesain satu poster tentang cara-cara agar tetap sehat di Indonesia
















·         Mampu menulis report berdasarkan struktur report
·         Mampu menulis pengumuman tentang tindakan yang dilakukan pada saat terjadi gempa bumi
·         Mampu membuat kata dan menuliskan kalimat baru dari anagram EARTHQUAKE
·         Mampu menuliskan report tentang kunjungan ke tempat gempa bumi terjadi
·         Mampu menuliskan beberapa kata sifat dalam urutan yang tepat dalam sebuah kalimat
·         Mampu membuat kalimat sendiri menggunakan kata sifat dan juga sinonimnya
·         Mampu menulis cerita pendek (narrative) berdasarkan outline yang diberikan
·         Mampu menuliskan antonim dari kata sifat dan menerapkannya dalam kalimat
·         Mampu menuliskan pendapat tentang perikanan berdasarkan pertanyaan panduan
·         Mampu menulis dialog dengan berbagai ungkapan future berdasarkan situasi yang diberikan
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait kesejahteraan di Indonesia dan Inggris
·         Mampu mengidentifikasi dan menuliskan ungkapan menawarkan bantuan, menerima request, memberi saran dan peringatan dalam sebuah dialog
·         Mampu mengisi formulir klaim tunjangan pengangguran
·         Mampu menulis sebuah analytical exposition tentang imigrasi di Indonesia
·         Mampu mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan dari sebuah narrative
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait boleh/ tidak boleh seseorang melakukan sesuatu dan memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu (let, make)
·         Mampu menulis sebuah report pendek tentang Nina
·         Mampu mengidentifikasi kalimat yang benar dan salah terkait verb make dan do



Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Poster
·         Banner
·         Pamphlet
·         Uraian bebas
·         Pilihan ganda
·         Jawaban singkat




















































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Teks narrative, report, analytical exposition
·         Uraian bebas
·         Jawaban singkat




6 x 45 menit































































 6 x 45 menit























a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.     Gambar-gambar / foto, poster, banner, pamphlet yang relevan
c.     Internet, media cetak





















































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis, 2008
b.     Teks report, narrative, analytical exposition
c.     Internet, media cetak / elektronik



..........................................., ...................................
Mengetahui:
Kepala ....................................................                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran,






NIP                                                                                                                                                                                         NIP

No comments: