BAHASA INGGRIS XII RPP14
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 14
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan tentang musik dan keseharian siswa dengan musik Mampu menyatakan pendapat terkait informasi dari sebuah newspaper report Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure Mampu membuat dialog antara Liam Lynch dan Ringo Starr dengan menggunakan ungkapan pleasure dan satisfaction Mampu mendiskusikan makna lagu ‘Can’t buy me love’ |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Daftar pertanyaan tentang musik dan keseharian siswa dengan musik Daftar pertanyaan dan informasi dari sebuah newspaper report tentang mengunduh lagu dari internet Teks dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure Instruksi dan informasi tentang Liam Lynch dan Ringo Starr Instruksi dan teks lagu ‘Can’t buy me love’ |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang kebiasaannya mengunduh lagu dari internet Siswa berdiskusi tentang lagu favorit mereka dan maknanya |
INTI | Siswa menjawab pertanyaan tentang musik dan keseharian siswa dengan musik Siswa mendiskusikan pertanyaan terkait informasi dari sebuah newspaper report tentang mengunduh lagu dari internet Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure Siswa membaca informasi tentang Liam Lynch dan Ringo Starr dan membuat dialog antara dua orang tersebut dengan menggunakan ungkapan pleasure dan satisfaction Siswa mendengarkan lagu ‘Can’t buy me love’ dan mendiskusikan makna lagu tersebut |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 76, 77, 78, 80, 82, 85 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang ungkapan satisfaction/ pleasure dan dissatisfaction/ displeasure siswa terhadap suatu isu Daftar pertanyaan tertulis tentang makna satu teks lagu yang diperdengarkan Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan satisfaction/ pleasure dan dissatisfaction/ displeasure | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang ungkapan satisfaction/ pleasure dan dissatisfaction/ displeasure siswa terhadap suatu isu | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Banyak kesalahan | 2 1 ½ |
Daftar pertanyaan tertulis tentang makna satu teks lagu yang diperdengarkan | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Jawaban salah / Tidak menjawab | 2 1 0 |
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan satisfaction/ pleasure dan dissatisfaction/ displeasure | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog tidak lengkap / buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment