16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 14

BAHASA INGGRIS XII RPP14
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 14


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan tentang musik dan keseharian siswa dengan musik
Mampu menyatakan pendapat terkait informasi dari sebuah newspaper report
Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
Mampu membuat dialog antara Liam Lynch dan Ringo Starr dengan menggunakan ungkapan pleasure dan satisfaction
Mampu mendiskusikan makna lagu ‘Can’t buy me love’
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan tentang musik dan keseharian siswa dengan musik
Daftar pertanyaan dan informasi dari sebuah newspaper report tentang mengunduh lagu dari internet
Teks dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
Instruksi dan informasi tentang Liam Lynch dan Ringo Starr
Instruksi dan teks lagu ‘Can’t buy me love’


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang kebiasaannya mengunduh lagu dari internet
Siswa berdiskusi tentang lagu favorit mereka dan maknanya
INTI
Siswa menjawab pertanyaan tentang musik dan keseharian siswa dengan musik
Siswa mendiskusikan pertanyaan terkait informasi dari sebuah newspaper report tentang mengunduh lagu dari internet
Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
Siswa membaca informasi tentang Liam Lynch dan Ringo Starr dan membuat dialog antara dua orang tersebut dengan menggunakan ungkapan pleasure dan satisfaction
Siswa mendengarkan lagu ‘Can’t buy me love’ dan mendiskusikan makna lagu tersebut
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 76, 77, 78, 80, 82, 85
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang ungkapan satisfaction/ pleasure dan dissatisfaction/ displeasure siswa terhadap suatu isu
Daftar pertanyaan tertulis tentang makna satu teks lagu yang diperdengarkan
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan satisfaction/ pleasure dan dissatisfaction/ displeasure
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang ungkapan satisfaction/ pleasure dan dissatisfaction/ displeasure siswa terhadap suatu isu  
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Banyak kesalahan
2
1

½
Daftar pertanyaan tertulis tentang makna satu teks lagu yang diperdengarkan

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Jawaban salah / Tidak menjawab
2
1

0
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan satisfaction/ pleasure dan dissatisfaction/ displeasure
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap / buruk
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:



No comments: