BAHASA INGGRIS XI RPP27
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 27
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan tentang pedoman ber-internet dengan aman berdasarkan teks Mampu menjodohkan tahun dengan kejadian penting dalam sejarah telepon Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang telepon seluler dan menjawab pertanyaan terkait Mampu menjawab pertanyaan terkait dari teks pendek tentang SMS Mampu mengidentifikasi dan menggunakan singkatan dalam SMS dalam bahasa Inggris Mampu membedakan antara undangan formal dan informal, cara menerima dan menolak undangan Mampu mengidentifikasi struktur dalam cerita / narrative Mampu mengidentifikasi bagian cerita yang menyatakan embarrassment, fear, annoyance / irritation, anger, shame, dan sadness dalam narrative |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks panduan dari ‘safekids.com’ dan ‘Internet Watch Foundation’ dan daftar pertanyaan terkait Tabel berisikan tahun dan peristiwa penting dalam sejarah telepon Teks tulis, pilihan jawaban tentang telepon seluler dan daftar pertanyaan terkait Teks pendek dan daftar pertanyaan tentang SMS Tabel singkatan SMS Teks penjelasan dan contoh tentang undangan formal dan informal, cara menerima dan menolak undangan Teks narrative tentang pesta Gemma dan daftar pertanyaan terkait |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang sejarah dan penemu telepon Siswa ditanyai tentang kebiasaannya menggunakan jasa SMS |
INTI | Siswa membaca teks panduan dan menjawab pertanyaan terkait Siswa menjodohkan tahun dengan kejadian penting dalam sejarah telepon Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang telepon seluler dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca teks pendek dan menjawab pertanyaan terkait Siswa melengkapi tabel singkatan SMS dengan pilihan jawaban Siswa membaca teks penjelasan dan contoh tentang undangan formal dan informal, cara menerima dan menolak undangan Siswa membaca teks narrative tentang pesta Gemma Siswa mengidentifikasi struktur dalam cerita / narrative Siswa mengidentifikasi bagian cerita yang menyatakan embarrassment, fear, annoyance / irritation, anger, shame, dan sadness |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa mendiskusikan isi cerita (teks narrative) Siswa bekerja berpasangan / berkelompok untuk memperkuat atau mengingatkan materi terkait |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 124, 125, 126, 127, 128, 129, 130, 132, 133, 134, 135 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
| Lingkungan | | |
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan terkait teks tertulis tentang internet (uraian) Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia Teks narrative untuk diidentifikasi strukturnya Daftar pertanyaan tentang singkatan SMS | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan terkait teks tertulis tentang internet (uraian) | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia | Jawaban benar Tidak menjawab / Jawaban salah | 1 0 |
Teks narrative untuk diidentifikasi strukturnya | Jawaban benar sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Jawaban salah | 8-10 6-7 4-5 |
Daftar pertanyaan tentang singkatan SMS | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment