16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 27



BAHASA INGGRIS XI RPP27
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 27


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan tentang pedoman ber-internet dengan aman berdasarkan teks
Mampu menjodohkan tahun dengan kejadian penting dalam sejarah telepon
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang telepon seluler dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu menjawab pertanyaan terkait dari teks pendek tentang SMS
Mampu mengidentifikasi dan menggunakan singkatan dalam SMS dalam bahasa Inggris
Mampu membedakan antara undangan formal dan informal, cara menerima dan menolak undangan
Mampu mengidentifikasi struktur dalam cerita / narrative
Mampu mengidentifikasi bagian cerita yang menyatakan embarrassment, fear, annoyance / irritation, anger, shame, dan sadness dalam narrative
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks panduan dari ‘safekids.com’ dan ‘Internet Watch Foundation’ dan daftar pertanyaan terkait
Tabel berisikan tahun dan peristiwa penting dalam sejarah telepon
Teks tulis, pilihan jawaban tentang telepon seluler dan daftar pertanyaan terkait
Teks pendek dan daftar pertanyaan tentang SMS
Tabel singkatan SMS
Teks penjelasan dan contoh tentang undangan formal dan informal, cara menerima dan menolak undangan
Teks narrative tentang pesta Gemma dan daftar pertanyaan terkait


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang sejarah dan penemu telepon
Siswa ditanyai tentang kebiasaannya menggunakan jasa SMS
INTI
Siswa membaca teks panduan dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa menjodohkan tahun dengan kejadian penting dalam sejarah telepon
Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang telepon seluler dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca teks pendek dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa melengkapi tabel singkatan SMS dengan pilihan jawaban
Siswa membaca teks penjelasan dan contoh tentang undangan formal dan informal, cara menerima dan menolak undangan
Siswa membaca teks narrative tentang pesta Gemma
Siswa mengidentifikasi struktur dalam cerita / narrative
Siswa mengidentifikasi bagian cerita yang menyatakan embarrassment, fear, annoyance / irritation, anger, shame, dan sadness
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa mendiskusikan isi cerita (teks narrative)
Siswa bekerja berpasangan / berkelompok untuk memperkuat atau mengingatkan materi terkait


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 124, 125, 126, 127, 128, 129, 130, 132, 133, 134, 135
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan terkait teks tertulis tentang internet (uraian)
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia
Teks narrative untuk diidentifikasi strukturnya
Daftar pertanyaan tentang singkatan SMS
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                    : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan terkait teks tertulis tentang internet (uraian)

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia
Jawaban benar
Tidak menjawab / Jawaban salah
1
0
Teks narrative untuk diidentifikasi strukturnya

Jawaban benar sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Jawaban salah
8-10
6-7

4-5
Daftar pertanyaan tentang singkatan SMS
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0


Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: