16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 36



BAHASA INGGRIS XI RPP36
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 36


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis surat balasan informal tentang biaya kuliah di Indonesia
Mampu melengkapi kalimat dan membuat kalimat yang menggunakan ekspresi regret dan advice
Mampu menulis spoof dengan ide sendiri berdasarkan struktur yang tepat
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Instruksi, format surat balasan
Teks penjelasan tentang ekspresi regret dan advice dan daftar isian
Teks penjelasan, contoh, dan instruksi menulis spoof


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang biaya pendidikan di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang sisi positif dan negatif pendidikan di luar negeri
INTI
Siswa menulis surat balasan informal tentang biaya kuliah di Indonesia
Siswa melengkapi kalimat dan membuat kalimat yang menggunakan ekspresi regret dan advice
Siswa menulis spoof dengan ide sendiri berdasarkan struktur yang tepat
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa berdialog tentang pendidikan di Indonesia dengan menggunakan ekspresi regret dan advice
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman167, 168, 170, 171, 174, 175
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks surat bertemakan pendidikan untuk dibuat surat balasannya
Daftar situasi dan gambar untuk dibuat kalimat menggunakan ungkapan regret dan advice
Daftar pertanyaan tentang struktur dan isi dari sebuah teks spoof
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks surat bertemakan pendidikan untuk dibuat surat balasannya

Jawaban sempurna dan lengkap
Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap
Jawaban buruk dan tidak lengkap
8-10
6-7
4-5
Daftar situasi dan gambar untuk dibuat kalimat menggunakan ungkapan regret dan advice
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap
Jawaban salah / tidak menjawab
2
1
0
Daftar pertanyaan tentang struktur dan isi dari sebuah teks spoof
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap
Jawaban salah / tidak menjawab
2
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: