BAHASA INGGRIS XI RPP36
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 36
| MATA   PELAJARAN | Bahasa   Inggris | 
| KELAS   /SEMESTER | XI   (sebelas) / 2 (dua) | 
| PROGRAM | Umum | 
| ALOKASI   WAKTU | 2  x 45 menit | 
| TEMA |  | 
| STANDAR   KOMPETENSI | Menyatakan   makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan   hortatory exposition | 
| KOMPETENSI   DASAR | Menyatakan   makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis Menyatakan   makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof,   dan hortatory exposition | 
| ASPEK   PEMBELAJARAN | Menulis | 
| INDIKATOR | Mampu   menulis surat balasan informal tentang biaya kuliah di Indonesia Mampu   melengkapi kalimat dan membuat kalimat yang menggunakan ekspresi regret dan   advice Mampu   menulis spoof dengan ide sendiri berdasarkan struktur yang tepat | 
| MATERI   POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi,   format surat balasan Teks   penjelasan tentang ekspresi regret dan advice dan daftar isian Teks penjelasan,   contoh, dan instruksi menulis spoof | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN   PEMBELAJARAN | 
| PEMBUKA   (Apersepsi) | Siswa   ditanyai tentang biaya pendidikan di Indonesia Siswa   berdiskusi tentang sisi positif dan negatif pendidikan di luar negeri | 
| INTI | Siswa   menulis surat balasan informal tentang biaya kuliah di Indonesia Siswa melengkapi   kalimat dan membuat kalimat yang menggunakan ekspresi regret dan advice Siswa   menulis spoof dengan ide sendiri berdasarkan struktur yang tepat | 
| PENUTUP   (Internalisasi dan persepsi) | Siswa   ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa   berdialog tentang pendidikan di Indonesia dengan menggunakan ekspresi regret   dan advice Menyimpulkan   materi pelajaran | 
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan |  Peter James. 2008.   Real English for Senior High School   Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman167, 168, 170, 171, 174, 175 | 
| √ | Material: VCD, kaset,   poster |  | |
| √ | Media cetak dan   elektronik |  | |
| Website internet |  | ||
| Narasumber |  | ||
| Model peraga |  | ||
| Lingkungan |  | ||
| Metode | √ | Presentasi |  | 
| √ | Diskusi kelompok |  | |
|  | Inquari |  | 
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK |  | Tes Lisan | 
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja /   Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya /   Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | ||
|  | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Teks surat bertemakan   pendidikan untuk dibuat surat balasannya  Daftar situasi dan   gambar untuk dibuat kalimat menggunakan ungkapan regret dan advice Daftar pertanyaan   tentang struktur dan isi dari sebuah teks spoof | ||
| RUBRIK KRITERIA   PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
| Instrumen soal | Uraian | Skor | 
| Teks surat bertemakan   pendidikan untuk dibuat surat balasannya  | Jawaban   sempurna dan lengkap Kesalahan   kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap Jawaban   buruk dan tidak lengkap | 8-10 6-7 4-5 | 
| Daftar situasi dan   gambar untuk dibuat kalimat menggunakan ungkapan regret dan advice | Jawaban   sempurna Kesalahan   kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap Jawaban   salah / tidak menjawab | 2 1 0 | 
| Daftar pertanyaan   tentang struktur dan isi dari sebuah teks spoof | Jawaban   sempurna Kesalahan   kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap Jawaban   salah / tidak menjawab  | 2 1 0 | 
Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:
Post a Comment