BAHASA INGGRIS XI RPP36
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 36
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menulis surat balasan informal tentang biaya kuliah di Indonesia Mampu melengkapi kalimat dan membuat kalimat yang menggunakan ekspresi regret dan advice Mampu menulis spoof dengan ide sendiri berdasarkan struktur yang tepat |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi, format surat balasan Teks penjelasan tentang ekspresi regret dan advice dan daftar isian Teks penjelasan, contoh, dan instruksi menulis spoof |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang biaya pendidikan di Indonesia Siswa berdiskusi tentang sisi positif dan negatif pendidikan di luar negeri |
INTI | Siswa menulis surat balasan informal tentang biaya kuliah di Indonesia Siswa melengkapi kalimat dan membuat kalimat yang menggunakan ekspresi regret dan advice Siswa menulis spoof dengan ide sendiri berdasarkan struktur yang tepat |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa berdialog tentang pendidikan di Indonesia dengan menggunakan ekspresi regret dan advice Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman167, 168, 170, 171, 174, 175 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Teks surat bertemakan pendidikan untuk dibuat surat balasannya Daftar situasi dan gambar untuk dibuat kalimat menggunakan ungkapan regret dan advice Daftar pertanyaan tentang struktur dan isi dari sebuah teks spoof | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks surat bertemakan pendidikan untuk dibuat surat balasannya | Jawaban sempurna dan lengkap Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap Jawaban buruk dan tidak lengkap | 8-10 6-7 4-5 |
Daftar situasi dan gambar untuk dibuat kalimat menggunakan ungkapan regret dan advice | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap Jawaban salah / tidak menjawab | 2 1 0 |
Daftar pertanyaan tentang struktur dan isi dari sebuah teks spoof | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap Jawaban salah / tidak menjawab | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment