16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 19



BAHASA INGGRIS XI RPP19
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 19


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu mendeskripsikan isi poster tentang saran agar tetap sehat
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks report
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu melengkapi dialog
Mampu mengidentifikasi unsur-unsur (struktur) dalam analytical exposition
Mampu menjawab pertanyaan terkait sebuah cerita (teks narrative)
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Poster tentang saran agar tetap sehat yang dikeluarkan pemerintah Inggris
Teks report dari sebuah surat kabar tentang imigran gelap ke Inggris
Teks rumpang, pilihan jawaban dan daftar pertanyaan terkait tentang santunan negara bagi pengangguran di Inggris
Dialog rumpang antara penasehat dan pelamar santunan pengangguran di Jobcentre
Contoh dan penjelasan tentang analytical exposition
Teks cerita (narrative) tentang Nina dan daftar pertanyaan


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang pengangguran di Indonesia
Siswa diminta berdiskusi tentang poster bertema kesehatan yang diperoleh dari media cetak / internet yang disiapkan pengajar
INTI
Siswa mendeskripsikan isi poster tentang saran agar tetap sehat
Siswa membaca dan menjawab pertanyaan terkait report dari sebuah surat kabar tentang imigran gelap ke Inggris
Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa melengkapi dialog antara penasehat dan pelamar santunan pengangguran di Jobcentre
Siswa membaca contoh dan penjelasan tentang analytical exposition dan mengidentifikasi unsur-unsurnya (struktur) dalam contoh
Siswa membaca teks narrative dan menjawab pertanyaan terkait
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam melengkapi teks rumpang dan kosakata sukar
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam mengidentifikasi struktur analytical exposition
Siswa mencari satu analytical exposition dari media cetak / internet untuk dikaji strukturnya


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90, 93, 95, 96
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Poster untuk dideskripsikan
Teks report dan narrative dari surat kabar dan daftar pertanyaan terkait
Pertanyaan tentang struktur dan isi teks analytical exposition dari media cetak / internet
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Poster untuk dideskripsikan

Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Deskripsi buruk  
8-10
6-7
4-5
Teks report dan narrative dari surat kabar dan daftar pertanyaan terkait

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Pertanyaan tentang struktur dan isi teks analytical exposition dari media cetak / internet
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Jawaban salah / Tidak menjawab
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: