BAHASA INGGRIS XI RPP19
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 19
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks report, narrative, dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu mendeskripsikan isi poster tentang saran agar tetap sehat Mampu menjawab pertanyaan terkait teks report Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait Mampu melengkapi dialog Mampu mengidentifikasi unsur-unsur (struktur) dalam analytical exposition Mampu menjawab pertanyaan terkait sebuah cerita (teks narrative) |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Poster tentang saran agar tetap sehat yang dikeluarkan pemerintah Inggris Teks report dari sebuah surat kabar tentang imigran gelap ke Inggris Teks rumpang, pilihan jawaban dan daftar pertanyaan terkait tentang santunan negara bagi pengangguran di Inggris Dialog rumpang antara penasehat dan pelamar santunan pengangguran di Jobcentre Contoh dan penjelasan tentang analytical exposition Teks cerita (narrative) tentang Nina dan daftar pertanyaan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang pengangguran di Indonesia Siswa diminta berdiskusi tentang poster bertema kesehatan yang diperoleh dari media cetak / internet yang disiapkan pengajar |
INTI | Siswa mendeskripsikan isi poster tentang saran agar tetap sehat Siswa membaca dan menjawab pertanyaan terkait report dari sebuah surat kabar tentang imigran gelap ke Inggris Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait Siswa melengkapi dialog antara penasehat dan pelamar santunan pengangguran di Jobcentre Siswa membaca contoh dan penjelasan tentang analytical exposition dan mengidentifikasi unsur-unsurnya (struktur) dalam contoh Siswa membaca teks narrative dan menjawab pertanyaan terkait |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam melengkapi teks rumpang dan kosakata sukar Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam mengidentifikasi struktur analytical exposition Siswa mencari satu analytical exposition dari media cetak / internet untuk dikaji strukturnya |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90, 93, 95, 96 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | ||
√ | Media cetak dan elektronik | ||
√ | Website internet | ||
Narasumber | |||
Model peraga | |||
Lingkungan | |||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | ||
Inquari |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
Poster untuk dideskripsikan Teks report dan narrative dari surat kabar dan daftar pertanyaan terkait Pertanyaan tentang struktur dan isi teks analytical exposition dari media cetak / internet | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Poster untuk dideskripsikan | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Teks report dan narrative dari surat kabar dan daftar pertanyaan terkait | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Pertanyaan tentang struktur dan isi teks analytical exposition dari media cetak / internet | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Jawaban salah / Tidak menjawab | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment