Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII Silabus 1

   

BAHASA INGGRIS XII SILABUS 1

 Silabus

Sekolah                                   : SMA...........
Kelas                                        : XII ( Dua belas )
Mata Pelajaran                      : BAHASA INGGRIS
Semester                                : 1 (Satu)

Standar Kompetensi           : Mendengarkan
  1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah


























1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan  menyatakan berbagai sikap
·           Teks lisan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan possibility / impossibility
-       It will be possible one day to design a plane that can hover in the air just like the bee.
-       I think it’s very unlikely that we’ll ever be able to make pigs fly!

·           Teks dialog tulis dan lisan antara Mr Wilson dan Adi, daftar pertanyaan
Mr. Wilson: Oh, come on Adi. How many times have I had to talk to you about your behaviour? How many times have I told you that you’ve got to change?
......
Mr Wilson: If you lie to me in here, how do you behave when you’re with Mr Rose? Now, stop messing me about and tell me what you said to him.
Adi: I didn’t say anything.
Etc.

·           Teks dialog (yang lebih sopan) tulis dan lisan antara Mr Wilson dan Adi, daftar pertanyaan
Mr Wilson: Well, Adi, we’ve talked about things like this so many times before.
.....
Mr Wilson: Well, I’ve got to talk to Mr Rose about what you’ve said. What you’ve got tod do now is write a letter of apology to Mr Rose. You need to ask him if he will allow you back into his class. I also want you to write a report for me about the things you say happened in class.
Etc.

·           Teks lisan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan certainty/ uncertainty
-  Certainly. I’m convinced that it’s only a matter of time before someone finds a way to change a piece of cheap metal into our most precious metal of all.
-  I’m totally convinced that the human brain can create great things.


·         Teks lisan dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure dan daftar pertanyaan terkait
-       Well, I’m not sure that I did very well. I think I sang OK, but I wasn’t really satisfied with the way I played the piano.
-       I’m very pleased with the way you spoke this time.
-       Etc.

·         Teks dialog rumpang dan pilihan ekspresi satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
Sheira: Hi, Iwan. I got an email from Liverpool last night. They’ve offered me a place to study there.
Iwan: Oh, great ....... You must be very happy.
Etc.

·      Teks dialog tulis dan lisan antara Mr Wilson dan Adi, daftar pertanyaan
Mr Wilson: He said that you got angry with him and you threatened to hit him.
Adi: That’s not true. I didn’t do anything. He pushed me against the wall.
Etc.

·      Teks dialog (yang lebih sopan) tulis dan lisan antara Mr Wilson dan Adi, daftar pertanyaan
Mr Wilson: Now, Adi. Did you threaten to hit Mr Rose?
Adi: He pushed me, sir.
......
Mr Wilson: What did you say to him? Did you threaten him?
Adi: Yes, sir. But I didn’t mean it.
Etc.
·       Siswa mendengarkan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan possibility dan menjawab pertanyaan terkait






·       Siswa mendengarkan dialog lisan dan menjawab pertanyaan terkait
















·       Siswa mendengarkan dialog lisan dan menjawab pertanyaan terkait



















·       Siswa mendengarkan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan certainty dan menjawab pertanyaan terkait










·       Siswa mendengarkan teks dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure dan menjawab pertanyaan terkait







·       Siswa mendengarkan dan melengkapi dialog rumpang dengan pilihan ekspresi satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure







·       Siswa mendengarkan dialog lisan dan menjawab pertanyaan terkait









·       Siswa mendengarkan dialog lisan dan menjawab pertanyaan terkait








·      Mampu mengidentifikasi ungkapan ungkapan possibility/ impossibility
·      Mampu menjawab pertanyaan dari dialog lisan yang mengandung ungkapan possibility/ impossibility



·      Mampu mengidentifikasi ungkapan complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi
·      Mampu menjawab pertanyaan terkait dialog yang mengandung ungkapan complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi






·      Mampu mengidentifikasi ungkapan complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dalam versi yang lebih sopan
·      Mampu menjawab pertanyaan terkait dialog yang mengandung ungkapan complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dalam versi yang lebih sopa






·      Mampu mengidentifikasi ungkapan certainty / uncertainty
·      Mampu menjawab pertanyaan dari dialog lisan yang mengandung ungkapan certainty / uncertainty







·      Mampu mengidentifikasi ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
·      Mampu menjawab pertanyaan terkait dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure



·      Mampu mengidentifikasi ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
·      Mampu melengkapi dialog rumpang dengan pilihan ekspresi satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure


·      Mampu mengidentifikasi ungkapan denial
·      Mampu menjawab pertanyaan terkait dialog yang mengandung ungkapan denial antara Mr Wilson dan Adi



·      Mampu mengidentifikasi ungkapan denial
·      Mampu menjawab pertanyaan terkait dialog yang mengandung ungkapan denial antara Mr Wilson dan Adi dalam versi yang lebih sopan

Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Dialog rumpang
·         Identifikasi dialog











































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Dialog rumpang
·         Identifikasi dialog

4 x 45 menit























































4 X 45 menit








































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan















































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan
































































Standar Kompetensi  : Mendengarkan
2.     Memahami makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
2.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari


















































2.2   Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
·         Teks  rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, dan daftar pertanyaan tentang international trade






·         Percakapan antara Brian yang memesan meja kebun pada Samian dan daftar pertanyaan terkait





·         Teks  rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, dan daftar pertanyaan tentang perkembangan science dan technology





·         Instruksi, tabel penemuan, dan nama-nama penemu
-     Ruth Handler
-     Mary Anderson
-     Marion Donovan
-     Etc


·         Daftar pertanyaan dan rekaman cara melafalkan kata
-     ‘doub-t’ / ‘dout’
-     ‘camra’ / ‘cam-era’
-     Etc

·         Daftar kata-kata dan rekaman pelafalan kata
-     out / doubt  / could / shout
-     would / wood / hood / food
-     etc

·         Daftar kata-kata lisan dan daftar kata-kata dalam susunan huruf acak
-  sicum
-  milf
-  puretuls
-  etc.

·         Teks  rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, dan daftar pertanyaan tentang Liverpool






·         Teks lisan tentang jenis-jenis musik, tabel berisi beberapa gagasan
-       Africa
-       Elvis Presley
-       raga
-       Indonesia
-       The Beatles
-       Etc.


·         Teks rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, daftar pertanyaan terkait





·      Teks explanation tentang HIV/AIDS
The disease was first discovered in America in 1981. However, scientists think that it existed in many parts of the world since the 1930’s. Etc.

·      Penjelasan tentang teks explanation dan contoh teks explanation tentang Hansard reporters dan daftar pertanyaan terkait
There is a large team of sixteen people called ‘Hansard reporters’ who make notes of everything that is said in the chamber. Hansard reporters work in groups. Etc.

·      Teks discussion tentang Indonesian migrant workers
.....
But what about the lives of the migrant workers themselves? They often have to stay away from their families in Indonesia for at least a year at a time. How terrible it must be for parents who have to leave their children for such a long time.
Etc.
·         Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait teks




·         Siswa mendengarkan percakapan antara Brian yang memesan meja kebun pada Samian dan menjawab pertanyaan terkait



·         Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait teks




·         Siswa mendengarkan monolog lisan tentang beberapa penemuan dan nama-nama penemu kemudian menuliskannya ke dalam tabel yang benar

·         Siswa menentukan pelafalan kata yang tepat kemudian mendengarkannya untuk mengecek


·         Siswa mendengarkan sejumlah kelompok kata dan menentukan kata yang mempunyai suara vokal yang berbeda



·         Siswa mendengarkan kata-kata dan menyusun huruf acak menjadi suatu nama jenis seni



·         Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait teks




·         Siswa mendengarkan sepuluh ekstrak pendek tentang jenis-jenis musik dan membuat catatan, kemudian menentukan apakah musik itu ‘classical’, ‘popular’, atau ‘world music’


·         Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait teks


·         Siswa mendengarkan pembacaan teks explanation tentang HIV/AIDS dan menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks


·         Siswa mendengarkan pembacaan teks explanation tentang Hansard reporters dan menjawab pertanyaan secara lisan







·         Siswa mendengarkan pembacaan teks discussion tentang Indonesian migrant workers dan mengidentifikasi strukturnya
·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks

·         Mampu mengidentifikasi ungkapan request, offer, permission, possibility, ability, future ability, dan past ability dalam teks lisan


·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks

·         Mampu melengkapi tabel penemuan berdasarkan monolog lisan




·         Mampu menentukan pelafalan kata yang tepat dalam bahasa Inggris



·         Mampu membedakan suara vokal yang berbeda dalam kata-kata bahasa Inggris




·         Mampu menyusun huruf-huruf acak menjadi jenis-jenis seni berdasarkan kata-kata yang diperdengarkan


·         Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang Liverpool

·         Mampu membuat catatan dari teks lisan tentang jenis-jenis musik dari teks yang diperdengarkan

·         Mampu  menentukan apakah musik itu ‘classical’, ‘popular’, atau ‘world music’

·         Mampu melengkapi teks rumpang
·         Mampu menjawab pertanyaan terkait tentang imigrasi dan sejarahnya berdasarkan teks lisan

·         Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks explanation tentang HIV/AIDS




·         Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang teks explanation









·         Mampu mengidentifikasi struktur teks discussion tentang Indonesian migrant workers







Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Isian teks rumpang
·         Pertanyaan terkait teks
·         Isian singkat














































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Isian singkat
·         Pilihan ganda
·         Identifikasi teks
















 4 x 45 menit
























































































4 x 45 menit


a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan











































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Teks narrative, explanation, dan discussion
d.     Gambar-gambar yang relevan




Standar Kompetensi  : Berbicara
3.     Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah
         






















































3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap



·       Teks narrative dan daftar ekspresi tersebut
-       Can you build a fence right down the middle of that field?
-       Damn! The engine won’t start.
-       Get off my farm!


·       Teks percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan possibility
-       It will be possible one day to design a plane that can hover in the air just like the bee.
-       I think it’s very unlikely that we’ll ever be able to make pigs fly!

·       Beberapa teks dialog pendek
Tom: Do you think it’s likely to rain this afternoon?
Dick: Yes, I think there is a good chance it will. Just look at those dark clouds over there.
Etc.

·       Daftar pertanyaan tentang ungkapan possibility / impossibility
-       Do you think it will rain tonight?
-       Dou you think you’ll have to do lots of homework tonight?
-       Etc.

·       Teks dialog yang mengandung ungkapan complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi
Mr. Wilson: Oh, come on Adi. How many times have I had to talk to you about your behaviour? How many times have I told you that you’ve got to change?
......
Mr Wilson: If you lie to me in here, how do you behave when you’re with Mr Rose? Now, stop messing me about and tell me what you said to him.
Adi: I didn’t say anything.
Etc.

·       Teks dialog yang mengandung ungkapan complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan
Mr Wilson: Well, Adi, we’ve talked about things like this so many times before.
.....
Mr Wilson: Well, I’ve got to talk to Mr Rose about what you’ve said. What you’ve got tod do now is write a letter of apology to Mr Rose. You need to ask him if he will allow you back into his class. I also want you to write a report for me about the things you say happened in class.
Etc







·       Teks narrative dan daftar ekspresi tersebut
-       Why do you want to put a fence there?
-       It was all my fault.
-       If anyone’s at fault, it’s you.
-       Are you saying I don’t know how to work a tractor?
-       I promise I won’t be so stupid again.


·       Teks percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan certainty
-  Certainly. I’m convinced that it’s only a matter of time before someone finds a way to change a piece of cheap metal into our most precious metal of all.
-  I’m totally convinced that the human brain can create great things.

·       Beberapa teks dialog pendek
Ali: Do you think Lia will be at the party?
Taufiq: Oh, I doubt it. i told her you’d be going.
Etc.

·       Daftar pertanyaan tentang ungkapan certainty/ uncertainty
-       Do you think you’ll get married before the age of twenty-one?
-       Do you think you’ll ever be President of Indonesia?
-       Etc.

·       Teks pidato, daftar ungkapan agreement dan disagreement
-       I entirely agree with you
-       I couldn’t agree with you more
-       I completely disagree with you
-       I really don’t agree with you at all
-       Etc.

·       Daftar pernyataan
-       All schools should have Student Council where students can discuss their ideas with their Headteacher
-       Schools should have ‘non-uniform’ days so that students can raise money for good causes
-       Etc.

·       Daftar pertanyaan dan informasi dari sebuah newspaper report tentang mengunduh lagu dari internet
-       Have you ever downloaded songs from the Internet?
-       Do you know anyone who has?
-       Etc.

·         Daftar pertanyaan terkait dreaming of a new life
-       Which countries in the world do you think people want to move to?
-       Should people be able to go and live in the country of their choice?
-       Etc.

·       Teks dialog yang mengandung ungkapan denial antara Mr Wilson dan Adi
Mr Wilson: He said that you got angry with him and you threatened to hit him.
Adi: That’s not true. I didn’t do anything. He pushed me against the wall.
Etc.

·       Teks dialog yang mengandung ungkapan denial antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan
Mr Wilson: Now, Adi. Did you threaten to hit Mr Rose?
Adi: He pushed me, sir.
......
Mr Wilson: What did you say to him? Did you threaten him?
Adi: Yes, sir. But I didn’t mean it.
Etc.

·       Teks dialog pendek yang mengandung ungkapan denial
-       A: Did you borrow my pen?
B: No, it wasn’t me. It was Shelly.
-       A: Did you send me a strange SMS last night?
B: No, I didn’t. I don’t even know your number.
Etc.

·         Siswa mempraktekkan ekspresi asking for something, complaint, command dari sebuah narrative secara berpasangan




·         Siswa secara berpasangan mempraktekkan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan possibility






·         Siswa mempraktekkan beberapa dialog yang mengandung ungkapan possibility







·         Siswa melakukan tanya jawab secara berpasangan berdasarkan pertanyaan tentang ungkapan possibility




·         Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi
















·         Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan

























·         Siswa mempraktekkan ekspresi curiosity, admitting mistakes, blaming, accusing, promising dari sebuah narrative secara berpasangan







·         Siswa secara berpasangan mempraktekkan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan certainty







·         Siswa mempraktekkan beberapa dialog yang mengandung ungkapan certainty




·         Siswa melakukan tanya jawab secara berpasangan berdasarkan pertanyaan tentang ungkapan possibility





·         Siswa membaca teks penjelasan tentang ungkapan agreement dan disagreement, memilih satu teks pidato dan menyatakan agreement dan disagreement tentang gagasan dalam pidato tsb



·         Siswa membaca daftar pernyataan dan menyatakan ungkapan agreement dan disagreement







·         Siswa mendiskusikan pertanyaan terkait informasi dari sebuah newspaper report tentang mengunduh lagu dari internet






·         Siswa menyampaikan pendapat terkait pertanyaan yang diajukan







·         Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial antara Mr Wilson dan Adi










·         Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan











·         Siswa secara berpasangan mempraktekkan dialog pendek yang mengandung ungkapan denial

·         Mampu menyatakan ekspresi asking for something, complaint, command dari sebuah narrative
·         Mampu menggunakan ungkapan asking for something, complaint


·         Mampu mempraktekkan dialog antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan possibility
·         Mampu menggunakan ungkapan possibility





·         Mampu mempraktekkan dialog yang mengungkapkan possibility
·         Mampu menggunakan ungkapan possibility




·         Mampu bertanya jawab tentang possibility
·         Mampu menggunakan ungkapan possibility





·         Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi
·         Mampu menggunakan ungkapan complaining, giving order









·         Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan complaining, giving order antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan
·         Mampu menggunakan ungkapan complaining, giving order

















·         Mampu menyatakan ekspresi curiosity, admitting mistakes, blaming, accusing, promising dari sebuah narrative
·         Mampu menggunakan ungkapan curiosity, admitting mistakes, blaming, accusing, promising



·         Mampu mempraktekkan dialog antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan certainty
·         Mampu menggunakan ungkapan certainty






·         Mampu mempraktekkan dialog yang mengungkapkan certainty
·         Mmapu menggunakan ungkapan certainty

·         Mampu bertanya jawab tentang ungkapan certainty
·         Mampu menggunakan ungkapan possibility






·         Mampu menyatakan ungkapan agreement dan disagreement dari satu pidato para pemimpin dunia
·         Mampu menggunakan ungkapan agreement dan disagreement




·         Mampu menyatakan agreement dan disagreement tentang suatu pernyataan
·         Mampu menggunakan ungkapan agreement dan disagreement





·         Mampu menyatakan pendapat terkait informasi dari sebuah newspaper report







·         Mampu menyampaikan pendapat tentang dreaming of a new life







·         Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial antara Mr Wilson dan Adi
·         Mampu menggunakan ungkapan denial





·         Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan denial antara Mr Wilson dan Adi dengan versi yang lebih sopan
·         Mampu menggunakan ungkapan denial yang lebih sopan









·         Mampu mempraktekkan dialog pendek yang mengandung ungkapan denial
Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Dialog untuk diperagakan
·         Instruksi membuat dan melakukan dialog tertentu



























































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Dialog untuk diperagakan
·         Instruksi membuat dan melakukan dialog tertentu





1.     the birthdate

 4 x 45 menit





































































































 6 x 45 menit




a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan




























































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan



Standar Kompetensi  : Berbicara
4.     Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
4.1 . Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari


























































































        4.2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion

·      Instruksi dan daftar pertanyaan tentang ekspor impor Indonesia
·      Instruksi, peta, dan daftar pertanyaan
·      Instruksi dan daftar pertanyaan terkait pengrajin Indonesia
·      Teks percakapan antara Brian dan Samian
·      Daftar pertanyaan tentang tentang past, present, dan future ability
-       I could make good tables when I was fifteen years old.
-       I was able to make good tables when I was fifteen years old.
-       I have been able to make good tables since I was fifteen years old.
-       I will be able to make lots of good tables in the next six months.

·      Daftar kata-kata dan rekaman cara melafalkan kata
-     doub-t’ / ‘dout’
-     ‘camra’ / ‘cam-era’
-     ‘wumen’ / ‘wimin’
-     Etc.


·      Daftar pertanyaan tentang siapa yang membuat undang-undang di Indonesia
-       Who makes new laws in Indonesia?
-       Where are the people who make the laws based?
-       Etc.

·      Teks tertulis tentang sistem pemerintahan Inggris dan daftar pertanyaan terkait


·      Daftar pertanyaan tentang pemilu di Indonesia
-       How often are there elections in Indonesia for a new government?
-       Who is allowed to vote in these elections?
-       Etc.

·      Teks dialog yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement
-       I agree with Aisha.
-       I couldn’t agree more. I’ll help to sort things out and you’ll help won’t you, Lia?
-       Yes, I don’t agree with £1. Lots of people can’t afford to pay that much.
-       Etc.


·      Daftar pertanyaan tentang musik dan keseharian siswa dengan musik
-       How often do you listen to music?
-       Where do you hear music?
-       Etc.

·       Teks dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
-       Well, I’m not sure that I did very well. I think I sang OK, but I wasn’t really satisfied with the way I played the piano.
-       I’m very pleased with the way you spoke this time.
-       Etc.

·       Instruksi dan informasi tentang Liam Lynch dan Ringo Starr
A former Liverpool student whose debut single has made it into the top in the UK charts has had an offer of work from Ringo Starr. The ex-Beatles drummer loved Liam Lynch’s single, ‘United States of Whatever’, so much that he phoned him right away. Etc.

·       Instruksi dan teks lagu ‘Can’t buy me love’
Discuss the words of the song with your partner or in a small group. What do you think the words mean?


·       Daftar pertanyaan tentang tempat tinggal siswa dan lingkungannya
-       Do you live in the area where you were born?
-       Were your grandparents and great grandparents born in the same area as you?
-       Etc.

·       Daftar pertanyaan, tabel dan informasi tentang populasi negara-negara Asia Tenggara
Ask each other about the population predictions for other south east Asian countries.


·       Daftar pertanyaan, grafik prediksi populasi Indonesia
Ask each other more questions about the graph.


·      Teks explanation tentang HIV/AIDS
The disease was first discovered in America in 1981. However, scientists thinkn that it existed in many parts of the world since the 1930’s. Etc.




·      Teks explanation tentang Hansard reporters dan daftar pertanyaan terkait
There is a large team of sixteen people called ‘Hansard reporters’ who make notes of everything that is said in the chamber. Hansard reporters work in groups. Etc.
1.     Do you agree that Hansard reporters should correct the grammar of British members of parliament? Shouldn’t they just publish exactly what people say, even if the grammar is wrong?
Etc.


·      Teks discussion tentang Indonesian migrant workers dan daftar pertanyaan untuk didiskusikan
.....
But what about the lives of the migrant workers themselves? They often have to stay away from their families in Indonesia for at least a year at a time. How terrible it must be for parents who have to leave their children for such a long time.
Etc.
-       Do you know anyone who works abroad?
-       Do you think you might work abroad yourself?
-       Etc.

·         Siswa mendiskusikan pertanyaan tentang ekspor impor Indonesia
·         Siswa mendiskusikan pertanyaan dengan bantuan peta
·         Siswa mendiskusikan pertanyaan tentang pengrajin Indonesia
·         Siswa mempraktekkan dialog antara Brian dan Samian
·         Siswa bertanya jawab dengan teman tentang past, present, dan future ability











·        Siswa mendengarkan cara pelafalan kata dan mempraktekkan melafalkannya





·         Siswa menjawab pertanyaan tentang siapa yang membuat undang-undang di Indonesia







·         Siswa membaca teks dan mendiskusikan pertanyaan terkait sistem pemerintahan Inggris

·         Siswa menjawab pertanyaan tentang pemilu di Indonesia






·         Siswa secara berkelompok / berpasangan mempraktekkan dialog yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement








·       Siswa menjawab pertanyaan tentang musik dan keseharian siswa dengan musik





·         Siswa mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure










·         Siswa membaca informasi tentang Liam Lynch dan Ringo Starr dan membuat dialog antara dua orang tersebut dengan menggunakan ungkapan pleasure dan satisfaction






·        Siswa mendengarkan lagu ‘Can’t buy me love’ dan mendiskusikan makna lagu tersebut





·         Siswa menjawab pertanyaan tentang tempat tinggal siswa dan lingkungannya







·         Siswa bertanya jawab dengan teman terkait prediksi populasi negara-negara Asia Tenggara berdasarkan informasi dalam tabel




·         Siswa bertanya jawab dengan teman terkait prediksi populasi Indonesia




·         Siswa melakukan tanya jawab dengan teman berdasarkan informasi yang ada dalam teks explanation tentang HIV/AIDS
-     What does HIV/AIDS do to our body?
-     How does HIV/AIDS spread?
-     Etc.

·         Siswa menyatakan pendapat, persetujuan dan ketidaksetujuan mereka berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks explanation tentang Hansard reporters















·         Siswa membaca teks discussion dan mendiskusikan pertanyaan dalam kelompok kecil
·       Mampu mendiskusikan pertanyaan tentang ekspor impor Indonesia
·       Mampu mendiskusikan pertanyaan dengan bantuan peta
·       Mampu mendiskusikan pertanyaan terkait pengrajin Indonesia
·       Mampu mempraktekkan dialog antara Brian dan Samian
·       Mampu bertanya jawab tentang past, present, dan future ability












·       Mampu melafalkan berbagai kata-kata bahasa Inggris dengan tepat





·       Mampu menjawab pertanyaan siapa yang membuat undang-undang di Indonesia







·       Mampu mendiskusikan pertanyaan tentang pemerintahan Inggris


·       Mampu menjawab pertanyaan tentang pemilu di Indonesia






·       Mampu mempraktekkan dialog yang menggunakan ungkapan agreement dan disagreement










·       Mampu menjawab pertanyaan tentang musik dan keseharian siswa dengan musik





·       Mampu mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure









·       Mampu membuat dialog antara Liam Lynch dan Ringo Starr dengan menggunakan ungkapan pleasure dan satisfaction








·            Mampu mendiskusikan makna lagu ‘Can’t buy me love’






·            Mampu menjawab pertanyaan tentang tempat tinggal siswa dan lingkungannya







·            Mampu bertanya jawab tentang prediksi populasi negara-negara Asia Tenggara berdasarkan informasi dalam tabel




·            Mampu bertanya jawab tentang prediksi populasi Indonesia berdasarkan grafik




·       Mampu melakukan tanya jawab berdasarkan informasi yang ada dalam teks explanation







·       Mampu menyatakan pendapat, persetujuan dan ketidaksetujuan terkait teks explanation tentang Hansard reporters

















·       Mampu mendiskusikan pertanyaan dalam kelompok berdasarkan teks discussion tentang Indonesian migrant workers







Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Dialog untuk diperagakan
·         Uraian bebas
·         Instruksi untuk membuat dialog















































































































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Teks narrative explanation, dan discussion sebagai bahan kajian
·         Uraian bebas















 6  x 45  menit

























































































































































4 x 45 menit
a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis, 2008
b.     Script percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan
d.     Internet, media cetak














































































































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Buku teks penunjang lainnya
c.     Internet, media cetak



Standar Kompetensi  : Membaca
5.  Memahami makna teks fungsional pendek dan  teks tulis esei berbentuk   narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
5.1. Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.




















































































5.2. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion















·       Teks tertulis pendek tentang mata uang, daftar pertanyaan
·       Tabel tentang nilai tukar mata uang dunia, daftar pertanyaan
·       Tabel nilai, lambang dan cara membaca mata uang
·       Teks tulis rumpang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan
·       Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang Indonesian furniture
·       Brosur tentang furniture dan daftar pertanyaan
·       Teks penjelasan dan daftar isian tentang ungkapan yang menyatakan ability dan disability
-       I can make very good tables
-       He is able to make good tables
-       He is capable of making good tables









·       Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait teks tentang penelitian medis
·       Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang prediksi Thomas Edison




·       Teks tertulis pendek report tentang sidang parlemen Inggris
·       Teks tulis rumpang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan tentang pemilu di dunia
·       Teks pidato rumpang, pilihan nama negara/kota dan gambar para pemimpin dunia
·       Teks debat antara PM dan Mr Howard dan daftar pertanyaan terkait







·       Gambar, nama tempat, dan deskripsi enam warisan dunia di Indonesia
-       Borobudur Temple Compounds
-       Sangiran Early Man Site
-       Etc.
·       Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait teks tentang musik
·       Email dari Admission Manager LIPA untuk Sheira
·       Teks lagu rumpang ‘Can’t buy me love’ dan pilihan jawaban
Say you don’t .... no diamond rings
And I’ll be satisfied
Tell me that you .... the kind of things
That money ....
Etc







·       Teks studi kasus dan daftar pertanyaan terkait
·       Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait
·       Teks pendek, tabel jumlah populasi negara-negara Asia Tenggara
·       Pie chart tentang communication skills, daftar pertanyaan terkait
-  What is the most important part of ‘face to face’ communication?
-  What is the most important part of ‘over the phone’ communication?
-  Etc.

·       Teks surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose yang mengandung kesalahan tulis
dear mr rose
i am sorry that i get angry with you in the classroom today i didn’t mean to treaten you i didn’t mean it i wood never hit you if you let me come back into class i will work really well and ....

·       Daftar pertanyaan dan ungkapan denial
-       A: Did you borrow my pen?
B: No, it wasn’t me. It was Shelly.
-       A: Did you send me a strange SMS last night?
B: No, I didn’t. I don’t even know your number.
Etc.




·       Paragraf-paragraf yang disusun secara acak dari sebuah narrative





·       Teks explanation tentang HIV/AIDS dan daftar pertanyaan
The disease was first discovered in America in 1981. However, scientists thinkn that it existed in many parts of the world since the 1930’s. Etc.
True or False?
1.     Millions of people are killed each year by a deadly disease.
2.     More than 56,000 people die from this disease every week.
3.     Etc.



·       Teks explanation tentang Hansard reporters dan teks penjelasan tentang struktur teks explanation





·       Prospektus LIPA dan daftar pertanyaan
-  To study for a degree course at LIPA, how should people apply?
-  If Sheira has to study for an extra year at LIPA, how much will this cost?
-  Etc.


·       Teks discussion tentang Indonesian migrant workers dan penjelasan tentang struktur teks discussion
.....
But what about the lives of the migrant workers themselves? They often have to stay away from their families in Indonesia for at least a year at a time. How terrible it must be for parents who have to leave their children for such a long time.
Etc.


·       Teks narrative tentang Adi, daftar pertanyaan terkait
-  Find a word in paragraph 1 that means ‘children whose parents are dead’.
-  Find a word in paragraph 1 that means ‘moving around one place to place’.
-  Etc.

·       Siswa membaca teks tertulis pendek tentang mata uang dan menjawab pertanyaan terkait teks
·       Siswa membaca tabel tentang nilai tukar mata uang dunia dan menjawab pertanyaan terkait
·       Siswa membaca tabel dan menjodohkan nilai dan nama mata uang dengan cara membacanya
·       Siswa membaca teks dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
·       Siswa membaca teks pendek dan menjawab pertanyaan tentang Indonesian furniture dengan mendiskusikannya bersama teman
·       Siswa membaca brosur tentang furniture dan menjawab pertanyaan terkait
·       Siswa membaca teks penjelasan dan melengkapi kalimat tentang ungkapan yang menyatakan ability dan disability



·       Siswa membaca teks dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia kemudian menjawab pertanyaan terkait
·       Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait prediksi Thomas Edison

·       Siswa membaca teks tertulis pendek report tentang sidang parlemen Inggris dan menjawab pertanyaan terkait teks
·       Siswa membaca, melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait pemilu di dunia
·       Siswa membaca teks pidato, melengkapinya dan menuliskan siapa pembicaranya
·       Siswa membaca teks debat dan menjawab pertanyaan terkait





·            Siswa menjodohkan nama tempat dengan gambar dan deskripsinya
·            Siswa membaca teks dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia kemudian menjawab pertanyaan terkait
·            Siswa membaca email dari Admission Manager LIPA untuk Sheira dan menggarisbawahi ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure
·            Siswa membaca teks lagu dan melengkapinya dengan pilihan jawaban tersedia kemudian mendengarkan lagu tersebut untuk mengecek jawabannya








·            Siswa membaca teks studi kasus dan menjawab pertanyaan dan ungkapan dari teks
·            Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait
·            Siswa membaca teks dan tabel dan menjawab pertanyaan terkait
·            Siswa mengidentifikasi pie chart dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dalam chart tersebut
·            Siswa membaca teks surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose dan mencari serta mengidentifikasi kesalahan tulisnya
·            Siswa membaca pernyataan dan menjodohkan dengan ungkapan denial yang tepat























·       Siswa membaca paragraf dan menyusunnya menjadi satu cerita yang kronologis





·       Siswa membaca informasi dalam teks explanation dan menjawab pertanyaan terkait HIV/AIDS
















·       Siswa membaca teks penjelasan tentang struktur teks explanation dan mengidentifikasi struktur teks Hansard reporters




·       Siswa membaca prospektus LIPA dan menjawab pertanyaan terkait








·            Siswa membaca penjelasan tentang struktur teks discussion dan mengidentifikasi bagian-bagiannya dari satu contoh teks discussion












·            Siswa membaca teks narrative tentang Adi dan menjawab pertanyaan terkait

·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait tabel tentang nilai tukar mata uang dunia
·       Mampu menjodohkan lambang dan angka mata uang dengan cara membacanya
·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait brosur tentang furniture
·       Mampu melengkapi kalimat yang menyatakan ability dan disability
·       Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks tulis pendek
·       Mampu menentukan topik teks tulis pendek
·       Mampu menentukan pikiran utama paragraf


·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks pendek tentang prediksi Thomas Edison


·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks report
·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
·       Mampu melengkapi teks rumpang dari pidato para pemimpin dunia dan mengidentifikasi pembicaranya
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks debat antara PM dan Mr Howard




·       Mampu menjodohkan nama tempat dengan gambar dan deskripsinya
·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait
·       Mampu mengidentifikasi ungkapan satisfaction / dissatisfaction, dan pleasure / displeasure dari sebuah email
·       Mampu melengkapi teks lagu rumpang dengan pilihan jawaban tersedia












·       Mampu menjawab pertanyaan terkait dan ungkapan dari teks studi kasus penyebab orang Inggris beremigrasi
·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang imigran yang masuk ke Inggris
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks pendek dan tabel tentang jumlah populasi negara-negara Asia Tenggara
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait informasi dari pie chart tentang communication skills
·       Mampu menemukan dan mengidentifikasi kesalahan dalam teks tertulis surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose
·       Mampu menjodohkan pernyataan dengan ungkapan denial yang tepat















·       Mampu mengurutkan paragraf acak menjadi sebuah cerita (narrative) yang kronologis
·       Mampu menentukan pikiran utama paragraf


·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks explanation tentang HIV/AIDS
·       Mampu menentukan pikiran utama paragraf














·       Mampu mengidentifikasi struktur dari teks explanation tentang Hansard reporters
·       Mampu menentukan pikiran utama paragraf



·       Mampu menentukan makna kata
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait prospektus LIPA






·       Mampu mengidentifikasi struktur dan isi dari teks discussion tentang Indonesian migrant workers
·       Mampu menentukan pikiran utama paragraf
·       Mampu menentukan makna kata









·       Mampu menentukan pikiran utama paragraf
·       Mampu menentukan makna kata
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait ungkapan-ungkapan dalam teks narrative tentang Adi
Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Isian singkat
·         Pilihan ganda







































































































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Teks narrative, explanation, discussion
·         Uraian bebas
·         Jawaban singkat


















































6 x 45 menit
















































































































































4 x 45 menit




































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Buku teks penunjang lainnya
c.     Internet, media cetak







































































































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script  / teks narrative, explanation, dan discussion
c.     Buku teks penunjang lainnya
d.     Internet, media cetak


















Standar Kompetensi  : Menulis
6.  Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
6.1.  Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
























































































6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion


·      Instruksi dan contoh brosur
·      Instruksi, tabel tentang ability
·      Instruksi, contoh, dan daftar kalimat
-       I’d say I was capable of working both in a team and independently =
-       I can work both in a team and on my own




·      Gambar, deskripsi rumpang, dan pilihan isian
See if you can match the following pictures with the descriptions. Then fill in the blanks in the descriptions using words from the box below. Etc.

·      Gambar, pokok-pokok ide untuk menulis deskripsi
Look at the following pictures with your partner. Write a description for each picture using ideas from the box below.

·      Instruksi dan daftar soal
Rearrange the letters in the following words to make the names of a number of inventions.
1.     shawrehisd
2.     possiblead panpy
3.     Etc

·      Instruksi, gambar, dan pertanyaan
1.     What do you think have been the best inventions for mankind?
2.     What do you think have been the worst inventions for mankind?


·      Instruksi dan gambar para pemimpin dunia
Work with a partner and look at the following pictures of world leaders, either past or present. Write the name of each person under the correct picture as well as his, or her position.

·      Teks dialog
Mr. Green: OK, well first of all, I agree that it would be a good idea to raise money for the people in Iran. But I don’t think we can organise a non-uniform day for this Friday. I think we need to have more time to organise it properly.
Aisha: Yes, but if we leave it until next week, it means that we can’t give any money to the charity for over a week.
Etc.


·      Gambar, informasi dari teks tentang Liverpool, contoh
·      Instruksi dan tabel tentang ciri-ciri khusus terkait budaya
You are members of a committee who have to promote the area in which you live as the Asian Capital of Cultural. Make notes in the table below of the special qualities that your area has.
-language spoken
-religions
-historic buildings
-etc
·      Instruksi dan tabel
Now write a short passafe describing your area as the Asian Capital of Culture. Using information from the table above.
·      Instruksi dan format email balasan
Write an email on the lines below giving Sheira’s reply to LIPA.
·      Instruksi dan isian formulir pendaftaran LIPA
Using information from all the tasks in section three and some of your own ideas, complete this application form for Sheira.

·      Instruksi, teks surat yang salah
dear mr rose
i am sorry that i get angry with you in the classroom today i didn’t mean to treaten you i didn’t mean it i wood never hit you if you let me come back into class i will work really well and ....

·      Instruksi, form report
Look through the dialogue in task D again. Mr Wilson told Adi that he wanted him to write a report about the things that happened in class. Write Adi’s report on the lines below.

·      Instruksi
Continue working with your partner and make up your own dialogue using examples of ‘denial’. Write your dialogue on the lines below.


·      Teks narrative dan daftar pertanyaan tentang ekspresi-ekspresi tersebut
-  Can you build a fence right down the middle of that field?
-  Damn! The engine won’t start.
-  Get off my farm!
-  Why do you want to put a fence there?
-  It was all my fault.
-  If anyone’s at fault, it’s you.
-  Are you saying I don’t know how to work a tractor?
-  I promise I won’t be so stupid again

·      Teks penjelasan tentang struktur narrative, instruksi, dan pokok-pokok yang harus ada dalam narrative tersebut


·      Instruksi dan tabel
Continue working in your group. Decide what must be done in Indonesia if the spread of HIV/AIDS is to be stopped. Write your ideas in the table below.
















·      Teks penjelasan tentang struktur teks explanation dan instruksi soal
Write an explanation on your own about the Indonesian parliament. Ypur explanation should explain ‘how’ or ‘why’ the work of the Indonesian parliament is reported to people. Your explanation should use the structure detailed in task J.

·      Instruksi, informasi dari diskusi pertanyaan
Write a discussion text of your own about Indonesian migrant workers. Use ideas and information from your discussion in task I. Your discussion text should use the structure detailed in task J.

·       Siswa mencermati contoh brosur dan membuat sendiri satu brosur tentang suatu produk tertentu
·       Siswa menuliskan kalimat-kalimat berisi ungkapan ability masing-masing ke dalam tabel yang sesuai
·       Siswa mengubah kalimat rumit yang menyatakan ability dan disability ke dalam kalimat sederhana dengan berdiskusi bersama teman


·       Siswa melengkapi deskripsi berdasarkan gambar dengan pilihan jawaban tersedia tentang alat-alat transportasi




·       Siswa menulis tentang telepon dan telepon seluler berdasarkan gambar dan pokok-pokok ide yang diberikan



·       Siswa menyusun huruf-huruf acak menjadi satu nama penemuan






·       Siswa bekerja dalam kelompok dan mendiskusikan penemuan terbaik dan terburuk bagi manusia kemudian menuliskan pendapat mereka





·       Siswa menuliskan nama-nama pemimpin dunia dan jabatannya di bawah gambar yang tepat






·       Siswa mengidentifikasi ungkapan agreement dan disagreement dari teks dialog dan menuliskannya ke dalam tabel













·       Siswa menuliskan deskripsi tentang gambar yang ada dengan menggunakan informasi dari teks tentang Liverpool
·       Siswa menuliskan ke dalam tabel ciri-ciri khusus terkait budaya wilayahnya seperti bahasa, agama, bangunan bersejarah, teater, galeri seni, museum, jenis musik, jenis tarian, seni lain, dll





·       Siswa menuliskan deskripsi pendek wilayah masing-masing sebagai Asian Capital of Culture dengan menggunakan informasi dari tabel tersebut
·       Siswa menuliskan balasan dari Sheira untuk Admission Manager LIPA


·       Siswa melengkapi formulir pendaftaran LIPA untuk Sheira berdasarkan informasi dalam task three




·       Siswa menemukan kesalahan tulis dan menuliskan kembali versi yang benar dari surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose





·       Siswa menuliskan report ke dalam form report tentang yang dialami Adi saat di kelas selama pelajaran Mr Rose




·       Siswa membuat dan menuliskan dialog yang mengandung ungkapan denial di tempat yang disediakan




·       Siswa membaca teks narrative, mengidentifikasi dan kemudian menuliskan eskpresi asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising
·       Siswa menulis narrative-nya sendiri berdasarkan garis besar dan instruksi yang ditentukan soal














·       Siswa bekerja dalam kelompok dan mendiskusikan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan orang untuk menghentikan penyebaran HIV/AIDS di Indonesia dengan bantuan informasi dari teks explanation
It is passed on when these infected fluids get into another person’s system. You can get infected with HIV by:
-       Having unprotected sex with someone who is infected
-       Sharing needles or body piercing with someone who is infected
-       Etc.


·       Siswa membaca penjelasan tentang teks explanation dan menulis teks explanation sendiri tentang parlemen Indonesia








·       Siswa menulis suatu teks discussion tentang Indonesian migrant workers berdasarkan informasi yang diberikan sesuai struktur teks discussion
·       Mampu mendesain satu brosur suatu produk
·       Mampu menuliskan ability masing-masing
·       Mampu mengubah kalimat rumit yang menyatakan ability dan disability ke dalam kalimat sederhana








·       Mampu melengkapi teks deskripsi berdasarkan gambar






·       Mampu menulis deskripsi tentang telepon dan telepon seluler berdasarkan gambar



·       Mampu menyusun huruf-huruf acak menjadi satu nama penemuan





·       Mampu menuliskan pendapat tentang penemuan terbaik dan terburuk bagi manusia








·       Mampu menuliskan nama pemimpin-pemimpin dunia dan jabatannya berdasarkan gambar





·       Mampu mengidentifikasi ungkapan agreement dan disagreement dari teks dialog














·            Mampu menulis deskripsi dengan bantuan gambar dan informasi dalam teks

·            Mampu menuliskan ciri-ciri khusus yang dimiliki daerah masing-masing









·            Mampu menuliskan deskripsi pendek wilayah masing-masing sebagai Asian Capital of Culture dengan menggunakan informasi dari tabel tersebut
·            Mampu menulis email balasan untuk Admission Manager LIPA
·            Mampu melengkapi formulir pendaftaran LIPA untuk Sheira





·            Mampu menuliskan koreksi dari surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose







·            Mampu menulis report tentang hal-hal yang terjadi di kelas dari Adi untuk Mr. Wilson





·            Mampu membuat satu dialog yang mengandung ungkapan denial





·       Mampu mengidentifikasi dan menuliskan ekspresi asking for something, curiosity, complaint, command, admit mistakes, blame, accusing, promises dalam sebuah narrative
·       Mampu menulis sebuah narrative berdasarkan struktur yang benar dan mengandung ekspresi asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising










·       Mampu menuliskan upaya untuk menghentikan penyebaran HIV/AIDS di Indonesia dengan bantuan informasi dalam teks explanation
















·       Mampu menulis teks explanation tentang parlemen Indonesia










·       Mampu menulis suatu teks discussion tentang Indonesian migrant workers berdasarkan informasi yang diberikan sesuai struktur teks discussion




Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Jawaban singkat











































































































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Instruksi dan outline untuk menulis teks narrative,  explanation, dan discussion
·         Uraian bebas
·         Jawaban singkat




6x 45 menit


















































































































































4x 45 menit























a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Gambar-gambar / foto, yang relevan
c.     Internet, media cetak










































































































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis, 2008
b.     Teks narrative,  explanation, dan discussion
c.     Internet, media cetak / elektronik



..........................................., ...................................
Mengetahui:
Kepala ....................................................                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran,






NIP                                                                                                                                                                                         NIP

No comments: