16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 33


BAHASA INGGRIS XI RPP33

UNIT 9                                  MONEY                                                                                                (halaman 156 s.d 169)
 
 


RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 33


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna percakapan transaksional dan interpersonal
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness
Merespon makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed
Merespon makna teks lisan fungsional pendek
Merespon makna monolog dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan tentang uang dan perbankan dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu mengidentifikasi ekspresi regret dan advice dari teks percakapan yang mengandung ungkapan anger dan annoyed
Mampu mengidentifikasi ekspresi love, sadness, hope dari teks spoof
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tulis, lisan, pilihan jawaban dan daftar pertanyaan tentang uang dan perbankan
Teks lisan percakapan yang mengandung ekspresi regret, advice, anger, annoyed dan daftar pertanyaan
Teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang kebiasaannya menabung
Siswa berdiskusi tentang fungsi bank
INTI
Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan teks lisan percakapan dan mengidentifikasi ekspresi regret dan advice dari teks percakapan yang mengandung ungkapan anger dan annoyed
Siswa mendengarkan pembacaan teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories dan mengidentifikasi ekspresi love, sadness, hope
Siswa mendengarkan pembacaan teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories dan menjawab pertanyaan terkait
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa mendiskusikan isi spoof yang baru diperdengarkan secara lisan
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 157, 158, 159, 160, 169, 170,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan tentang uang dan perbankan
Daftar pertanyaan terkait teks (uraian)
Teks lisan percakapan untuk diidentifikasi ungkapan anger, annoyed, love dan sadness
Teks lisan spoof dan daftar pertanyaan terkait (uraian)
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness,Merespon makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed, Merespon makna teks lisan fungsional pendek, Merespon makna monolog dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan tentang uang dan perbankan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Daftar pertanyaan terkait teks (uraian)
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks lisan percakapan untuk diidentifikasi ungkapan anger, annoyed, love dan sadness
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks lisan spoof dan daftar pertanyaan terkait (uraian)
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: