BAHASA INGGRIS XI RPP33
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 33
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna percakapan transaksional dan interpersonal Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness Merespon makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed Merespon makna teks lisan fungsional pendek Merespon makna monolog dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan tentang uang dan perbankan dan menjawab pertanyaan terkait Mampu mengidentifikasi ekspresi regret dan advice dari teks percakapan yang mengandung ungkapan anger dan annoyed Mampu mengidentifikasi ekspresi love, sadness, hope dari teks spoof Mampu menjawab pertanyaan terkait teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tulis, lisan, pilihan jawaban dan daftar pertanyaan tentang uang dan perbankan Teks lisan percakapan yang mengandung ekspresi regret, advice, anger, annoyed dan daftar pertanyaan Teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang kebiasaannya menabung Siswa berdiskusi tentang fungsi bank |
INTI | Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait Siswa mendengarkan teks lisan percakapan dan mengidentifikasi ekspresi regret dan advice dari teks percakapan yang mengandung ungkapan anger dan annoyed Siswa mendengarkan pembacaan teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories dan mengidentifikasi ekspresi love, sadness, hope Siswa mendengarkan pembacaan teks spoof tentang Mr Sukarman dan cat stories dan menjawab pertanyaan terkait |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa mendiskusikan isi spoof yang baru diperdengarkan secara lisan Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 157, 158, 159, 160, 169, 170, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan tentang uang dan perbankan Daftar pertanyaan terkait teks (uraian) Teks lisan percakapan untuk diidentifikasi ungkapan anger, annoyed, love dan sadness Teks lisan spoof dan daftar pertanyaan terkait (uraian) | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan memberikan pernyataan tentang sesuatu, menyatakan love dan sadness,Merespon makna percakapan transaksional dan interpersonal dengan menyatakan shyness, anger, dan annoyed, Merespon makna teks lisan fungsional pendek, Merespon makna monolog dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan tentang uang dan perbankan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Daftar pertanyaan terkait teks (uraian) | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks lisan percakapan untuk diidentifikasi ungkapan anger, annoyed, love dan sadness | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks lisan spoof dan daftar pertanyaan terkait (uraian) | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment